Untuk Sementara, Saya Tidak Memiliki Massa, Jabatan, Uang, Kekuatan Untuk Melakukan Perubahan. Yang Saya Bisa Lakukan Sekarang Hanyalah Menyebarkan Ide dan Pemikiran

Jangan Salah Jurusan, Masuk Teknik Perminyakan!!!

Mungkin udah banyak yang tau, kalo jurusan ini merupakan salah satu jurusan terfavorit. Kenapa? Gosipnya sih karena uangnya banyak!!! Well guess what?? Faktanya memang bisnis Oil and Gas merupakan sumber keuntungan yang sangat luar biasa. Banyak Negara di Timur Tengah yang kaya banget karena cadangan minyak yang melimpah ruah di Negara tersebut. Bahkan ada yang dengan gilanya membeli klub-klub sepakbola lalu membeli pemain bertabur bintang dengan harga yang ga masuk akal dengan uang hasil produksi minyak!!.

Jadi jurusan ini memang cocok banget buat temen-temen yang ingin mencari harta yang banyak.

However, temen-temen mungkin baru sekedar tau kalo “jurusan minyak banyak uangnya”. Tapi apakah temen-temen tau apa yang akan dipelajari di teknik perminyakan? Apakah temen-temen memiliki gambaran tentang bisnis perminyakan itu sendiri? Apakah temen-temen memiliki kemampuan yang cukup untuk bisa “survive” di jurusan ini? Apakah temen-temen tau resiko apa saja yang ada di bisnis bidang oil and gas? Bagaimana dengan peluang kerjanya?

Disini tim Jangan Salah Jurusan mencoba memberikan informasi tentang jurusan teknik perminyakan. Apa yang dipelajari, peluang kerja, dan resikonya. Sehingga teman-teman yakin dan tidak menyesal untuk memilih jurusan ini, serta bisa totalitas di bidang energy yang sangat vital untuk Negara ini.

Daripada ngebahas silabus kuliah, saya disini akan menjelaskan tentang bisnis perminyakan supaya teman-teman lebih kebayang apa yang akan dipelajari dan dipersiapkan. Here we go!!

Oil and Gas Industry

Secara garis besar, flowchart kita mengambil minyak dari perut bumi kira-kira sebagai berikut

Image

1. Survey

Ini merupakan tahap paling awal, dimana kita mencari lapangan yang memiliki potensi minyak dan gas (Hidrokarbon). FYI, yang lebih berperan besar dalam tahap ini adalah orang teknik geologi. Dengan ilmu kebatinan. para “dewa” geologi bisa memprediksikan apa yang ada di dalam bumi hanya dengan melihat kondisi geografis, jenis batuan, cekungan, you name it. Teknik perminyakan krg belajar yg gini-ginian jadi kalo mau belajar jadi “dewa” bumi, masuklah ke teknik geologi.

Image

“Bro kayanya disono ada minyak”

Dari “dewa bumi” kita bisa menentukan lokasi “kemungkinan” adanya minyak. Tapi kita belum bisa tau lokasi tepatnya dimana dan pada kedalaman berapa. Oleh karena itu biasanya dilakukan survey seismic dimana Teknik Geofisika yang belajar masalah ini. Mau tau gimana cara kerja survey seismic? bisa diliat di VIDEO di bawah ini.

Output dari survey tersebut adalah data seismic yang bisa diolah sedemikan rupa (bahkan bisa dalam bentuk 3D!) sehingga bisa dimanfaatkan oleh orang perminyakan khususnya Reservoir Engineer untuk mengestimasi berapa kandungan minyak yang bisa diambil pada daerah tersebut. Ngapain aja sih tugas Reservoir Engineer? Lanjut ke bawah

Note: Data seismic 3D sudah bisa menunjukkan volume minyak (perkiraan) dan lokasi kedalaman dimana minyak berada. Canggih! All Hail Teknik Geofisika!

2. Studi Kelayakan Investasi

Reservoir Engineering adalah salah satu ilmu teknik perminyakan yang bertugas untuk memprediksi dan menghitung jumlah reserve (cadangan minyak yang bisa diambil) dengan menggunakan pendekatan matematis yang rumit. Jadi dari data seismic yang ada, Reservoir Engineer akan menghitung berapa besar minyak yang bisa diambil. Selain itu reservoir engineer juga mendesain hal-hal apa saja yang perlu dilakukan untuk meningkatkan jumlah minyak yang bisa diambil.

Image

Dari data seismic ini, reservoir engineer bisa mengestimasi berapa jumlah hidrokarbon yang ada pada reservoir. Sakti!

Dari hasil perhitungan reserve yang dihasilkan, orang ekonomi kemudian akan menghitung apakah investasi untuk eksplorasi dan produksi minyak tersebut akan menguntungkan atau engga. Jadi orang ekonomi ga usah khawatir, kalian bisa masuk ke dunia oil and gas!.

Note: Untuk menjadi ahli reservoir diperlukan kemampuan matematika, fisika, dan kimia dengan baik. Apakah kamu menguasai ketiganya dengan baik?

3. Pengeboran

Nah, setelah dianalisis dan ternyata investasi untuk bisnis minyak di suatu lokasi itu menguntungkan, maka dimulailah pengeboran. Apa itu pengeboran? Intinya kita membuat lubang yang sangat dalam untuk mencapai lokasi dimana minyak itu berada.

Buat lobang? Emang susah? Bukannya cuma gali doang? Emang perlu ilmu buat gali lobang? Inul aja bisa goyang ngebor?

Well, masalahnya lubang yang kita bikin bukan lubang buat kuburan. Kedalamannya bisa nyampe ratusan bahkan ribuan meter. Dibawah bumi kita yang tercinta ini terdiri dari berbagai macam lapisan batuan yang memiliki tekanan formasi yang berbeda. Selain itu, bisa jadi ketika melakukan pengeboran, kita menembus lapisan dimana terdapat gas dengan tekanan tinggi. Apa yang bisa terjadi? Ketika tekanan sumur lebih besar dibandingkan tekanan hidrostatis cairan yang kita gunakan untuk mengebor, maka bisa terjadi BLOW OUT!!! Gas Hidrokarbon akan menyembur keluar dan dalam keadaan tidak terkontrol, kasus seperti lapindo bisa terjadi.

Disinilah peran Drilling Engineering, mendesain cara pengeboran, diameter lubang, mata bor yang akan dipakai, dan semua alat yang akan digunakan sehingga pengeboran berlangsung dengan efektif, efisien, dan aman.

Bisa dibilang pengeboran adalah tahap yang memiliki resiko yang paling tinggi. Pekerjaannya pun berat bisa mencapai berhari-hari non-stop demi menghemat biaya untuk rig.

Image

Drilling Rig

Selain Drilling Engineering, terdapat satu keahlian khusus yang sangat vital saat pengeboran yaitu Mud Engineering. Tugas “Mud Boy” ini adalah meracik ramuan lumpur yang digunakan dalam pengeboran, massa jenis, viskositas, pH, dll.

FYI, saat pengeboran, lumpur dipompakan melalui drill pipe untuk memutar mata bor (drill bit) dibawah. Selain itu, lumpur sangat penting karena menjaga stabilitas sumur dengan memberikan tekanan hidrostatis (mencegah terjadinya Blow out!). Oleh karena itu si “Mud Boy” meskipun bermain lumpur yang kotor gajinya luar biasa!

Image

Note: Saat melakukan pengeboran, kita akan berada sangat dekat dengan sumber tekanan yang sangat tinggi, selain itu di Rig terdapat banyak alat-alat besar dan mesin yang berputar yang menambah resiko pekerjaan ini. Sudah hal yang lumrah kalo ada orang yang kehilangan jarinya, matanya, kakinya ketika melakukan pengeboran. Bahkan ada yang meninggal tertimpa travelling block seberat puluhan ton. Oleh karena itu, gaji di dunia oil and gas tergolong paling tinggi karena sesuai dengan resikonya! Berani?

4. Completion

Completion sendiri kalo di perusahaan tempat saya bekerja menjadi satu bagian dengan drilling (drilling and completion). Dan sekarang berubah namanya menjadi well construction.  Intinya, si Engineer Completion ini akan menentukan konstruksi dari casing, tubing (pipa besi), downhole equipment yang akan diinstall pada sumur yang telah kita buat dan semen yang akan digunakan untuk memperkuat konstruksi sumur. Desain ini sangat penting karena mencakup  kekuatan dari sumur untuk menahan tekanan dari batuan sehingga tidak akan collapse (erosi, keruntuhan). Selain itu terdapat beberapa alat completion yang akan berguna untuk perawatan umur di masa yang akan datang ketika diperlukan well intervention.

Image

Untuk penyemenan, terdapat ahli khusus cementing (cementing engineering) yang mendesain ramuan campuran semen yang baik dan sesuai dengan formasi batuan yang ada sehingga konstruksi sumur kokoh karena menyatu dengan formasi batuan.

Completion ini erat hubungannya dengan Teknik Sipil, jadi buat yang pengen masuk teknik sipil, kalian bisa kok join di Oil and Gas Industry!

Note: FYI, terdapat analisis mengenai tragedi lumpur lapindo dimana kesalahan desain konstruksi casing lah penyebabnya. Coba deh cari di google penjelasan Pak Rudi Rubiandini mengenai lumpur lapindo

5. Produksi

Nah setelah sumur sudah dibuat lengkap dengan completionnya, sekarang yang dilakukan adalah menghubungkan sumur ke fasilitas produksi. Biasanya orang yang berkecimpung di produksi ini adalah Teknik Perminyakan, dan Teknik Kimia. Buat yang belum tahu, produksi dari sumur yang kita buat tadi tidaklah 100% minyak. Tetapi merupakan kombinasi gas, minyak, air, dan kondensat. Di fasilitas produksi inilah semuanya dipisahkan. Minyak dan kondensat ditampung di dalam tangki besar (menunggu untuk dijual, biasanya ditransfer ke kapal tanker besar) sedangkan gas langsung dialirkan ke unit fasilitas yang bisa merubah gas menjadi liquid. Untuk Total sendiri, semua gas dialirkan ke PT. Badak NGL.

Tugas orang produksi selain menjaga kualitas produksi, juga bertanggung jawab untuk mempertahankan produksi sumur. Ketika produksi turun, orang produksi ini yang akan membuat strategi apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan produksi minyak. Entah dengan menambah sumur, membuat lubang perforasi baru, etc.

Image

Contoh Fasilitas Produksi

Note: Tugasnya orang produksi tentu sangat penting, karena sebisa mungkin kita harus mengambil minyak dan gas sebanyak-banyaknya. Resikonya pun juga tinggi. Ketika terjadi kegagalan system, fasilitas produksi bisa meledak dan membahayakan pekerja yang berada di lokasi saat itu!

6. Well Intervention

Kebetulan si penulis sekarang bekerja sebagai trainee Well Intervention Supervisor di Total E&P Indonesie. Apa sih yang dimaksud dengan well intervention?

Setiap sumur yang berhasil dibuat dan berproduksi, dalam jangka waktu tertentu pasti akan mengalami decline (penurunan produksi hidrokarbon) . Decline tersebut dapat diakibatkan karena tekanan reservoir yang menurun, semakin besarnya water cut (persentase air dari hasil produksi), dan sebagainya. Oleh karena itu, orang produksi akan memberikan rekomendasi kepada engineer apa yang harus dilakukan dalam meningkatkan produksi. Peningkatan produksi sendiri dapat dilakukan dengan banyak hal seperti membuat sumur baru (drilling engineer) maupun intervensi sumur (well intervention engineer)

Dalam melakukan Well Intervention, kita akan kembali ke sumur yang telah mengalami penurunan tadi, kemudian melakukan berbagai macam operasi di dalam sumur tersebut. Kegiatan intervention sendiri sangat banyak, salah satunya membuat lubang perforasi baru (membuka reservoir), mengganti zona produksi sumur dan lain sebagainya. Unit yang digunakan pun meliputi slickline, snubbing, coil tubing, electric line, etc.

Untuk lebih detilnya, mungkin akan dijelaskan pada postingan khusus well intervention

Image

Kira-kira seperti inilah kegiatan well intervention. Ga keliatan ya? ya iyalah, barangnya aja ada di dalam sumur! :))

Note: Dalam melakukan well intervention, meskipun sumur yang akan dirawat mengalami penurunan pressure, tetapi pada umumnya tetap tinggi sekitar 1000 – 2000 psi. Kesalahan dan kelalaian bisa mengakibatkan sumur terbakar dan kehilangan produksi. Bahkan sumur tersebut bisa kehilangan kemampuan produksinya!

Kesimpulan

Dunia Oil and Gas ternyata sangat luas, dan banyak disiplin ilmu yang terlibat dalam mengeksplorasi dan memproduksi minyak dari perut bumi. Standar gaji perusahaan minyak memang sangat tinggi, namun juga sepadan dengan resiko yang luar biasa besar. Bahkan untuk orang yang turun langsung ke lapangan, taruhannya bisa nyawa.

Secara umum kita bisa berkarir di kantor atau di lapangan

Jika ingin bekerja di kantor kita bisa menjadi engineer yang mendesain program untuk diimplementasikan di lapangan, biasanya memiliki jadwal kerja 5-2 (sabtu-minggu libur). Namun dengan konsekuensi, kita harus stay di kota tersebut dan mungkin jauh dari rumah.

Jika ingin bekerja di lapangan, maka kita harus punya fisik yang bagus karena tentu pekerjaan lapangan lebih menguras stamina. Untuk masalah jadwal menurut saya pribadi justru lebih enak, karena biasanya jadwalnya on-off. Untuk di Total sendiri jadwalnya adalah 2 minggu on dan 2 minggu off. Jadi, ketika off, kita bisa pulang ke rumah kita masing-masing (dibiayai oleh perusahaan), berbeda dengan pekerja office yang harus stay di kota tempat kantornya berada hehe.

Tapi lain cerita dengan service company seperti Schlumberger, Halliburton, etc. Siap-siaplah untuk kurang tidur berhari-hari jika bekerja di service company karena pekerjaannya tergantung dari job yang diberikan oleh oil company. Jadwalnya tidak fix dan terkadang 6 bulan kita bisa terus berada di lapangan. Tapi memang semua setimpal karena gaji di service company lebih besar dibandingkan oil company. Jadi tergantung pilihan, orientasi kamu dimana? Uang banyak tapi kerja rodi dan sedikit waktu? Atau Uang secukupnya tapi masih bisa berkumpul rutin bersama keluarga?

Paling sekian dulu informasi yang bisa saya berikan. Maaf kalau kurang detil karena dunia oil and gas terlampau luas untuk ditulis di satu postingan blog saja. Jika ada request atau pertanyaan mangga ditanyakan. In Syaa Allah saya jawab kalo saya paham

Terima Kasih,

Wassalamualaikum Wr.Wb.

719 responses

  1. Good!!
    sering-sering sharingnya gil, hehe..

    March 11, 2013 at 3:04 pm

    • Dear Mas Gautama,
      saya sangat menyimak tulisan anda, kebetulan anak saya (cowok) tertarik kuliah di perminyakan, tapi kendalanya nilai raport nya cuma average 7,5 saja, kira2 untuk standar nilai seperti ini sebaiknya masuk ke perguruan tinggi mana ya,

      thanks ya mas bro

      salam
      bambang tutuko

      April 2, 2013 at 4:43 pm

      • Mas Agil

        Untuk teknik perminyakan sendiri di Indonesia hanya beberapa universitas saja pak yang memilikinya. Sejauh ini yang saya tahu hanya ITB, UPN dan Trisakti.

        Untuk nilai raport sebenarnya kurang bisa menjadi patokan untuk melihat apakah anak memiliki kemampuan untuk masuk teknik perminyakan atau tidak pak, karena nilai rapor sendiri masih bisa naik-turun. Tapi mungkin bisa bapak lihat sendiri, apakah anak bapak memiliki potensi di bidang eksak seperti matematika, fisika, kimia. Jika iya, saya yakin dia bisa enjoy di bidang teknik perminyakan.

        Untuk tau universitas mana yang sesuai dengan kemampuannya, kalau dulu saya mengukur kemampuan saya di try-out yang diselenggarakan bimbel2 pak. Jadi dari try-out itu, kita bisa mengetahui kisaran nilai SNMPTN kita. Dari nilai tersebut, kita bisa memilih universitas yang masih bisa menerima standar nilai saya itu.

        Kalau saya boleh menyarankan, bimbel2 tersebut sangat membantu untuk menyiapkan anak menghadapi SNMPTN dengan catatan, si anak harus serius belajarnya hehe.

        Paling itu saja yang bisa sampaikan, semoga membantu, thanks

        May 17, 2013 at 9:43 am

      • haidar

        tambah info,
        di jogja juga ada jrsan teknik perminyakan s1 tepatnya di university of petroleum UP 45 di jl. proklamasi no.1 babarsari, yogyakarta. dan di universitas ini dijamin kerja, kalo dalam 1 tahn belom dapat pekerjaan uang selama kuliah dikembalikan sepenuhnya. tapi memeng alumninya ga ada yang ga langsung kerja, bahkan baru semester 4 aja udah pada diminta sama perusahaan-perusahaan minyak.
        kenapa aku tau? karena aku juga kuliah disana :)

        October 24, 2013 at 12:35 pm

      • Mas Agil

        Wuih mantep bangettttt, ayok semuanya kuliah di university of petroleum UP 45!!!

        November 8, 2013 at 3:48 pm

  2. m.fahrid

    Blog yg menarik, salam kenal, saya seismic dari aceh..trims,wasalam

    April 28, 2013 at 2:40 am

  3. mau nanya, aku planning kedepan pengen masuk sastra inggris tp disisi lain pengen juga masuk teknik perminyakan, apa bisa ya? hihi tolong di bantu :)

    May 8, 2013 at 4:49 am

    • Mas Agil

      Mungkin mbak coba cari potensi mbak dulu hehe. Untuk masuk jurusan teknik perminyakan membutuhkan kemampuan eksak seperti matematika, fisika, dan kimia yang baik :). Kalau mbak suka pelajaran tersebut, kenapa enggak kan? masuk aja jurusan teknik perminyakan!!!

      May 17, 2013 at 9:46 am

  4. Moch Hanif R

    Sangat tertarik dengan jurusan kuliah & pekerjaan ini.
    Semoga kelak, suatu saat, saya juga dapat kuliah dijurusan Teknik Perminyakan.

    -Pelajar 15 tahun yang memiliki ambisi sangat besar untuk bekerja di Oil Company

    May 16, 2013 at 10:20 pm

    • Mas Agil

      Sukses ya masbroooo, kalau bisa masuk ITB ya!!!!! :)

      May 17, 2013 at 9:46 am

  5. vera

    cewek boleh masuk ke oil company?aku pengennya kerja di office nya aja,biar resikonya ga tinggi.kalo boleh tau,gaji yg kerja di offica kisaran berapa?

    May 23, 2013 at 12:12 am

    • Mas Agil

      tentu saja boleh. tapi kebanyakan perusahaan ga menerima cewe untuk kerja di lapangan tetapi lebih di kantor. klo kamu belajar teknik perminyakan/geologi/geofisika kamu bisa jadi engineer di office ntah itu drilling engineer, reservoir engineer, completion engineer, atau yg lainnya.

      however di company tmpt saya training (Total e&p indonesie) nerima cewe jg loh buat pekerjaan di lapangan (company man) bahkan ad dua orang. tapi klo si cewe ud nikah dan pny anak biasanya ditarik ke office.

      buat gaji fresh graduate itu klo di office minimal 14jt/bulan. klo org lapangan bs 16 jt/bulan (sudah dua digit)

      May 31, 2013 at 7:58 pm

      • haii k” aku ayu dari Makassar !!tahun ini juga aku planing mau masuk di UPN tertarik di jurusan permnykan ato geologi . Tapi aku cewe ?? trus mau nanya peluang masuk di UPN susah yah untuk tahun penerimaan tahun 2014 ?? trus di UPN itu banyak cewe yg ambil jurusan prminyakan soalnya katax dominan cowo gitu kk .
        tapi masalahnya nilai raport grafikx naik turunn mohon infonya
        :):)

        March 28, 2014 at 5:00 pm

      • Mas Agil

        Coba aj dulu mbak!!! Temenku banyak kok cewe yang dari jurusan teknik perminyakan :)

        April 19, 2014 at 7:27 am

  6. muhammad rizqi rosayadi

    wah..wah.. bener” membuat saya tergetar ka..
    hahaha Puas banget….. pokonya…
    sy InsyaAllah lanjut Studi di Perminyakan Trisakti..
    kira” peluangnya sm tidak dengan Perminyakan ITB atau yg lainnya..

    May 26, 2013 at 5:24 pm

    • Mas Agil

      untuk bbrp perusahaan memang faktor almamater memang jadi faktor yg signifikan dalam perekrutan. Tapi, kalo kamu memang punya kualitas, tentu perusahaan ga akan melewati kesempatan untuk merekrut kamu. jadi dimanapun kita belajar, asalkan kita tekun belajar dan meningkatkan kualitas, in syaa Allah bisa bersaing dengan siapa aja. semangat masbroo!!!

      May 31, 2013 at 8:01 pm

  7. vivifrans@gmail.com

    penjelasannya sangant membantu.
    saya juruan teknik Industri..kalau di oil & gas cocoknya masuk jurusan apa ya??

    May 27, 2013 at 11:43 am

    • Mas Agil

      untuk jurusan teknik industri, kamu bisa masuk ke bagian purchasing. jd mengatur supaya perusahaan ga akan kehabisan stok barang dari vendor tapi ga boros (efisien). kaya bikin sistemnya gt lah

      however, dlm dunia pekerjaan jgn terlalu terpaku sm keprofesian yg km pny skrg. byk program training buat fresh graduate yg g terpaku sm jurusan yg kamu ambil. contohnya ky sy ini yg ditraining jd company man meskipun sy teknik elektro. jd di training ini km belajar lg segalanya ttg dunia perminyakan, yg dibutuhkan cperusahaan bukan terpaku sm jurusan kamu, tapi kecerdasan, curiosity, keinginan utk berkembang mental, semangat kerja kamu.

      May 31, 2013 at 8:06 pm

  8. kalo untuk IT, kemampuan apa yg harus dimiliki utk area oil & gas company??

    May 27, 2013 at 1:32 pm

    • Mas Agil

      setiap perusahaan punya sistem informasinya sendiri2. klo yg selama ini saya alami, yg berperan vital itu sistem informasi sama networknya bro

      May 31, 2013 at 8:08 pm

  9. feti

    ini kalo cewek masuk ke teknik perminyakan berat gak sih? tolong dijawab ya, makasih…

    May 28, 2013 at 7:41 am

    • Mas Agil

      klo kerjaan di lapangan emang berat mbak, mental dan fisim bener2 diuji. tapi klo jd engineer/HR/finance di office paling cm beban mental aja hehe

      May 31, 2013 at 8:09 pm

  10. Yudas

    mas mau tanya klo persyaratan yang harus dimiliki untuk kerja di perusahaan O n G apa saja mas???
    terima kasih

    June 4, 2013 at 6:16 pm

    • Mas Agil

      Sebenernya itu tergantung dari si perusahaan mereka butuh tenaga kerja di bidang apa masnya. Biasanya si perusahaan ngasi persyaratan kok

      Kalo sepengetahuanku tingkat STM juga masih ada yang direkrut buat well operator
      D3 udah bisa jadi junior supervisor (ditraining dulu tapi)
      Tapi klo skrg kynnya standarnya naik jadi S1 buat engineer sama supervisor. Trus IP min 3.00

      Selalu mantau aja terus lowongan pekerjaan buat liat requirementnya ;)

      June 9, 2013 at 5:46 am

  11. filho

    mohon saran dan tips dong mas agil… gmna cara masuk teknik perminyakan rata-rata nilai aq 80.00 dan sekolah q akreditasi B…
    aq pengen bnget masuk teknik perminyakan……

    June 7, 2013 at 5:54 pm

    • Mas Agil

      Kalau masih ada program SNMPTN itu berarti kamu bisa menentukan nasib kamu sendiri. Ikut aja bimbel dan ikut try out (jangan nyontek!). Di try out ini coba kamu pilih teknik perminyakan di univ yg km inginkan misal ITB, atau UPN. Jika kamu gagal, lebih semangat belajarnya. In the end kalau emg ga dapet, kamu hrs realistis, coba pilih jurusan lain yg lebih cocok untuk kamu. Karena teknik perminyakan itu masuknya aja udah susah, apalagi keluarnya :)).

      Atau kalo kamu sanggup untuk kuliah di universitas swasta, masuk trisakti aja. Disana teknik perminyakannya bagus kok. Tapi pas kuliah ya belajarnya harus bener juga :)

      June 9, 2013 at 5:52 am

  12. fauzi

    tolong mas bro
    apa seleksi teknik perminyakan ketat.. ? diseluruh universitas di indonesia
    soalnya pengen banget masuk teknik perminyakan. nilai rata2 q 80.00 dan sekolah q akreditasi B

    June 8, 2013 at 7:26 pm

    • Mas Agil

      Tentu aja ketat masbro, teknik perminyakan itu salah satu jurusan favorit. Tapi klo masih ad SNMPTN itu berarti masih ada peluang bro. Karena nasib lo ditentukan sama diri lo sendiri, masalahnya cuma kitanya niat belajar apa enggak. Ikut aja try out (jangan nyontek buat mengetahui kemampuan diri sendiri yg sbnrnya) pilih teknik perminyakan ITB/ UPN. Kalo nilai kita stabil n tembus terus, then all we need is confident :).

      June 9, 2013 at 5:55 am

  13. filho

    makasih mas atas sarannya.
    mang,berapa uang kuliah di universitas tri sakti ya……. ?
    dan juga Di UPN,soalnya orang tua q nyuruh di UPN mas ?

    June 9, 2013 at 11:42 am

    • Mas Agil

      Wah aku kurang tau juga masbroo. Kayanya klo trisakti per semesternya bisa nyampe belasan juta. Kalo UPN kayanya lebih affordable drpd di trisakti :D

      June 10, 2013 at 4:51 pm

      • nicho

        mas, saya ingin nanya,, kemampuan dlam peljaran ap saja yg hrus dimiliki dlam masing” bidang di perminyakan ???
        contohnya dlam reservoir peljaran ap saja yg harus di kuasai ? mud boy? dan yang lainnya
        makasih mas

        June 12, 2013 at 3:05 pm

      • Mas Agil

        Secara umum, kamu memang harus menguasai Matematika, Fisika, dan Kimia Nico :).

        Matematika dan Fisika itu harga mati, karena emang kita bakalan banyak itung-itungan dan harus mampu memahami mekanika fluida :)

        Tapi untuk kimia ga terlalu penting, biasanya kimia kepake kalau kamu ada di fasilitas proses minyak (refinery).

        June 16, 2013 at 3:57 pm

  14. Sam Mutiar

    Menarik banget tulisannya
    Doakan saya bisa masuk teknik perminyakan mas,hehe
    Klo boleh tau mas agil lulusan teknik perminyakan dari universitas apa?

    June 10, 2013 at 8:53 am

    • Mas Agil

      Amiiinn, good luck masbrooo.

      Kebetulan saya bukan dari teknik perminyakan, tapi teknik elektro arus kuat ITB yang kebetulan mulai berkarir di bidang oil and gas :).

      Semangat masbrooo!

      June 10, 2013 at 4:51 pm

      • sammutiar

        oh dari power,alhamdulillah sekarang saya udah penjurusan masuk teknik perminyakan ITB :)

        June 18, 2013 at 4:54 pm

      • Mas Agil

        Alhamdulillah, ternyata satu almamater. Semoga cepet lulus ya masbrooo hehe

        June 19, 2013 at 2:11 pm

  15. rizki

    Peminta teknik perminyakan IT banyak kan dan kuotanya berapa ? mas bro

    June 11, 2013 at 12:42 pm

    • Mas Agil

      Itu tergantung dari jumlah kursi yang ada di universitasnya masbro. Kalo di ITB sekitar 100 orang lebih :D

      June 16, 2013 at 3:53 pm

  16. nicho

    mas, apa bisa lulusan dari ips masuk k teknik perminhyakan?

    June 13, 2013 at 12:56 pm

    • Mas Agil

      Realistisnya sulit banget Nico, karena kamu harus menguasai MAFIKI dalam waktu singkat supaya bisa ngerjain soal2 SNMPTN. DItambah lagi pelajaran di kuliah nanti hubungannya ke MAFIKI semua….

      Lebih baik kamu masuk ekonomi aja terus belajar perekonomian oil and gas :D

      June 16, 2013 at 4:00 pm

  17. mrs chem-eng

    blognya sangat menarik mas…

    saya mau minta saran mas. sbg freshgrad apa kiat2 untuk masuk owner OG? soalnya rata2 owner (asing) opreknya kbayakan cuma buat yg experience.

    pnah saya apply OG (C*P*) tetapi dr seleksi administrasi gagal. kayaknya gara2 dulu saya kerja prakteknya g di OG company. saya menyimpulkan ini krna ada temen saya yg ipk nya 3.0sekian lolos admin tapi kp nya di prusahaan tempat mas skrg. apa freshgrad yg kp di OG itu sangat diutamakan dibanding yg g? masa’ saya hrs apply kp lg mas biar bisa lolos admin OG?

    mohon sarannya mas …n keep writing!

    June 13, 2013 at 7:18 pm

    • Mas Agil

      Untuk kebanyakan oil and gas memang rata-rata merekrut experience dan harus dari latar belakang teknik perminyakan, tapi jangan kecil hati :D

      Karena beberapa Oil Company membuka program trainee yang memang dikhususkan untuk Fresh Graduate dengan latar belakang teknik!!

      Sebagai contoh kalau di Total itu ada beberapa program:
      1. WST (Well Intervention Supervisor Trainee)
      2. WET (Well Engineer Trainee)
      3. WCST (Well Construction Supervisor Trainee)

      Kalau di Pertamina ada program BPS

      Di Medco Energi ada program GET

      Tapi kalau di perusahaan lain yang ga ada program trainingnya mereka lebih recommended ke yang berpengalaman dan latar belakang teknik perminyakan. Kalau pernah KP di perusahaan tersebut lebih bagus lagi, karena si perusahaan udah tau orangnya itu seperti apa, bagus apa enggak gitu deh :).

      Tapi tetep coba2 aja, jangan menyeraaah!!! masukin aja lagi berkas lamaran kamu ke semua perusahaan biar peluang kamu diterima makin besar! Nyari kerja itu emang kadang-kadang nasib2an :D. Bisa aja hari ini gagal, tapi besok keterima hehe

      Sukses yaaa :)

      June 16, 2013 at 4:08 pm

  18. antowibowo

    jurusan yg bisa masuk di perusahaan minyak biasanya apa saja sih mas ?
    mkasih

    June 15, 2013 at 8:45 am

    • Mas Agil

      Teknik Kimia (Biasanya di process facilites)
      Teknik Elektro (Biasanya di process facilities atau di base2nya oil company)
      Teknik Perminyakan (ya jelas lah ya)
      Psikologi (HR)
      Ekonomi/Finance/ Teknik Industri (Procurement, Analisis Kelayakan Ekonomi, etc)
      Teknik Mesin (di lapangan)
      Teknik Geologi (Nyari Reservoir, gajinya dewa!!)
      Teknik Geofisika (Seismic, etc)
      Teknik Lingkungan, K3L (Pokonya ngurusin lingkungan deh, keselamatan kerja, etc)
      Teknik Sipil (konstruksi sumur, semen, etc)

      trus apalagi ya, taunya itu aja sih :p

      June 16, 2013 at 4:12 pm

      • ami

        Om agil kalo teknik pertambangan ngga bs ya?

        August 12, 2013 at 11:05 pm

      • Mas Agil

        Jarang banget cewe yang masuk di teknik pertambangan. Saranku lebih baik jangan mbak Ami :). Kasian kamunya nanti

        August 16, 2013 at 4:22 pm

  19. Felix

    Mas saya mau bertanya,saya pilih perminyakan UPN atau geofisikanya ? saya minat dengan mat dan fisika tp kurang minat dengan kimia.Menurut mas agil itu gy mna ?

    June 16, 2013 at 2:14 pm

    • Mas Agil

      Kalau saran saya sih masuk perminyakan UPN aja mas Felix :). Porsi kimianya ga terlalu besar kok di teknik perminyakan. Tapi cobalah untuk mencintai kimia hehe

      June 16, 2013 at 4:13 pm

  20. wahyu hartadi

    Saya wahyu dari palembang sumsel. Saya kerja di TAC- Pertamina PT.Pilona Petro Tanjung Lontar…
    Mas Agil,,Pengetahuannya Tentang Migas Bgs tuch..Saya mau Sharing mslh injeksi sumur bs mas????
    mgkn kt bs tukar pengetahuan di masing2 tempat kerja…
    Gimana mas????

    June 17, 2013 at 3:30 am

    • Mas Agil

      Boleh2 aja mas. Kalo saya bisa bantu saya bantu hehe

      June 19, 2013 at 2:10 pm

  21. bagas

    mas kalau dari jurusan teknik mesin bisa ndak kerja di perminyakan?
    terima kasih

    June 17, 2013 at 6:33 pm

    • Mas Agil

      Bisa banget dong!!! Jurusan mesin dipake dimana2aaa. laris manis!

      June 19, 2013 at 2:11 pm

      • Gusti ngurah

        Saya Ngurah dari bali, calon mahasiswa baru 2013.
        Karena saya sangat tertarik dengan perminyakan jadinya saya mendaftar di banyak universitas swasta prodi teknik perminyakan, dan syukur saya sudah keterima di 2 univeraits teknik permnykn, tp saya bingung yg di akamigas balongan itu D3 tp terakreditasi B, sedangkan yg di ITSB feeder ITB itu S1 itu belum terakreditasi BAN PT, tp orang tua saya mengharuskan untuk S1, katanya supaya gak capek2 lagi kuliah nyari S1 lg. Tp saya juga belum nyoba cari PTN karena sekarng sepertinya sudah gada kesempatan untuk nyari PTN lg. Kl menurut Mas biasanya perusan itu menerima karyawan berdasarkan akreditas PTnya gak? Padahal rata rata nilai fisika kimia matematika semua di atas 9.00

        June 20, 2013 at 8:36 am

      • Mas Agil

        Kalo saran saya mending langsung S1 aja. Kalo mau daftar swasta ke universitas trisakti aja, peluang kerjanya lebih besar :).

        Klo akreditasi jadi pertimbangan juga bro, kecuali perusahaan yang ada program trainingnya. Jalur seleksinya itu udah susah banget, jd klo ente emg pny kemampuan masih bisa bersaing sama yg lain. Intinya penilaiannya lebih objektif

        June 21, 2013 at 4:04 pm

  22. hariman

    Mas , saya berminat di Oil and Gas Company . apakah tehnik metalurgi bisa join oil dan gas ?

    saya terkendala di hal mathematic

    June 19, 2013 at 8:31 pm

    • Mas Agil

      Asalkan teknik bisa2 aja join di Oil and Gas yg ada program training buat fresh graduate bro. Tapi klo jalur keahlian metalurgi ga terlalu related ke oil and gas.

      June 21, 2013 at 4:01 pm

  23. hariman

    Mas kalo tehnik metalurgi bisa gak ? hatur suwun

    June 19, 2013 at 9:04 pm

  24. Rows

    mas , misalnya kalo dari jurusan kimia murni bisa tidak kerjadi di perusahaan migas ?

    June 20, 2013 at 9:55 pm

    • Mas Agil

      Bisa kok, paling ranah kerjanya di laboratorium buat neliti2 sampel dari lapangan ;)

      June 21, 2013 at 4:05 pm

      • Gatot Prayoga

        Berapa tuh gaji nya kira2 mas yg neliti2 di lab gitu ?

        January 14, 2014 at 3:41 pm

      • Mas Agil

        Klo Oil and Gas mah rata2 2 digit mas Gatot

        January 19, 2014 at 4:36 pm

  25. reynaldip

    salam mas, postingannya keren
    Sy uda dtrma di perminyakan trisakti, dan kmaren bru slesai sbmptn, doain keterima di itb mas. Biar bgmana itb kampus teknik terbaik

    Bcra peluang kerja, bgmana dgn kabar minyak dunia yg makin sdkt? Ktika habis, mw dbwa kmana nasib kita? Kalo tek.mesin atw tek.kimia peluang kerja masi luas, tp kita yang fokus ke 1 bidang gmana? Trims

    June 20, 2013 at 10:19 pm

    • Mas Agil

      FYI cadangan minyak sekarang (yang udah terbukti ada dan sedang di produksi) memang tinggal 20 tahun lg sudah habis. Tapi kita masih punya banyak lapangan potensial yang menunggu untuk dieksplorasi jadi masa depan perminyakan masih menjanjikan brooo!!. Plus, klo ente berprestasi, ente bisa kerja di luar negeri broooo ;). Tenang aja, masa depan masih cerah!

      June 21, 2013 at 4:07 pm

    • Mas Agil

      Btw gudlak yak SNMPTNnya, semoga dapet ITBnya ya hehe biar satu almamater

      June 21, 2013 at 4:08 pm

  26. filho

    masbro tolong jelaskan apa itu freshgard dan experience di teknik perminyakan ? hehehe :)

    June 21, 2013 at 4:58 pm

    • Mas Agil

      fresh graduate itu org yg baru lulus dari dunia perkuliahan. jadi masih fresh belum punya pengalaman sama sekali di dunia kerja

      experience itu orang yg sdh lulus dr universitas dan sudah memiliki pengalaman bekerja di suatu perusahaan dalam jangka waktu tertentu

      June 21, 2013 at 9:52 pm

      • Nela Yustika

        mas aku baru kls 12, ada rencana mau lanjut ke teknik kimianya Undip. kalo diliat dr almamater, msh dibawahnya ITB.. jarang dilirik perusahaan dong? terus kalo misal kita ngelamar sendiri, mendingan kita harus ke perusahaan mana ya yg msh di bidang minyak & gas ?

        July 1, 2013 at 1:38 pm

      • Mas Agil

        Dalam kasus tertentu, di beberapa perusahaan memang almamater sangat berpengaruh apalagi bosnya itu lulusan almamater tersebut. Tapi sekarang udah lebih profesional, jadi bener2 ngerekrut karyawan secara objektif tergantung dari kemampuannya. Jadi belajar terus, tempa dirimu dan tingkatkan kemampuanmu, jadi perusahaan ga bisa memandang sebelah mata kemampuan kita ;)

        July 3, 2013 at 5:18 pm

  27. budi

    Masalahnya mas, di itb penjurusannya tahun kedua, kalopun uda msk di fttm, blm psti ke perminyakan, dnger” thun kmrn 250an yg kebuang. Jdnya msk ke jurusan yg ga kita minati, itu gmana mas?

    June 22, 2013 at 11:51 am

    • Mas Agil

      OKe untuk FTTM sendiri memang jurusan yang paling diminati itu adalah perminyakan dan pertambangan. Solusinya gimana? ya berarti kita harus kompetitif! kita harus berjuang buat masuk ke jurusan yang paling diminati hehe. Btw, pemilihan jurusannya memang tergantung dari indeks prestasi dan pilihan kita. Kalo kita milih jurusan A dan banyak peminatnya, maka diurut berdasarkan IP dan sisanya masuk ke jurusan lain. Toh kalo masuk jurusan yang lain (Pertambangan, Geofisika, Metalurgi) itu juga potensial, ada pasarnya sendiri2 :). Tapi klo kamu memang bener2 berminat masuk oil n gas, kusaranin km bnr2 berjuang buat masuk teknik perminyakan :). semangat masbrooo!!

      July 3, 2013 at 5:06 pm

  28. harimanramahariman

    Kalo jurusan yang paling potensial buat join di Oil and Gas apa mas ?
    sebelumnya maaf banyak tanya, saya sangat tertarik pengen join ke sono

    June 23, 2013 at 1:03 pm

    • Mas Agil

      Teknik Perminyakan, Teknik Mesin, Teknik Kimia

      July 3, 2013 at 5:06 pm

  29. andika

    postingnya keren

    klw boleh tau selain di O dan G , prospek kerja buat T.perminyakan dimana lg , soalnya saya cuma kuliah di universitas swasta di pekanbaru

    June 23, 2013 at 5:55 pm

    • Mas Agil

      Wah kalo kerjaan sih tergantung rejeki masing-masing orang mas. Banyak juga kok yang kerja di perbankan hehe :D. Kalo Teknik Perminyakan itu ilmunya spesifik jadi lebih baik ke industri oil and gas mas :D

      July 3, 2013 at 5:07 pm

  30. aldi

    apakah bisa kuliah dijurusan lain (kalau bisa jurusan apa saja) tapi kerjanya di perminyakan dan kalau bisa jadi apa ???

    June 24, 2013 at 11:08 am

    • Mas Agil

      Asalkan kamu ngambil kuliah teknik, banyak kok perusahaan yang ada program fresh graduate buat anak teknik (salah satunya Total). Jadi kamu ditraining dulu ga peduli kamu jurusan teknik perminyakan apa engga (yang penting teknik).

      Kalo psikologi bisa jadi HR, finance bisa jadi finance, teknik industri bisa jadi procurement, banyak deh

      July 3, 2013 at 5:09 pm

  31. Cyntia

    Kak, untuk yg bekerja di office-nya lulusan dgn jurusan apa aja yg dibutuhkan?^^
    lalu untuk kimia murni banyak dibutuhkan gak di perusahaan oil and gas sendiri? Thanks :)

    June 26, 2013 at 8:43 pm

    • Mas Agil

      Untuk kimia murni kamu bisa masuk ke laboratorium perusahaan oil and gas buat neliti dan analisis sample dari sumur :)

      klo untuk yg bekerja di office ya macem2, psikologi bisa jadi HR, hukum bs jd departemen legal, ekonomi bs jd org finance, dll

      July 3, 2013 at 5:10 pm

  32. Putu Dharma

    kebetulan saya kuliah di tehnik mesin :)
    semoga pilihan ini menjadi masa depan yang cerah untuk saya dan semuanya:)

    June 28, 2013 at 1:34 pm

    • Mas Agil

      Mantap gan, anak mesin udah terkenal ada dimana2 :D

      July 3, 2013 at 5:11 pm

  33. imam

    mas agil, saya sudah diterima di salah satu pts jurusan teknik perminyakan tetapi masih bingung karena saya juga ingin masuk ke jurusan teknik kimia atau teknik geologi. saya juga ingin bekerja di perusahaan Oil and gas. kalo dari segi pelajaran paling mudah jurusan yg mana ya? Adakah saran yg lain? Terima kasih

    June 29, 2013 at 2:00 pm

    • Mas Agil

      Dari segi pelajaran sebenarnya ga ada yang mudah. Semua punya tingkat kesulitan masing-masing, tergantung kamu punya bakat dimana. Kalo kimia kamu bagus lebih baik kamu masuk teknik kimia hehe. Tapi kalau kamu orang yang suka petualangan, eksplorasi, mending masuk teknik geologi :D

      July 3, 2013 at 5:12 pm

  34. Randy

    Ass Mas Agil.
    Saya sekarang SMK di jurusan IT , Tapi sayaa lebih punya niat dan tekat untuk melanjutkan jurusan Teknik PERMINYAKAN. Saya juga lumayan di pelajaran mtk,fis,dan kimia, Yang mau saya tanyakan berapa % kesempatan saya untuk lulus masuk ke Univ seperti ITB ???? Mohon pencerahan nyaaa mas !

    Thank,

    June 29, 2013 at 6:07 pm

    • Mas Agil

      Kalo kamu ikut SNMPT semua orang punya peluang yang sama!!! SNMPTN itu sepengalamanku bener2 jalur paling fair dan objektif yang melihat pure dari nilai hasil SNMPTN kita :). Jadi belajar yang rajin, ikut bimbel aja (ngebantu banget), ukur kemampuan diri dengan ikut try out2, jd km bs liat peluang km masuk ITB besar apa engga hehe berdasarkan kemampuan kamu :). Ngerjain Try Outnya jgn nyontek ya ;)

      July 3, 2013 at 5:15 pm

  35. mas Agil saya mahasiswa iTB di tahun pertama di FITB,yg mau saya tanyakan apakah jurusan selain teknik geologi seperti teknik geodesi dan oseanografi bisa bekerja di perusahaan perminyakan?

    July 1, 2013 at 3:13 am

  36. Anita

    Blognya keren :D
    mas,saya mo tanya..
    kalo teknik fisika,biasanya utk masuk ke dunia perminyakan..
    ilmu yg banyak di pelajari apa,saja??
    Dan biasanya anak teknik fisika,bisa masuk di bagian mana dalam perusahaan perminyakan??
    ex:produksi,drilling,etc
    terimakasih..
    anita.

    July 1, 2013 at 6:54 am

    • Mas Agil

      Hai nita, Teknik Fisika bisa masuk ke bagian produksi di facilities khususnya yang ngambi instrumentasi :). Coba aja kamu ngelamar KP di perusahaan minyak di produksi buat tau gambaran kerjanya ;)

      July 3, 2013 at 5:17 pm

  37. Maaf saya mau bertanya, kalau teknik geologi hanya untuk analisis batuan saja? berarti kalau pencarian selesai, teknik geologi ga ada gawean lagi dong? dan berarti harus cari perusahaan lain?

    July 3, 2013 at 3:34 pm

    • Mas Agil

      FYI selama masih ada kegiatan drilling orang geologi itu masih ada kerjaan. Jadi dia bikin mapping lapisan tanah yang dibor buat tau reservoir minyaknya ada dimana. Dan kegiatan drilling itu ga pernah berhenti satu hari pun!!! everyday is working day!

      July 3, 2013 at 5:20 pm

      • Oooh begitu, kalau secara gaji lebih besar mana yah? geologi atau perminyakan?

        July 3, 2013 at 9:12 pm

      • Mas Agil

        Kalo udah spesialist mah gajinya gila2an. Orang geologi itu bayarannya bisa per day klo udh spesialis… Tp klo awal2 teknik perminyakan lebih gede gajinya

        July 3, 2013 at 10:21 pm

  38. ricki

    mas agil saya pengen masuk gelogi di trisakti kira 2
    jurusan geologi prospek kerja nya masuk kemana aja ya
    apa cuman di oil n gas .
    trus klo di oil n gas dia kerja nya ngpaen aja

    July 3, 2013 at 7:09 pm

    • Mas Agil

      Macem2 sebenernya karena kita belajar lapisan bumi. Bisa aja jadi peneliti aktivitas vulkanik, lempeng tektonik, dll. Tapi emg yg paling kenceng duitnya itu buat nyari letak lapangan migas brooo.

      Di oil and gas kerjaannya adalah survey nyari daerah yang kira2 ada potensi oil and gasnya. Pas udh drilling, itu sampel dari sumurnya diamatin dan dibikin peta lapisan sumurnya, dan dia juga yang menentukan lokasi lapisan batuan yang potensial sebagai reservoir minyak dan gas :D

      July 3, 2013 at 10:24 pm

  39. mas agil minta saran nih,jadi saya berarti kalo pengen masuk dunia perminyakan harus ambil geologi di FITB dong di penjurursan nanti?di perusahaan mas,banyak gak almamater lulusan dari ITB?apakah almamater ITB sangat berpengaruh sekali?maaf ya banyak nanya

    July 5, 2013 at 1:31 am

    • Mas Agil

      Rekomendasi saya sih begitu Bro Dendi. Tapi tergantung, kamu enjoy ga ngambil geologi? klo ga enjoy mending ambil jurusan yang kamu enjoy aja biar bisa totalitas disana. Perusahaan minyak bukan satu2nya opsi kok hehe ;)

      Klo ditanya apakah almamater ITB berpengaruh atau engga tergantung dari pejabat2 di perusahaan tersebut. Klo misalkan mereka dari ITB mereka lebih prefer anak ITB. Apakah nepotisme? bukan… logikanya kaya gini:

      misal kamu nyari calon istri, kamu nyari orang baru yg km blm kenal karakternya sama sekali apa lebih prefer nyari temen lama kamu yg km udh tau karakternya klo dia baik? Mknya almamater it pengaruh soalny karakter lulusan almamater tsb kurang lebih mereka tau, begitulah kira2

      July 6, 2013 at 7:48 pm

  40. Wina

    Kak saya mau nanya ni ???
    Saya baru lulus SMA dan saya tertarik bgt sama teknik perminyakan ini kebetulan saya mau bgt masuk ke fttm itb,
    awlnya saya ikut snmptn tp saya gk lulus lanjut lg sbmptn smoga aja lulus :)
    tp sbenernya saya udh di diterima di STT MIGAS BALIKPAPAN di teknik perminyakan juga,
    trus yg saya mau tanyain bagus yg mna ya antara itb sama stt migas ??? Di sisi lain itb gitu terkenal dg fttm nya terus negeri ??? Lalu sisi lainnya stt migas swasta trus siapa gk tau kn balikpapan kota minyak yg cukup besar di indonesia, trus ad sekolah perminyakan lumayan lah gitu kayaknya ???
    Tolong dong kak kasih pencerahan sama advicenya gitu ???

    July 5, 2013 at 10:33 pm

    • Mas Agil

      Kalau kamu mampu dan pede lebih baik langsung ambil S1 aja mbak wina :). Klo ditanya lebih bagus mana antara ITB sm STT Migas, klo subjektif saya jawab lebih bagus ITB (krn saya lulusan ITB dan udh kenal sm lingkungan akademisnya yg mendukung). ITB itu perguruan tinggi negeri mbak Wina :) dan salah satu yg terbaik hehe.

      Tapi masuk ITB itu ga gampang, kamu harus bekerja keras (persaingannya ketat). Tapi klo kamu udh merasa cukup masuk STT Migas ya gpp juga. Biasanya klo STT itu dia lebih fokus belajarnya. Klo di universitas/institut lebih belajar ke dasar2/fundamentalnya.

      Tapi tentu saja gelar S1 itu lebih bergengsi drpd D3 ;)

      July 6, 2013 at 7:53 pm

    • Stt migas balilpapan soal” tes nya meliputi apa ja ka wina n susah” apa gk ? Soalx saya ada niat mau lanjut kesana nih

      March 27, 2014 at 8:55 pm

  41. Chris Tengdyantono

    Saya ingin bertanya hehe. saya mulai memliki minat dalam jurusan ini. karena menurut saya jarang yang melirik jurusan semacam ini.
    btw jurusan teknik perminyakan itu termasuk golongan jurusan IPA atau IPS yah ? berhubung saya masuk SMA dgn jurusan ilmu pengetahuan alam. mohon di beri komentar.

    thanks a lot

    July 5, 2013 at 10:39 pm

    • Mas Agil

      Wah ente salah besar, jurusan teknik perminyakan ini banyak peminatnya dan banyak juga persaingannya hahaha.

      Semua jurusan teknik itu masuk ke jurusan IPA, you’re in the right track!!!
      Good Luck!

      July 6, 2013 at 7:54 pm

  42. Wina

    Kebetulan juga di stt migas teknik perminyakannya ada s1 doang kak dan saya cmn tertarik sma yg S1 kalau D3 terlalu gimna yaa menurut saya,…

    Tp sarannya bagus bgt kok kak ya dr awl saya mmg mau itb dan udh usaha n nunggu hasilnya aja lg :)
    ya smoga saya bisa jd generasi penerus fttm lah di itb 2013 ini amin (y) :)

    July 6, 2013 at 10:53 pm

    • Mas Agil

      Siiippp, semangaaaaattt yaaaaa!!!! :)

      July 6, 2013 at 11:07 pm

  43. Amed

    Nice blog masbro, jadi melodi memory dulu mau ambil pekerjaan ini beberapa tahun silam.

    Yang tertarik gawe di ONG tetep semangat yaa, yang di Oil butuh regenerasi dan yang dilapangan butuh back to back biar ga kering dilokasi.

    Sukses buat kerjaan yg punya blog d delta mahakam. :D

    July 7, 2013 at 11:29 am

    • Mas Agil

      Yoi thanks Mas Amed hehe

      July 8, 2013 at 5:11 pm

  44. acong

    kira2 anak ips masuk teknik perminyakan termasuk anak nekad gk sih???
    ada gk anak ips yg sukses di teknik perminyakan?

    July 7, 2013 at 3:44 pm

    • Mas Agil

      Hmmm, depends. ANak IPSnya modal nekad doang apa emang udah punya modal tekad dan semangat buat mengejar ketertinggalannya di bidang Mafiki. Realistisnya sulit banget masbro, belajar mata kuliah eksak kaya Mafiki itu ga gampang, kecuali ente bener2 semangat buat belajar :)

      Sepengetahuan ane blm prnh dgr anak IPS yg hijrah ke teknik, justru sebaliknya anak IPA yg pindah ke mata kuliah Sospol, hukum, ekonomi, dll

      July 8, 2013 at 5:13 pm

  45. adhi

    Mas Agil blognya keren banget…
    gini mas, aku kan dh keterima di perminyakan UPN, aku mau tanya,
    persyaratan klo mau kerja di industry O & G di luar katanya IPK sama TOEFL nya harus tinggi, emang minimal brapa sih mas?
    makasih sebelumnya mas :D

    July 7, 2013 at 4:27 pm

    • Mas Agil

      Tergantung perusahaannya Mas Adhi hehe. Kalo Total ga perlu TOEFL (Soalnya perusahaan Perancis), tp sepengetahuanku, perusahaan itu nerima TOEFL minimal 550. AYok belajar bahasa inggris!! :)

      July 8, 2013 at 5:14 pm

  46. mary

    Tulisan yg menarik, dari dulu sy pengin kerja di oil company tp malah kecebur di refrigeration industri kalo jurusan drilling di politeknik itb ada ga mas bro, dan bagus ga? Thanks infonya

    July 8, 2013 at 11:11 am

    • Mas Agil

      Duh di ITB ga ada politeknik gan. Dan ane gatau univ mana yg ada politeknik drillingnya…. coba cari informasi di mbah google

      July 8, 2013 at 5:10 pm

  47. ERINA DIAH P

    mas q tu mau kerja di migas tapi q gak begitu bisa matematika jdi gimana yaa

    July 9, 2013 at 9:49 pm

    • Mas Agil

      Halo mbak Erina. Hmm klo memang ga begitu bisa matematika kalo gitu jangan ambil kuliah teknik hehe. Ambil aja kuliah psikologi buat jadi HR, kuliah hukum buat jadi legal, finance buat jadi orang finance :). Tapi karena jurusan tersebut bukan core business dari perusahaan migas, jadi memang hoki2an bisa kerja di migas. Tapi kuliah tersebut umum kok, jd bs diterima dimana2 :)

      July 10, 2013 at 8:44 am

  48. Alex

    Hai mas Agil, Saya diterima di Perminyakan UPN.. Tapi saya juga diterima di Geofisika ITS.. Menurut mas agil, kalau saya mau berkarier di O&G, saya pilih mana? Perminyakan UPN, Trisakti, sama ITB Paling banyak dicari perusahaan yang mana mass? Makasih..

    July 10, 2013 at 11:04 pm

    • Mas Agil

      Hai Bro Alex. Kalau mau berkarir O&G lebih baik langsung fokus ke teknik perminyakan aja hehe. Kalo mana yang paling banyak dicari itu relatif. Jaman skrg perusahaan udah objektif, jadi merekrut orang berdasarkan kompetensinya. Tapi emang kalau di ITB dosen2nya oke banget, dan suasana kuliahnya/lingkungannya bagus buat mengembangkan diri :)

      July 11, 2013 at 11:33 am

  49. Harri

    kira2 berapaan ya gajinya tugas orang produksi dan apakah kerjanya 24 jam?

    July 11, 2013 at 10:08 pm

    • Mas Agil

      Kerjanya 12 jam – 12 jam kok bro. Ada back to backnya. Kalo gaji operator paling masih sekitar 5-7, tapi klo ud jd supervisor udh 2 digit ;)

      July 12, 2013 at 1:04 pm

  50. ranjhi

    mas, saya mau nanya. lewat jalur undangan ke itb jurusan tehnik perminyakan saingannya ketat atau tidak dan syarat2xnya apa aja…?
    apakah ada tipsnya untuk bisa masuk ke itb jurusan tknik perminyakan(melalui jalur undangan)….???

    July 12, 2013 at 9:02 am

    • Mas Agil

      Kalau jalur undangan biasanya saingannya lebih sedikit dari jalur SNMPTN, jd sbnrnya kemungkinan masuknya lebih besar. Syaratnya tergantung dari universitas yg nerima, coba aja cek di situs univ yg bersangkutan.

      Tapi sbnrnya ga menjamin juga, karena tesnya sedikit berbeda dengan SNMPTN. Ada tmnku yang gagal di jalur undangan, tapi malah dapet di jalur SNMPTN hehe. Tapi yang jelas, biasanya yang jalur undangan ada minimal bayar biaya masuk dan mahalll.

      Klo tipsnya, meskipun masuk lewat jalur undangan tetep ada tes tertulisnya gitu. Tes psikologi dan tes pengetahuan dasar (mafikibio, etc). Trus kita milih beberapa jurusan. Jadi ttp belajar dengan rajin, dan klo bs milih jurusan yg kamu minati aja. Bisa2 km milih jurusan X yg sbnrnya km g minati, tp passing gradenya paling gede, eh trnyta km malah masuk kesitu (Nyangsang). Kaya saya dulu mau masuk sipil malah masuk elektro, hahaha

      July 12, 2013 at 1:09 pm

  51. HILMY KHAIRY AL-BUCHORY

    Mas Agil , saya mahasiswa d3 jurusan teknik mesin UGM , kira2 lulusan d3 teknik mesin dibutuhkan tidak di OnG ?Maksud saya apa kah lulusan d3 sudah pasti kalah saing dengan lulusan s1 nya ? Atau lebih baik saya lanjut studi ekstensi dulu ya ?
    Makasih mas Agil mohon sarannya :)

    July 12, 2013 at 9:59 am

    • Mas Agil

      D3 masih banyak di OnG bahkan banyak kok Service Company yg nerima lulusan D3 buat jadi Field Specialist dan gajinya udh 2 dijit. Cuma ya bahasa inggris km harus bagus hehe. Tapi ttp klo km mau yg lebih baik (gaji, pangkat, dll) km hrs lanjut dulu ke S1 :)

      July 12, 2013 at 1:10 pm

  52. harris

    mas agil, saya mau bertanya….saya diterima di fakultas teknik geofisika lampung…..apakah kesempatan masuk perusahaan minyak dan gas ada? sama tidak peæajarannya dengan FT GEOFISIKA DI univ lain? trima kasih

    July 12, 2013 at 12:55 pm

    • Mas Agil

      Duh saya kurang tau mas harris kalo mata kuliah teknik geofisika. Tapi selama latar belakang kita teknik, dan kita masih mau untuk mengembangkan diri kita, masih terbuka jalan buat masuk ke program training perusahaan OnG gitu :D

      July 12, 2013 at 1:11 pm

  53. Rifki

    Bang kalawdari teknik pertambangan bisa masuk OnG gak? Trs klw bs kerjanya gimana?

    July 12, 2013 at 5:19 pm

    • Mas Agil

      Hmmm, kalo saran saya sih kalo udah masuk teknik pertambangan mending karir di perusahaan tambang aja biar fokus. Perusahaan tambang juga menjanjikan kok :)

      July 12, 2013 at 8:14 pm

      • Helmi Maulana

        Halo mas agil.
        Saya seorang siswa SMA jurusan IPS dan sangat berminat masuk O&G company sekarang saya sudah diterima di PTS jurusan teknik mesin S1.
        1. Apakah jurusan teknik mesin S1 sangat byk dibutuhkan (laris manis) di perusahaan-perusahaan?
        2. Jika iya perusahaan apa saja yg membutuhkan lulusan teknik mesin S1?
        3. Kebetulan prodi teknik mesin di PTS saya akreditasinya masih B apakah itu mempengaruhi lulusannya dalam bersaing di dunia kerja kelak?
        Mohon maaf sebelumnya saya banyak bertanya :))

        July 13, 2013 at 7:21 am

      • Mas Agil

        Teknik Mesin pasti selalu dipake Mas Helmi di semua industri hehe, jadi tenang aja.

        Pokonya perusahaan yang menggunakan mesin seperti perusahaan manufaktur, perusahaan listrik, perusahaan energi (geothermal, oil and gas), perusahaan alat berat, banyak banget pokonya. Paling perusahaan-perusahaan yang kaya perbankan, investasi, dll yang ga membutuhkan teknik mesin, sisanya mah bener2 butuh anak mesin

        Akreditasi itu pengaruh juga gan, kadang2 ada perusahaan yang syaratnya itu IP sekian dari universitas dengan akreditasi minimal “X”. Tapi kdg2 itu cuma formalitas aja, jd masukin aja lowongan mah trus ikut seleksinya. Yang penting pas seleksinya ya kita bisa melakukan dengan baik, itu aja sih. Semangat ya kuliahnya!!! :D

        July 14, 2013 at 9:25 am

      • Rifki

        Oooh gitu oke deh bang, tp prospek kerja OnG msh menjanjikan atu enga bang, katanya kisaran 12thn lagi cadangan minyak kita abis giaman bang?

        July 13, 2013 at 11:11 am

      • Mas Agil

        itu umur 12 tahun adalah cadangan yang udah kita eksplorasi (udah ditemukan,pasti ada) dan pasti bisa kita ambil dari bumi. Sedangkan lapangan minyak di Indonesia masih banyak cadangannya) meskipun belum pasti dan sekarang lagi pada tahap eksplorasi buat membuktikan kebenaran adanya minyak tersebut.

        Nah klo udah terbukti ada, umur 12 tahun itu udh ga valid lagi alias nambah umurnya hehehe, jd tenang aja, peluang di O n G masih besarrrr!!! doa aja semoga ketemu minyak/gas di lapangan baru :)

        July 14, 2013 at 9:27 am

  54. egy fazri

    mas kira kira untuk masuk ke jurusan teknik perminyakan atau pertambangan, tesnya harus dominan di mata pelajaran apa ga? saya rencananya ingin masuk antara 2 prodi tersebut. mohon bantuannya :D

    July 13, 2013 at 3:23 pm

    • Mas Agil

      Halo Bro Egy. Kalo di jurusan tersebut ilmu yang akan difokuskan adalah ilmu2 eksak kaya Matematika, Fisika, dan Kimia. Tapi klo mau masuk universitas, klo kamu lewat jalur SNMPTN ya kamu harus belajar bidang yang lain juga (B.Indo, B.Inggris, Biologi, semua deh pokonya) biar nilai SNMPTN kamu tinggi dan bisa daftar di perguruan tinggi yang kamu inginkan. Jadi semangat ya belajarnya hehe!

      July 14, 2013 at 9:31 am

      • Helmi Maulana

        mas agil
        berhubung saya kn dari ips apakah akan ada kesulitan kesulitan dalam mengikuti perkuliahan di S1 teknik mesin nanti?
        S1 teknik mesin itu 90% itung-itungan ya?

        July 14, 2013 at 9:43 am

      • Mas Agil

        Sedihnya sih iya masbro. Teknik Mesin itu fokusnya bener2 di Matematika Teknik dan Fisika, pokonya itung2an semua. Jadi kamu harus bisa mengejar ketertinggalan kamu buat belajar mata kuliah eksak hehe. Tapi asalkan ada kemauan, pasti bisa. Yang penting jangan patah semangat buat belajar!

        Kecuali kalau kamu emang ga enjoy belajar mata pelajaran eksak kaya gitu. Kalo kasusnya kaya gitu, mending ga usah dipaksain, pilih yang sesuai dengan bakat dan minat kamu aja hehe.

        Kadang-kadang minat itu cuma sekedar pengen doang, tapi balik lagi, kita harus tau kapasitas kita, kita harus realistis, kita bisa ga mengejarnya? Kalo kita pede, ya sikat bleh!!! :)

        July 14, 2013 at 9:50 am

  55. ranjhi

    mas agil, memangnya kalo lewat jalur undangan di test juga yah..? tapi dari beberapa sumber yg saya dengar tidak di test tinggal nunggu hasilnya dan masuk . lalu mana yg benar nih mas agil…?

    July 14, 2013 at 11:02 am

    • Mas Agil

      Duh sebenernya setiap tahun prosesnya beda terus, saya kurang tahu kalau tahun ini. Kalau dijaman saya yang jalur undangan itu kaya UM UGM, USM ITB, dll itu ttp pake tes. Tapi gtw deh kalau jalur undangan di tahun ini. Tapi ttp persiapan aja bro

      July 14, 2013 at 11:12 am

  56. Rifki

    Amin bang mudah-mudahan sekalinemu bisa buat cadangan 30 tahun kedepan ya bang hehe…

    July 14, 2013 at 2:50 pm

    • Mas Agil

      Amiiinnn, mudah2an sampe beribu2 tahun lagi lah cadangannya. Hemat energi juga biar pemakaian energi kita bisa diperlama yaa!! :D

      July 14, 2013 at 3:20 pm

  57. filho

    mas aq pengen banget masuk FTTM ITB perminyakan…
    1.bagaimana cara untuk tembus teknik perminyakan (apakah lebih banyak tergantung tes,nilai rapor,nilai UN/STTB atau akreditasi sekolah (akreditasi sekolah ku B) dan prestasi lainnya)
    2.apakah emang bener juga tergantung pada alumni SMA q, yang IPK nya bagus diperguruan tinggi ITB tersebut, padahal alumni SMA aq belum ada satupun yang kuliah di ITB soalnya sekolah aq baru (8 tahun).
    3.Peluang masuk teknik perminyakan…. kalau nurut mas agil ?

    July 14, 2013 at 7:28 pm

  58. sarah tasya

    baru dapet di teknik geofisika upnvyk nih,

    nah mislanya nanti ketika melamar kerja kan nanti si perusahaan mencari untuk teknik perminyakan, geologi, geofisika [tanpa embel-embel teknik]
    nah nanti yg dari jurusan teknik geofisika bisa ikutan ga ngelamar kerjannya walaupun yg dicari itu geofisika tanpa embel- embel teknik,

    thanks

    July 16, 2013 at 1:39 am

    • Mas Agil

      Jawabannya simpel, bisa

      July 19, 2013 at 2:19 pm

  59. Mas agil saya Alhamdulillah nih sudah masuk di Teknik Perminyakan UPN :D, mau sedikit bocoran nih kalo masuk perusahaannya itu sendiri ada tes wawancara atau yang lain begitu?

    July 16, 2013 at 9:13 am

    • Mas Agil

      Waktu aku masuk Total, ada 5 tahap tes mas Fahmi

      1. Technical Test & Psikotest : Jadi ada tes psikologi dan tes tentang ilmu2 dasar Mafiki gitu
      2. FGD (Focus Group Discussion) : Jadi kita bersama beberapa kandidat lain digabung menjadi satu kelompok. Lalu diberikan studi kasus, dan kita harus bekerja sama untuk mencari solusi dari masalah yang diberikan. Penilaiannya tergantung dari keaktifan kita di forum, dasar argumen kita, gesture posture kita, dll
      3. Interview HR : inti dari interview ini si HR pengen mengeksplor karakter kita itu seperti apa, apakah layak untuk direkrut atau tidak
      4. Interview user : berbeda dengan interview HR, interviewer kita kali ini adalah calon bos kita ketika kita diterima. Jadi well prepare aja sebaik mungkin menjawab pertanyaan-pertanyaan bos dengan baik
      5. Medical Check Up : Kalau kamu orangnya rajin olahraga dan sehat, bisa dibilang di tahap ini kamu 100% pasti keterima kecuali perusahaan tiba2 berubah pikiran :D

      July 19, 2013 at 2:23 pm

  60. nanda

    Kang agil mau tnya… Prospek lulusan T.perminyakan Univ Proklamasi 45 Yogyakarta gmn d’dunia O’G?

    July 17, 2013 at 12:00 am

    • Mas Agil

      Asal kamu kuliah dengan rajin, dan memanfaatkan kesempatan yang ada di kuliah dengan baik untuk mengembangkan diri kamu, saya yakin dimanapun kamu kuliah, kamu bisa bersaing dengan lulusan universitas lain. Yang penting jangan males!

      July 19, 2013 at 2:24 pm

  61. jovi

    Saya kuliah di Universitas Islam Riau jurasan T.Perminyakan, emg ga terkenal sih tapi berdirinya udh lumayan lama. Prospek yg bagus dan peluang kerjanya luas di bagian apa mas, kan tadi ada tu contohnya mud, drilling??

    July 17, 2013 at 2:14 pm

    • Mas Agil

      Semuanya prospeknya bagus mas jovi ga usah khawatir

      July 19, 2013 at 2:25 pm

      • Thesar

        bang saya tertarik masuk teknik perminyakan tapi saya kurang menguasai matematika dg fisika. tapi saya mau masuk perminyakan.

        March 27, 2014 at 7:24 pm

      • Mas Agil

        Masih banyak waktu buat belajar matematikan dan fisika mas thesar. Kalau emang kamu berniat dan sungguh-sungguh, matematika dan fisika itu harga mati

        April 19, 2014 at 7:21 am

  62. Wina

    Yah kak agil aku gk lulus sbmptn ke fttm itb ;(
    sedih juga sih –
    cuma kuliah tek perminyakan di stt migas balikpapan,…
    Tp kak apakah aku pnya prospek kerja yg baik n cerah sperti anak2 di itb ???

    July 19, 2013 at 6:30 pm

    • Mas Agil

      Yah aku juga ikut sedih :(. Tapi yang penting kamu udah melakukan yang terbaik and you must proud to yourself ya :).

      Kalo rejeki ga ada yang tau mbak wina. Kalo udah masuk ke lingkungan kerja, almamater itu udah ga diliat. Tergantung dari performa dan kinerja kita hehe, jadi peluang karir semua orang sama tinggal mau dimanfaatkan dengan maksimal atau engga.

      Tapi emang pas mau masuknya (seleksi masuk jadi karyawannya) yang susah. Tapi kalau kamu memang punya skill, anak ITB aja bisa kamu kalahkan kok dalam persaingan mencari kerja. Semangat belajarnya ya! :)

      August 3, 2013 at 1:30 pm

  63. kalo di perminyakan , saya dengar soft skills( bahasa inggris) itu sangat diperlukan, apa itu benar? terus kalo di perusahaan asing yang beroperasi di indonesia kebanyakan mnggunakan sarjana darimana? indonesia atau dari luar ? terima kasih

    July 19, 2013 at 11:22 pm

    • mas saya mau tanya nih saya kan baru lulusan SMK tahun ini jurusan listrik apa bisa mas kuliah di ITB di bagian teknik perminyakan?

      July 27, 2013 at 7:33 pm

      • Mas Agil

        bisa2 aja klo kamu ikut jalur tertulis kaya SNMPTN. Tapi kamu hrs work hard mas andika :), good luck brooo!

        August 3, 2013 at 1:23 pm

    • Mas Agil

      Benar banget, bahasa inggris itu salah satu syarat buat bekerja di multinational company (ga cuma oil and gas aja).

      Kalo masalah tenaga asing, itu udah diatur di undang-undang ketenagakerjaan. Tapi kalo sekarang trenddnya orang2 asing itu cuma di bagian direksi atas aja. Kalo tenaga kerjanya lebih memilih lokal (karena lebih murah wkwkwk).

      August 3, 2013 at 1:27 pm

  64. Husairi

    kak, rencananya saat kuliah nanti sy ingimw mengambil tk.perminyakan tp sy sdkt pesimis dngn nilai fisika sy yang bisa dibilang msh pas2an, sebenrnya sbrapa bsr pengaruh nilai rapot kalau ingin masuk tk.perminyakn?

    July 21, 2013 at 1:15 pm

    • Mas Agil

      selama ga jelek keterlaluan sih coba aja dulu mas. Coba ikut try out buat mengukur kemampuan kamu sendiri. Bisakah dengan kemampuan kamu yg sekarang untuk masuk ke teknik perminyakan? klo belum berarti km hrs memperbaiki kurangnya di bagian apa ;)

      August 3, 2013 at 1:25 pm

  65. yanu

    Kak saya mahasiswi Teknik Geologi UPN baru jd maba sih hehe tapi saya mau nanya kalau di teknik geologi untuk kerja di oil gas company risikonya apa ya ? thanks :)

    July 21, 2013 at 5:03 pm

    • Mas Agil

      kalo orang geologi biasanya pekerjaannya lebih analysis, jadi ga langsung bersentuhan dengan alat2 berat di lapangan gitu. Paling di office aja ngolah2 data, atau ngambil sampel dari lapangan. Resiko tetep ada sih klo lagi ada di Rig. Klo lagi drilling trus blow out ya kena juga :))

      August 3, 2013 at 1:24 pm

  66. herlinlisiana

    Info nya lngkp bgt, jd kebayang nnti bljr dan krjanya gimana.
    Btw, saya baru di terima di teknik geofisika UNILA, mau tanya bnr atau tdk lulusan dr jurusan ini susah mendapat pekerjaan?bnyk rumor yg beredar dan saya sdkt khawatir. Trmksh

    July 23, 2013 at 3:40 pm

    • Mas Agil

      Banyak kok perusahaan yang sektor bisnisnya di bidang geofisika. Coba aja kamu cari2 informasi dari sekarang, perusahaannya apa aja. Nanti pas kerja praktek kamu coba aja lamar ke perusahaan tersebut. Trus klo udh kenal, peluang kita buat masuk ke perusahaan tersebut lebih besar :D. Yang penting kuliahnya harus bener jangan malessss. Banyak org yg ngeluh jurusan X susah dapet pekerjaan karena mereka kurang berusaha lebih dalam kuliah dan mencari informasi, jadi tenang aja yang penting semangat kuliahnya! Menjaga hubungan baik dengan dosen juga akan membantu kamu ;)

      August 3, 2013 at 1:33 pm

  67. desi arumsari

    Mas agil saya desi baru kelas 10 ipa,saya mau tanya kalau saya ga terlalu bisa di matematika waktu smp itu berpengaruh ga sama matematika nanti saat kuliah perminyakan?
    kalau sangat berpengaruh,biasanya matematika tingkat kelas berapa yang sangat di butuhkan nanti jika saya ingin masuk kuliah perminyakan?
    terimakasih

    July 31, 2013 at 10:09 pm

    • Mas Agil

      Wah kalau kamu mau masuk teknik perminyakan, kamu harus kudu wajib mesti bisa matematika. Ga ada toleransi mbak desi :D. Ayo semangat belajarnya!! matematika mudah kok hehe. Tapi ga usah dipaksain juga, masih banyak jurusan yang sama bagusnya dengan teknik perminyakan ;)

      August 3, 2013 at 1:22 pm

  68. AngGa Wooyy

    mas agil, saya mau bertanya: resiko bagian lapangan sangatlah besar,, maaf cakap nie,, jika terjadi kecelakaan yang mengakibatkan cacat,, apakah kita masih dipakai oleh perusahaan minyak tersebut???

    August 1, 2013 at 3:19 pm

    • Mas Agil

      kamu tenang aja, sekarang masalah safety udah jadi hal yang diproritaskan sama perusahaan. Asalkan kita fokus dalam bekerja dan sesuai dengan prosedur insya Allah aman saat bekerja. Tapi klo misalkan ada kejadian, tergantung apakah mempekerjakan kita masih efisien ga buat perusahaan. Klo misalkan engga biasanya disuruh retire dan dikasi uang pesangon

      August 3, 2013 at 1:21 pm

  69. yulita nurbaiti

    saya ingin sekali di jurusan perminyakan, tapi tadi saya buka web stem akamigas ada biaya 27jt/semester untuk biaya kuliah, asrama, praktek.. apa gak ada yg beasiswa ? Karena kalau buat keluarga saya terlalu mahal dg pekerjaan ayah sebagai pns biasa :) mohon dibantu kak :)

    August 1, 2013 at 11:41 pm

    • Mas Agil

      wah aku gtw klo beasiswa di STEM akamigas. Coba cari2 informasi langsung ke universitas yang bersangkutan aja mbak yulita :)

      August 3, 2013 at 1:19 pm

    • aris sutikno

      nambahin min,iya emang mb,klo di STEM akamigas cepu 27jt/bln, sebenernya ada 2 beasiswa, pertama beasiswa untuk yg udah direkrut kerja dipertamina habis itu disekolahin di akamigas,yg kedua buat yg daerah nya di sekitar kawasan industri migas setauku baru 2 yaitu blora sama bla bla lupa,haha

      December 31, 2013 at 7:25 pm

  70. yoyogaga

    bang agil,,mau tanya dong,tentang pekerjaan seorang ‘PIPING ENGINEER’..terima kasih

    August 2, 2013 at 6:55 am

    • Mas Agil

      hmm intinya klo di bisnis oil and gas, kita butuh sistem penyaluran yang baik dari sumur ke fasilitas produksi. Nah biasanya jaraknya jauh. Tugas piping engineering kira2 ngedesain jalur pipa buat distribusi oil and gas dari sumur ke fasilitas produksi tersebut. Berapa kekuatan pipanya, strukturnya, jalurnya, dll sehingga produk oil and gasnya bisa sampai ke jalur produksi. Begitulah kira2

      August 3, 2013 at 1:36 pm

  71. kausar

    kak agil, mau nanya via email boleh?

    August 3, 2013 at 12:53 pm

  72. dhanan

    bro, mau tanya.. kalo untuj kerja di lapangan, fakuktasnya apa yah? geologi atau geodesi atau apa?

    August 4, 2013 at 12:15 am

    • Mas Agil

      geologi, geodesi, oceanografi, kelautan, pertambangan, perminyakan, sipil, planologi, geofisika, itu banyak yang kerjanya di lapangan bro

      August 11, 2013 at 6:47 am

  73. dhanan

    mas agil, kalo mau kerja bersentuhan lgsg gitu dengan alat bornya, kira2 masuk fakultas yg mana ya?

    August 4, 2013 at 12:21 am

    • Mas Agil

      Teknik perminyakan aja, fokus ke teknik pengeboran

      August 11, 2013 at 6:48 am

  74. Evan

    Saya sekarang kelas 3 sma … saya mau ada rencana untuk masuk ke teknik perminyakan.. Nah yang saya mau tanya adalah… katanya Indonesia pasokan minyak akan segera habis dalam kurun waktu 12 tahun ke depan… Mohon pandangannya tentang hal ini… Terimakasih :D

    August 5, 2013 at 12:20 pm

    • Mas Agil

      yang diceritakan oleh media adalah cadangan minyak yang sudah ditemukan dan sedang diproduksi mas Evan. Anyway, masih banyak cadangan minyak lain yang menunggu untuk kita temukan dan eksplorasi, dan semua perusahaan minyak lagi gencar2nya mencari sumber minyak baru ini. Kalau misalkan ketemu ya berarti minyak ga habis dalam kurun waktu 12 tahun tapi lebih panjang lagi hehe. Anyway, jangan terpaku kita hanya akan kerja di Indonesia aja, kalau misalkan kita memang punya potensi, kita bisa kerja di negara minyak di Timur Tengah sana seperti di Qatar, Dubai, dll

      August 11, 2013 at 6:50 am

  75. amar

    mas boleh nanya dong.

    Kalo kerja di dunia migas itu kan bisa dari background kuliah t.minyak atau dari teknik lain jg katanya.
    Nah bedanya kalo kita dari t.minyak, atau contohnya dari t.mesin itu apa ya? Benefitnya masing2 apa aja? Dari jobdesc sampai gaji apakah pengaruh perbedaan tsb bener2 kerasa?

    Ane taun depan insyaAllah mau coba daftar ke salah satu fakultas teknik di ITB,
    tapi bingung mau teknik apa…

    mohon doa restu aja hehehe

    August 5, 2013 at 1:24 pm

    • Mas Agil

      Teknik Perminyakan
      + Ilmunya spesifik ke dunia perminyakan, pengetahuan lebih baik
      + Banyak alumni teknik perminyakan yang kerja di dunia oil and gas
      + DUnia oil and gas salah satu dunia kerja yang memberikan penghasilan paling tinggi

      - Karena terlalu spesifik, peluang kerjanya terbatas di dunia oil and gas aja

      Teknik Mesin
      + Ilmunya lebih luas, karena belajar semua mesin
      + Karena ilmunya lebih luas, peluang kerjanya lebih besar, dimana2 orang butuh teknik mesin

      - Karena terlalu luas, kalau kita masuk ke dunia perminyakan yang lebih spesifik, kita harus belajar lagi buat mengejar ketertinggalan dari orang yang emang udah di teknik perminyakan dari awal

      Kalau jobdesc dan gaji ya tergantung hoki2an kita dapetnya di bagian apa di perusahaan tertentu. Dan kalau masalah gaji yang dilihat itu status kepegawaiannya. Kalau misalkan pangkatnya sama, gajinya kurang lebih sama ga tergantung dari background jurusannya mas.

      August 11, 2013 at 6:54 am

  76. lukman adi

    Assalamu’alaikum kak agil..
    salam kenal kak,
    sekarang aku masih kelas 12 ipa
    aku pengin masuk fakultas geologi
    nah aku mau nanya nih kak hehe
    1. mapel apa aja sih yg utama dlm geologi?
    2. kalo lulusan geologi dalam bidag O n G bisa di posisi apa aja kak? apakah setiap saat kerja?
    3. selain di bidang O n G lulusan geologi bisa kerja dimana aja kak?
    4. misal nih kak, aku kan anak indonesia tp lanjut s1 nya di luar negeri apakah nantinya di indonesia bisa bekerja?
    minta pencerahannya ya kak.. makasih :)

    August 6, 2013 at 6:59 am

    • Mas Agil

      Kebetulan saya dan temen2 saya lagi bikin projek blog mengenai informasi tentang berbagai jurusan yang ada di Indonesia. Coba kamu cek disini http://jangansalahjurusan.wordpress.com/?s=geologi&submit=Lanjut

      1. mapel apa aja sih yg utama dlm geologi? Matematika, Fisika, Kemampuan Nalar dan Analisis, Mungkin geografi
      2. kalo lulusan geologi dalam bidag O n G bisa di posisi apa aja kak? apakah setiap saat kerja? Kamu bisa masuk dibagian GSR (Geological, Seismic, and Reservoir) jadi kerjaannya nyari lapangan minyak/gas yang baru. Nentuin lokasi pengeboran
      3. selain di bidang O n G lulusan geologi bisa kerja dimana aja kak? coba cek di situs yang aku sebutin di atas
      4. misal nih kak, aku kan anak indonesia tp lanjut s1 nya di luar negeri apakah nantinya di indonesia bisa bekerja? Btw kalau S1 di luar negeri tentu aja bisa bekerja di Indonesia. Kenapa enggak? apalagi kalau negaranya itu pendidikannya memang bagus dan bergengsi. Bagus tuh kalau kamu punya keinginan kuliah di luar negeri :)

      August 11, 2013 at 6:56 am

  77. rezanda

    Kak, saya mau tanya, untuk jurusan oil and gas apa bisa bekerja di bagian produksi migas nya ?? dan untuk prospek bekerja di luar negeri. Negara mana yang berpeluang bagus. Terima kasih

    August 6, 2013 at 11:42 pm

    • Mas Agil

      Kalau kamu di bagian produksi lebih baik masuk ke teknik kimia karena lebih nyambung belajar tentang sifat gas, fluida. Terus kontrol vesselnya, penstabilan senyawa, dll. Tapi kalau udah terlanjur masuk ke teknik perminyakan ya gapapa juga, tetep bisa kok. Paling harus belajar lagi dikit :D

      August 11, 2013 at 7:02 am

  78. Maulana Ardi

    Mas, aku sekarang kelas 3 sma. Dan aku sangat tertarik buat kerja di perminyakan. Tapi, aku masih galau mau tek.perminyakan, geofisika, atau geologi. Jujur, aku lebih suka geologi. Karena bumi2 gitu.
    Pertanyaannya diantara ketiga jurusan itu, yg resikonya paling kecil apaan ya mas?
    Dan kalau teknik geologi itu kesempatan kerja diperminyakannya besar gak? Dan gajinya gimana. Thanks before Mas Bro

    August 7, 2013 at 12:04 pm

    • Mas Agil

      Teknik geologi sebenernya resikonya paling kecil. Karena kerjaannya bukan pas di lapangan ketika eksekusi perencanaan. Kerjaannya ya sebelum eksekusi tersebut alias pas perencanaannya. Kamu nentuin dimana lokasi minyak, dimana harus ngebor, kondisi batuannya seperti apa, dll. Kalau teknik geofisika sebenernya juga resikonya paling kecil karena pekerjaannya sebelum eksekusi di lapangan juga (bagian dari persiapan dan perencanaan). Tapi kalau kamu di laut yang menggunakan seismic, kamu bisa jadi punya andil bikin ikan paus terdampar di pantai dan ngebunuh mereka.

      FYI, berita yang ikan paus terdampar, itu kemungkinan besar diakibatkan survey seismic yang menggunakan peledak untuk mengirimkan gelombang suara frekuensi tinggi buat pemetaan bawah laut. Nah gelombang tersebut merusak navigasi si ikan2 ini jadi pada tersesat dan bisa terdampar kalau lagi sial :(

      August 11, 2013 at 7:05 am

  79. Maulana Ardi

    Kalau gaji teknik geologi kisarannya berapa ya mas bro? Terus resiko kerjanya gimana? Gede gak?

    August 7, 2013 at 12:06 pm

    • Mas Agil

      Duh kalau kisaran mah macem2. Tapi kalau ente udah profesional dan jadi ahli, gajinya itungannya udah dollar/hari bro…

      August 11, 2013 at 7:06 am

  80. jadi jika mau bekerja di oil and gas, harus jurusan IPA ya min?

    August 7, 2013 at 1:48 pm

    • Mas Agil

      Ya secara teori sih begitu soalnya yang membutuhkan kemampuan dalam pelajaran eksak macem Matematika dan Fisika

      August 11, 2013 at 7:06 am

      • jika lebih suka kimia tetapi ingin masuk ke teknik perminyakan, kira-kira bisa gak mas?

        August 12, 2013 at 12:38 pm

      • Mas Agil

        Kamu suka fisika juga ga? kalau suka, masuk perminyakan udah pas banget buat kamu :). Kalau cuma suka kimianya lebh baik masuk teknik kimia aja Mas Indra ;)

        August 16, 2013 at 4:19 pm

  81. edo

    Saya salah satu mahasiswa di akamigas balongan jurusan perminyakan,menurut saya kalo peluang kerja di bagian perminyakan itu besar dipengaruhi oleh link link (teman atau sanak saudara yg bekerja di bidang ini) yang kita punya. Contoh bila kita melamar di suatu perusahaaan,sepintar pintarnya kita pasti kalah sama orang yg punya saudara di perusahaan tsb.. Hehe,cuma menyampaikan aspirasi aja kok *peace*

    August 9, 2013 at 2:30 am

    • Mas Agil

      Ya kalau kamu ngelamar di BUMN / PNS hal kaya gitu udah jadi rahasia umum. Tapi kalau di perusahaan swasta lain soal, kenapa? mereka butuh survive jadi perekrutan tenaga kerjanya ga sembarangan. Meskipun dia anak si pegawai tapi skillnya ga mumpuni ya ga mungkin direkrut. FYI perusahaan swasta itu PASTI lebih profesional dalam pekerjaannya soalnya mereka harus survive. Lain cerita kalau BUMN, mereka santai2 aja masih disupport sama negara

      August 11, 2013 at 7:08 am

  82. oyah mas agil , kalau jurusan pertambangan bisa bekerja di perusahaan oil ga yang sifatnya multinasional?

    August 9, 2013 at 8:51 pm

    • Mas Agil

      jurusan pertambangan udah punya lapangan sendiri, jadi mending kamu fokus ke pertambangan aja. Soalnya beda jauh bisnisnya

      August 11, 2013 at 7:09 am

  83. boby

    Saya mat nanya ne mas..
    Sya bru lu2s kul n saat ini saya bru 1thn bekerja d prusahaan elektronik terkemuka d batam sbgai electrical engineer,tapi sya mau pindah haluan ke bidang oil n gas.
    namun kndalanya jur asli sya adalah guru elektronika,dan sya suka d bidang desain. Untuk itu,rncna nya sya mau ikt training2 yg skrng lg rame.
    Yg mau sya tnyakan..
    1.training apa ya yg hrus sya ambil?dngn pertimbangan : scra teknikal pas2an..hehe tp pnya hobi d desain..
    2.bgus nya saya msuk d bidang apa y?electrical n intrument atau piping design?tp sya bukan teknik mesin. Atau da saran yg lain mas?

    maaf kebnyakan tnya y mas..

    please advise

    boby

    August 9, 2013 at 11:27 pm

    • Mas Agil

      Hmm kalau saran saya kalau memang mas boby suka desain electrical lebih baik kerja di kontraktor kelistrikan aja mas. Ngedesain jaringan listrik transmisi/distribusi, jaringan listrik gedung.

      Kalau mau masuk ke dunia perminyakan yang nyambung masuk ke electrical and instrument aja mas.

      Anyway, kadang2 lowongan yang dibuka perusahaan ga sesuai dengan background kita. Ya kalau mau sikat aja apa yang ada hehe

      August 11, 2013 at 7:12 am

  84. boby

    Mas sya mau minta pncerahannya nich..
    saya lu2san guru elektronika,saat ne sya udh kerja d prusahaan elektronik d batam..
    tp sya mau mencoba utk pindh ke dunia oil n gas,karena itu sya mau ambil sertfikasi..
    yg mau sya tnyakan,sya bgus nya ambil sertfkasi apa ya?soalnya utk ilmu electrical sya sngat dasar,sementara sya suka design..
    Skalian ya mas sama prospek kesempatannya d dunia oil n gas..

    thanx

    August 10, 2013 at 10:26 am

  85. reza

    Mass, saya maba yg alhamdulillah keterima di perminyakan UPN, mau tanya enak ato bagus mana ya perminyakan sama dokter ? Soalnya saya daftar kedokteran dimana2 gak ketrima, dan ketrimanya di perminyakan upn, apakah sebaiknya saya lanjutin perminyakan nya ato tahun depan coba daftar kedokteran lagi mas? Mohon saran yg paling bagus kalo menurut mas agil :))

    August 11, 2013 at 12:45 am

    • Mas Agil

      Duh mas reza, perbandingan teknik perminyakan dan kedokteran itu bukan apple to apple jadi ga bisa dibandingkan karena memang beda jauh.

      Mana yang lebih bagus? itu relatif. Mas Reza passionnya dimana? lebih enjoy yang mana?

      Kalau saran saya, sekarang mending lanjutin kuliah teknik perminyakannnya dulu sambil nyiapin diri kamu di seleksi masuk univ di tahun berikutnya. Nah selama setahun itu kamu udah bisa ngerasain kamu enjoy ga di teknik perminyakan? kalau misalkan ga enjoy ya kammu harus lulus di seleksi tahun berikutnya dan daftar ke kedokteran :). Yang penting belajar, belajar, belajar!

      August 11, 2013 at 7:15 am

      • reza

        Hehehe makasih bangget buat saran nya, mas agillll memang top bgt :D

        August 12, 2013 at 12:15 am

  86. lukman adi

    makasih banget infonya mas agil
    minal aidzin wal faidzin mas :D

    August 11, 2013 at 8:50 am

  87. maaf mas Agil.. sy jurusan ilmu informasi dan perpustakaan apa bisa kerja di oil company? sy pengalaman 5 thn lebih di Telkomsel, dan paham betul bagian network, support,, IT, analisa data, troubleshooting dsb.. karena setiap melamar pekerjaan sy selalu mentok embel2 jurusan.. menurut sy jurusan sy berpotensi untuk masuk di setiap perusahaan apapun minimal sebagai data controller, document electronic dsb.. byk perusahaan selalu mengedepankan nama jurusan.. :) sharing ya mas.. makasih

    August 11, 2013 at 11:06 pm

    • Gerald Pakpahan

      Mas agil Puji Tuhan saya keterima di perminyan Trisakti dan saya minat banget lulus kuliah kerja di Pertamina atau kayak mas di Total itu syarat staratnya supaya masuk di perusahaan tersebut apa aja yaa mas? Dan apa tempat kuliah saya cukup berkompeten dengan kampus lain? Supaya saya bisa prepare dari sekarang dan gak useless karna harga kuliah di PTS relatif mahal.
      Thanks before yaa mas

      August 13, 2013 at 4:09 am

      • Mas Agil

        Teknik Perminyakan trisakti itu bagus bro, dan bersaing. Sekarang tergantung kamu aja, bisa memanfaatkan kesempatan kuliah disana dengan baik atau engga. insyaAllah kalau kita kuliah dengan baik, kamu bisa masuk perusahaan minyak yang bergengsi. Semangat bro!!

        August 16, 2013 at 4:24 pm

    • Mas Agil

      DUh maaf mas rohim, perasaan ane udah bales cuma kayanya ga kekirim hahaha. Yang saya tahu, setiap perusahaan PASTI membutuhkan tenaga kerja IT buat database, server, networking, dll termasuk perusahaan oil and gas. Jadi jawabannya memang bisa kerja di oil company tapi spesifik di bagian ITnya saja mas.

      Masalahnya, karena jurusan IT sendiri bukan main core business dari perusahaan oil and gas. Tenaga kerja yang dibutuhkan terbatas, jadi ga terlalu banyak.

      Jadi Hoki2an aja kalau kebetulan si perusahaan oil and gas lg buka lowongan di bidang IT atau engga. Buat saran aja, mas rohim daftar aja di situ mencari pekerjaan misal jobstreet.co.id. Terus isi parameter2 yang sesuai sama mas rohim (misal mau ngelamar di bidang IT, tapi di perusahaan oil and gas), nah nanti setiap hari bakalan dikirimin email2 lowongan sesuai dgn parameter yg diisikan.

      Mudah2an bisa membantu ya mas, :D Thanks

      August 20, 2013 at 7:45 am

  88. Senja Hira

    Mas kan saya masuk jurusan ips. Kalau ngambil perekonomian di bidang perminyakan bisa atau tidak ? Kerja nya nanti jadi apa ? Gajinya berapaan ? Itu masih di kantor kan ? Trims :)

    August 12, 2013 at 5:23 pm

    • Mas Agil

      Bisa aja Mas Senja, tapi karena jurusan ekonomi itu sarjananya banyak orangnya, jadi persaingannya lebih ketat, apalagi di perusahaan minyak itu bukan main corenya jd lowongan kerjanya juga terbatas.

      Kalau kerja pasti di kantor. Gaji di perusahaan minyak kira2 udah sampai 2 digit tapi masih belasan juta aja

      August 16, 2013 at 4:21 pm

  89. Ali

    Mas , ak kelas 12 ipa sekarang … Rata2 rapotku 88an ipanya,,,tp ak gag bisa dan kurang tertarik untuk mikir ilmiah2 gitu,,jadi ak dapetin nilai ipa di rapor bagus ,,,karna ak belajar serius dg guru privat ,,,bukan karena kecerdasan ku pribadi,,,kira2 ak cocok masuk fak.perminyakan?? Thx,,,,,,butuh saran

    August 12, 2013 at 10:36 pm

    • Mas Agil

      aku udah reply di email kamu ya mas Ali, thx

      August 16, 2013 at 4:21 pm

  90. ami

    kalo untuk cewek gimana nih ada ga peluang bs masuk diperminyakan? Prospek kerjanya gmn nih untuk bbrapa tahun ke dpn? Masih kelas 2 SMA soalnya :)mohon jwbn nya

    August 12, 2013 at 10:37 pm

    • Mas Agil

      Aku udah reply ke email mu ya mbak Ami :D

      August 16, 2013 at 4:22 pm

      • Akira Nadhira

        maaf kak , jawaban nya juga di email ke aku dong kak!! karena pertanyaanku sama dengan mbak ami juga.. cuma aku lbih kls XII pgn bgt masuk FTTM ITB kak…. makasihhh

        January 26, 2014 at 7:21 pm

      • Mas Agil

        duh emailnya udah tenggelam. Tapi untuk menjawab pertanyaan kamu, banyak kok cewe di teknik perminyakan :)

        February 8, 2014 at 7:13 pm

  91. Romas

    1)Agannn mau nanya dng lulusan D3 teknik perminyakan di akamigas balongan prospek kerjnya gmna gan??
    2) Terus untuk D3 Fresh Grade Gajinya Berapa ya gan?? makasih

    August 13, 2013 at 10:02 am

    • Mas Agil

      Kalau kamu mau yang gajinya besar, masuk aja ke service company jadi field specialist gitu di perusahaan macem Schlumberger, Halliburton, Weatherford, etc. Gajinya udah sampai 2 digit cuma kerjanya ya cape banget. Klo fresh grade masih dibawah 10 juta tp.

      August 16, 2013 at 4:25 pm

      • Gagas

        oohh gitu ya k’? menurut kk bagusan lulusan d3 akamigas balongan/ S1 dari trisakti dan UPN ?? makasih gan !!

        August 18, 2013 at 9:15 pm

      • Mas Agil

        S1 trisakti/UPN aja mas gagas. Nanggung kalau D3

        August 19, 2013 at 10:47 am

      • Gagas

        hmmm tapi saya udh keterima di D3 apa ambil dulu aj ya mas,baru taun depan pindah ke UPN/Trisakti??? saya juga mau ke ITB si mas
        mas klo bimbel sambil kuliah ribet gk mas?

        August 20, 2013 at 12:33 pm

      • Mas Agil

        kalau kamu D3, opsinya bisa lanjutin ekstensi S1 ke UI atau di universitas lain yg ada program ekstensinya (di ITB ga ada program ekstensi). Kalau kamu bimble sambil kuliah sbnrnya ga ribet, cuma emg perlu usaha lebih dan memakan energi. Yang penting jadwal bimbel yg pinter2 kamu pilih jadi ga bentrok bro Gagas :)

        August 20, 2013 at 12:49 pm

      • Gagas

        apa mending saya lepas aj gan D3 nya,terus belajar lagi buat msk ITB ya setidaknya dapet swasta UPN lah,saya bingung gan sekarang mau ngambil D3 nanggung,tapi saya msh punya hasrat nyoba lagi tahun depan u.u butuh pencerahan gan makasih ._.

        August 20, 2013 at 1:21 pm

      • Mas Agil

        Ya terserah gan. Kalau mau ngulang ya fokus aja buat belajar menghadapi ujian tertulis tahun depan. Tapi sementara itu ente jangan nganggur2 amat, bisnis kecil2an aja atau kerja magang gitu biar produktif di masa menunggu setahun itu.

        Kalau mau aman ya terusin aja D3 setahun sambil bimbel. Kalo2 pas ujian tahun berikutnya masih gagal, ya lanjutin aja D3nya gan. Gituuuu saran dari ane

        August 20, 2013 at 1:31 pm

      • Gagas

        ok makasih gan atas sarannya hhe udh lega semoga bisa ngikutin jejak mas walau saya nanti dari PTS hhe

        August 20, 2013 at 1:40 pm

      • Mas Agil

        Yang penting usaha kita pas di universitas yang menentukan nasib kita mas Gagas hehe. kamu yang saat ini adalah hasil dari apa yang kamu lakukan sebelumnya. Lakukan yang terbaik saat ini, dan nikmati keberhasilan di masa depan. You can do it brooo, semangaaaatt!!!

        August 20, 2013 at 1:49 pm

      • Mas Agil

        Seppp :thumbup:

        August 20, 2013 at 4:15 pm

    • Gagas

      makasih gan,tapi menurut agan mending D3 swasta/ S1 swasta?

      August 21, 2013 at 10:57 am

      • Mas Agil

        Kalau bisa S1 mending langsung S1 aja gan

        August 23, 2013 at 7:00 am

  92. Romi Permana

    saya romi, saya masih seorang pelajar kelas2.
    jujur saja saya sangat tertarik bekerja di bidang migas ini, dan kelak saya berharap dpat bekerja di bidang migas..
    yang saya mau tanyain,
    apa sih yang saya harus lakuin supaya tekad saya ini menjadi kenyataan.?

    August 13, 2013 at 2:50 pm

    • Mas Agil

      Kamu kuatin pelajaran eksak seperti fisika, kimia, dan matematika. Trus saranku kamu ikut bimbel dari sekarang kalau bisa buat membantu kamu mengerjakan soal-soal SPBM dengan cepat (it really helps me). Yang penting jangan males belajar!! main perlu tapi jangan berlebihan nanti jadi bego. Belajar perlu tapi jangan berlebihan karena bisa stress, ok boy? wish you all the best ya

      August 16, 2013 at 4:27 pm

  93. andrean

    maaf saya gak begitu suka eksak apakah bisa masuk di perminyakan ?
    saya jurusan ipa

    August 15, 2013 at 1:35 pm

    • Mas Agil

      Kalau ga suka eksak kenapa ente masuk jurusan IPA -_-. Kalo bisa sih bisa2 aja, tergantung kamu mau kerja di bagian apa?

      August 16, 2013 at 4:28 pm

  94. Putra larosa

    Mas Agil, saya mau bertanya

    Kalo bekerja sebagai produksi, pelajaran apa saja yg harus ditekankan ?

    August 16, 2013 at 1:40 pm

    • Mas Agil

      Kalau kamu masih SMA, kamu hrs bisa semuanya tapi cuma sekedar ngelewatin SPMB buat masuk universitas aja. Dan jurusan yang recommended buat kamu adalah teknik kimia hehe.

      Yang akan ditekankan di jurusan kimia yaitu pelajaran kimia, sama fisika (khususnya di mekanika fluida). Good luck yah :D

      August 16, 2013 at 5:40 pm

  95. Aris

    nice blog bro, ane kira satu jurusan sama ane. eh ternyata alumni power.
    ane Alhamdulillah masuk TM’12 nih bro, sama sammutiar yang komen diatas.
    CMIIW Tekkim lebih banyak belajar fisikanya daripada kimianya bro

    August 18, 2013 at 7:30 pm

    • Mas Agil

      Wah ane gtw deh lebih banyak fisikanya apa kimianya, yang jelas main corenya emang di kimia sama fisika (especially tentang fluida)

      August 19, 2013 at 10:46 am

  96. Gerald Pakpahan

    oke mas tapi kalau masuk di perusahaan swasta gitu ada syarat khususnya gak? terus perusahaan minyak swasta mana aja yg bisa nampung atau melatih fresh graduate?

    August 19, 2013 at 4:53 am

    • Mas Agil

      Perusahaan minyak yang punya program buat fresh graduate hampir semuanya kok sekarang.
      Tapi yang pernah aku denger
      - Pertamina Hulu Energi : Program BPS
      - Total : WST, WET, WCST
      - Medco Energi : GET

      August 19, 2013 at 10:48 am

  97. Devin Akbar Rizaldi

    Assalamualaikum mas agil

    Pencerahannya sangat bagus mas

    Saya ingin bertanya , saya agak kurang di fisika namun saya sudah di acc di salah satu univ dengan jurusan tek.perminyakan.

    apakah ada saran kedepannya untuk saya ?

    bolehkah saya minta alamat email mas agil ?

    Best Regards

    August 19, 2013 at 8:39 am

    • Mas Agil

      Pertama kamu harus menganalisis dulu kenapa kamu agak kurang di fisika? APakah karena guru kamu waktu SMA yang kurang menjelaskan dengan baik sehingga kamu tidak mengerti, atau karena memang kamu tidak suka pelajaran fisika. Kalau ternyata kamu rasa cuma karena masalah pengajar waktu SMA dulu, masuk aja gpp ke teknik perminyakan, karena dosen2 universitas itu lebih bisa menjelaskan dengan mudah logikanya.

      FYI, saya dulu bodoh banget soal fisika. Tapi pas masuk ke universitas, dosen saya mantep2, jadi saya jauh lebih mengerti konsep dasar fisika di perkuliahan dibandingkan waktu SMA karena masalah kualitas pengajar yg saya sebut tadi.

      Paling itu aja sarannya, kalau kamu emang ga suka fisika, lebih baik pilih jurusan yang lebih cocok dengan kamu aja. Tapi kalau kamu emang niat mau belajar, sikat aja jurusan teknik perminyakannya :).

      Email saya : dimas.agil90@outlook.com

      August 19, 2013 at 10:52 am

      • Devin Akbar Rizaldi

        nah itu dia mas semoga dosen nya mantap . saya agak lari ke kimia nya mas

        sudah acc mas tinggal nunggu ospek dan mulai nya saja di trisakti ..

        yahoo kan ya apa gmail mas ? :D

        August 19, 2013 at 11:08 am

      • Mas Agil

        Hajar aja Mas Devin. Emailku ada yang gmail, ada yg microsoft outlook. Tadi ud dikasi alamatnya kan

        August 19, 2013 at 11:15 am

  98. antoni

    owh…
    lulusan fresh graduate tehnik itu klo mau kerja (masuk perusahaan) mining &oil itu harus tes ya? katanya klo sudah msuk universitas favorit dan dikerumuni banyak perusahaan itu dan sudah memiliki ikatan alumni tinggal kerja aja.jdi semua itu harus dilalui dengan tes ya (ts psikotes,FGD,interview)? mskipun ip nya bagus….

    August 19, 2013 at 1:05 pm

    • Mas Agil

      Ya iyalah masbro. Nyari kerja ga segampang nyari SMA hahaha. IP tinggi itu bagus tapi bukan mutlak. Makanya banyak juga orang yang IPnya tinggi tapi susah dapet pekerjaan karena pas tes masuk perusahaannya dia kurang di segi non teknikalnya (softskill, karakter, skill komunikasi, dll). Mknya saran saya selain kuliah dengan baik, kamu harus aktif juga di organisasi buat meningkatkan kemampuan non akademis/teknikal kamu :)

      August 19, 2013 at 2:11 pm

  99. aris

    ntanya nih mas, kalo lulusan teknik perminyakan, apes-apesnya misal lulus ip dibawah 2,75. kira-kira kalo mau kerja dibidangnya harus ngapain? terus jadi apa? sorry belum banyak tau nih

    August 19, 2013 at 5:49 pm

    • Mas Agil

      Santai aja bro, yang penting pas tes seleksi masuk perusahaan, kamu bisa menunjukkan kalau kamu layak untuk direkrut si perusahaan. Buat tips aja, cari2 informasi aja dulu mengenai tes2 masuk perusahaan yang masbro lamar. Jadi lebih ada persiapan yang matang :D. IP ngaruhnya cuma di seleksi administrasi aja. Kalau udah lolos administrasinya, tinggal kitanya aja gimana broo

      August 20, 2013 at 7:49 am

  100. farid

    wah!! klo gitu mending gua masuk fakultas kedokteran aja. slama ini gua kirain klo udah nyemplung di universitas favorit prodi tehnik pertambangan,perminyakan,mesin,sipil,geodesi,geologi klo udah lulus tinggal kerja di perusahaan yg diinginkan. jadi mskipun lulusan itb,upn,ui,its,dll klo lulus hrus tes (technical, psikotest,FGD,INTRERVIEW) dulu ya gan sblum teken kontrak kerja? wah gua eksak gk bgitu kuat,kira-kira kepakek enggak ya klo gua masuk di teknik?

    August 19, 2013 at 6:43 pm

    • Mas Agil

      Ya lo pikir kenapa banyak pengangguran hahaha.

      Mungkin logic lo ga salah tapi kurang tepat. Orang yang masuk jurusan favorit itu kemungkinan besar bisa masuk ke perusahaan bukan karena embel2 latar belakang jurusan dia itu. Tapi karena kalau ente masuk jurusan favorit, ente akan nambah skill, nambah pinter, dan mental ente kebentuk. Jadi setelah lulus, ente udh berkembang jd Sarjana yg berkualitas makanya ente dicari2 sama perusahaan. Tapi kalau setelah masuk jurusan trus ente nyantai2, kuliah males, IP jeblok, ga mengembangkan diri. Ya ga mungkin perusahaan ngerekrut ente. Krn perusahaan bukan ngeliat dari latar belakang jurusan ente semata, tapi apakah ente bermanfaat ga kalau direkrut perusahaan. Begitulah kira2.

      Kalau eksak ga begitu kuat, mending pindah jurusan aja bro. Ente udah berusaha belum? kalo ternyata emang ga minat dan udah usaha juga masih susah ngerti, mending ga usah dipaksain daripada ga lulus2 bro. Kecuali ente berusaha dan ternyata menemukan bakat ente di pelajaran eksak2nya :)

      Semoga membantu broo, THanks

      August 20, 2013 at 7:55 am

      • farid

        thanks bro….
        mending gua jdi dokter aja bro,langsung kerja. gue gk suka hitung2an bro.

        jdi rugi ya bro… klo msuk itb,ui,its tpi lwat jalur belalang mbyar ratusan juta dmi msuk jurusan prodi tehnik yg bergaji bsar,tpi gk bsa dpet ip baik. AKHIRNYA JADI INSINYUR NGANGGUR YA BRO! KRENA GK LULUS TS MSUK PERUSAHAAN MSKI LULUSAN ITB.

        tpi apa ada ya gan mhasiswa itb nganggur saat ini?

        August 20, 2013 at 8:37 am

      • Mas Agil

        Ya rugilah klo cuma sekedar masuk universitas tapi ga dimanfaatkan dengan baik. Itu sih udah pilihan masing2, hahahaha.

        Hmmm, ane ga tau pasti sih kalo ada yang nganggur. Biasanya sih meskipun ga kerja, biasanya pada main bisnis bro. Kalaupun ada yang ditolak masuk tes suatu perusahaan biasanya diterima di perusahaan lain (meskipun perusahaannya lebih kecil). Kira2 begitulah bro

        August 20, 2013 at 8:43 am

    • aris

      jadi dokter juga harus belajar yang bener. dan kata temen gue anak FK UGM, dokter seharusnya longlife education, artinya biarpun udah lulus terus jadi dokter, dia harus tetep belajar juga. kenapa? karena setiap hari di dunia ditemukan jurnal obat-obatan baru, sehingga HARUSNYA dokter mempelajari obat-obat baru tersebut, karena obat temuan baru mungkin lebih manjur, sedikit efek sampingnya, dan lebih kompleks lagi.

      Belum lagi kalo udah jadi dokter, lu kuliah asal-asalan, lulus jadi dokter, praktek, dengan ilmu yang asal-asalan nyawa orang taruhannya.

      teknik gimana? sama aja. makanya kalo dosen ada yang ikut proyek perusahaan, itu sebagai sarana update keilmuan dosen, buat ditularkan ke mahasiswanya, lu mau dapet ilmu mesin tahun 80an(dosen lulus s3 tahun1980an). dan teknologi juga semakin berkembang, liat aja hp 10 tahun lalu sama hp zaman sekarang, beda jauh kan???
      kalo lu kuliah asal-asalan di teknik juga nyawa jadi taruhan. Perminyakan salah bor jadi kaya lapindo,

      intinya, semua jurusan itu GA ADA PROSPEKNYA kalo lu kuliah asal-asalan. beda halnya kalo lu kuliah serius. usaha+doa sebanding dengan hasil.

      masalah almamater, itu hanya sebatas NAMA(Sudah dijelaskan sama mas agil tentang almamater), tapi juga BEBAN, misal lu lulusan ITB ga bisa ngerjain sesuatu, lu bakal di bilang “anak ITB?? masa gini aja ga bisa”, kalo lu bisa “ah anak ITB, wajar segini mah bisa”.

      August 26, 2013 at 1:08 am

      • Mas Agil

        Mantap gan komennya, thanks

        August 26, 2013 at 5:29 am

  101. devin akbar rizaldi

    sama aja kan mas itu bisa buat outlook bisa buat yahoo ? hehe

    nah kalau butuh pencerahan tar saya email mas agil saja ya :D

    August 19, 2013 at 11:00 pm

    • Mas Agil

      beda brooo, klo email outlook itu transformasi dari hotmailnya windows. Jadi klo kamu ngirimnya bukan ke @outlook.com tapi ke @yahoo.com ya emailnya g nyampe ke inbox saya…

      August 20, 2013 at 7:47 am

  102. bang comment sy ga dijawab.. hehe

    August 20, 2013 at 3:34 am

  103. farid

    jadi semua perusahaan pertambangan dn perminyakan seluruh indonesia baik perusahaan kecil, sedang, dn bsar kalau mau kerja di sana hrus lulus tes ( technical,psikoteat,fgd,intervuew )dulu ya gan ? mski lulusan itb,ui,ugm,trisakti,upn,unsri hrus tes ya gan?

    emangnya sma universitasnya gk ditempatin langsung ya gan di perusahaan mining& oil setelah lulus kuliah?

    tpi kata saudara q yg ikatan alumni tambang & minyak upn hanya bermodalkan ijasah upn jogja langsung kerja di perusahaan itu gan tanpa tes? itu bner gk gan?

    thanks banyak mas agil

    August 20, 2013 at 9:18 am

    • Mas Agil

      Sebenernya tergantung perusahaannya. Kalau perusahaannya bergengsi tentu tahap seleksinya lebih ketat. Ga mungkin cuma modal ijazah langsung masuk.

      Tapi mungkin kalau perusahaannya kecil dan emang lagi butuh tenaga kerja, ya tesnya ga susah2 amat. Mungkin modal ijazah aja udah diterima.

      Pokonya jangan mikir ngejar ijazah doang, latih softskill juga. Ijazah cuma tool aja, syarat buat ngelamar kerjaan.

      August 20, 2013 at 11:27 am

    • aris

      ga modal ijasah doang kali, mungkin bener juga, lulus ga pake tes, tapi kalo ijasah nilainya kebanyakan rantai karbon(C) IPK jeblok, keorganisasian ga ada, attitude buruk, siapa yang mau rekrut?

      August 26, 2013 at 1:10 am

  104. devin akbar rizaldi

    email selain outlook nya dong mas agil , yahoo gpp atau gmail :D

    August 20, 2013 at 5:40 pm

    • Mas Agil

      knp emg klo yg outlook? dimas.agil90@gmail.com aja klo mau

      August 20, 2013 at 9:47 pm

      • tantri

        mas agil, klo jurusan ekonomi : manajemen ekonomi dan akuntansi berpeluang ga di oil & gas? dan jurusan mana yg lebih berpeluang?

        terimakasih
        salam

        August 22, 2013 at 8:49 am

      • Mas Agil

        Peluang sih selalu ada. Kalau ditanya jurusan mana yang lebih berpeluang saya kurang tau hahaha. Tapi yang jelas, kalau jurusan umum macem ekonomi/akutansi gitu biasanya hoki2an kalau perusahaan X lagi buka lowongan di bagian itu. Udah gitu biasanya yang diterima ga terlalu banyak ditambah persaingannya ketat (banyak orang yang mau daftar) jadi kesimpulannya peluang itu ada tapi hoki2an mbak tantri. Cek terus aja info lowongan kerja atau daftar di situs pencari kerja kaya jobstreet.co.id :)

        Semoga membantu, thanks

        August 23, 2013 at 7:07 am

      • nama saya santi.
        saya jrusan teknik perminyakan UIR
        Thx ya buat infonnya.
        Sering2 share ya admin.

        August 22, 2013 at 8:28 pm

      • Mas Agil

        Siap santi, sama2 :)

        August 23, 2013 at 7:08 am

  105. Mas, kalo dari teknik elektro berapa persen untuk bisa bekerja di oil and gas? trus, konsentrasinya apa yang bagus untuk bisa bekerja di oil and gas? Lalu, saya kan di terima di d3 Teknik Elektro Undip, setelah lulus ingin langsung melanjutkan ke s1. Bagusnya dimana ya? apa ITB buka pendaftaran untuk program itu?

    August 21, 2013 at 2:33 am

    • Mas Agil

      Bisa banget bro, tapi yang sesuai dengan jurusan biasanya di bagian facilities ngurusin kelistrikkannya. Konsentrasinya lebih ke Jaringan dan Sistem ke listrikkan bro.

      Kalau mau ekstensi dari D3 ke S1 kayanya di ITB ga ada Mas Fauzan, kalau mau nanya ke bagian rektoratnya (Gedung Annex ITB) ada no teleponnya kok di http://www.itb.ac.id . Tapi yang jelas di UI itu ada program ekstensinya. UI juga bagus kok, kamu daftar ke UI aja bro :)

      August 23, 2013 at 6:53 am

  106. doni

    melihat komentr di atas, ane mau tanya sama agan. gue ini matematika gk bgitu kuat, kimia gk bgitu kuat, apalgi fisika lemah banget kua, tpi ane biologi hapalan jago banget &pakarnya. kira 2 gua cocok masuk dunia teknik atau cari jrusan lain gan!

    di teknik itu apa musti itung2an trus & selalu rumusnya penyelesaian proyek tmbg dn minyak berubah ubah trus gan?

    trus klo di stan dn ikatan dinas lainnya klo udah lulus qta langsung penemptan oleh pihak kmpus tnpa tes. msak klo msuk teknik setelah lulus masih tes lagi di prusahaan kita krja dn gk ditmpatin lagsung oleh prsahaan ? lha, klo seumpama gk lulus qta rugi dong slama 4 tahun kuliah di tknik dn jdi pengangguran ?

    trus IQ ane cma 115, msih dpat bersaingkah otak ane ini msuk dan mrebutkn jatah kerja di dunia tknik? atau ane hrus cari jurusan selain tknik?

    August 21, 2013 at 5:50 am

    • Mas Agil

      Wah bro, dengan sangat menyesal mending ente jangan masuk jurusan teknik bro….. Karena hidup kita berkutat dengan ilmu2 eksak. Matematika, kimia, Fisika itu makanan sehari2, takutnya kalau ente maksain malah stress karena ga sesuai dengan minat kamu.

      Ya tolong bedain STAN dengan perguruan tinggi bro. Kalau STAN memang punya pemerintah dan lulusannya pasti dimasukin ke pemerintah (ikatan dinas). Sedangkan perguruan tinggi itu ga terikat sama siapapun. Targetnya cuma menyiapkan mahasiswa menjadi Sarjana berkualitas dan mereka bisa menentukan nasibnya sendiri. Kalau ente kuliah dengan rajin dan berprestasi ga perlu takut ga dapat pekerjaan, pasti kamu laris manis banyak yang mau. BIasanya yang susah dapat pekerjaan karena dia ga memanfaatkan masa kuliahnya dengan baik. Males2an belajar, main terus. Aktif di organisasi pun engga. Jadi setelah lulus udah IP jeblok, skill ga ada, ya dia sendiri yang bikin dia rugi karena ga memanfaatkan kesempatan belajarnya dengan baik.

      IQ itu ga bisa jadi parameter bro. Klo saran gw sih ente kurang ada bakat di teknik, jadi mending masuk jurusan lain yang berhubungan dengan biologi. Kaya Kesehatan Masyarakat, K3L, Kedokteran, Pertanian, Perhutanan, dll :)

      August 23, 2013 at 7:00 am

  107. eygman malkhi

    haloo mas saya eygman. saya barusan aja keterima di total tp lewat jalur otp lulusan sma. mau nanya soal prospeknya kerja dsana serta gajinya mas. kalau bonus dan tunjangan juga disediakan sm total ya mas? thanks before :)

    August 21, 2013 at 12:29 pm

    • Mas Agil

      Jika dibandingkan pekerja kantoran di Jakarta, penghasilan di oil and gas pasti lebih tinggi bro. Kalau di Total prospek kerjany kurang tau (saya aja masih training) tapi kalau tanya2 di Total yang bagus itu adalah human developmentnya. Jadi kita akan ditraining2 sehingga punya keahlian dan skill. Nah sertifikat dari training ini bisa dimanfaatkan kalau kamu mau pindah perusahaan dan pasti laris manis (karena kita ud punya skill). Bonus dan tunjangan ane kurang tau gan hahaha

      August 23, 2013 at 7:02 am

  108. risang

    Slmt siang mas. Sy mau tnya ttg dunia teknik elektro dan oil&gas. Maaf sblmny kalo misal prtanyaan sy sdh prnah ditanyakan di comment postingan ini krn sy buka dr hp dan blm bc smpai tuntas smua comment.
    bgini mas, sy tek elektro arus kuat smstr5. Sy sngat tertarik di migas dan pembangkitan, tp jjur lbh trtarik ke migas.
    1. Mohon dijelaskan tugas seorang electrical eng. di migas khususnya oil rig. Setahu sy hnya di wireline logging.
    2. Sy sdg cari bahan KP (dan kalo bisa skalian gbran ut bhn TA) yg mungkin berguna sbg bekal ut mendaftar di service compny/oil company. Kira2 ttg apa ya mas? apakah ttg instalasi/kabel suatu pabrik / mesin listrik / apa?
    3. bekal pengetahuan spesifik apa yg hrs sy tingkatkan dlm hal arus kuat mgkn ut bekal ke oil&gas (dan atau ke bidang pembangkitan).
    trmksh.

    August 21, 2013 at 3:13 pm

    • Mas Agil

      1. Ya kalau di Service Company yang berhubungan dengan electro paling ya Open Hole Logging. Atau ga paling jadi electrician RIG yang ngurusin pembangkitan sama jaringan listrik di RIG
      2. Wah ane belum bisa bantu bro hahaha, soalnya ane bukan di bagian listrik jadi gatau ada masalah apa yang critical
      3. Sebaiknya ente belajar pembangkitan sama jaringan dan sistem bro.

      Semoga membantu

      August 23, 2013 at 7:05 am

      • risang

        Lho masnya bukannya jg lulusan elektro arus kuat jg? tp kok bs bukan ngurus ttg kelistrikannya?
        kalo yg ngurusin dibagian pembangkitan/mesin2 listrikny gt onshore/offshore, trus mslh gaji gmn bro?
        trus, kalo krja ky di halliburton/schlmbrgr gt tek elektro arus kuat ky sy gini jd apanya ya?

        August 23, 2013 at 1:53 pm

      • Mas Agil

        coba diliat tulisannya mas risang. Aku di bagian Well Intervention …..

        Gaji standar S1 NP10 udah dua digit juta. minimal 15 juta lah kira2.

        Kalau di halliburton/Schlumberger paling ente jadi wireline engineer. Tp tergantung lg buka lowongan apa. Bisa aja masuk ke bagian service yg lain kaya coil tubing/completion/etc

        August 24, 2013 at 5:43 pm

  109. putri

    boleh tanya , prospek cewe untuk masuk ke dunia perminyakan bagaimana ?
    dan pekerjaan untuk cewe seperti apa ?
    saya tertarik dengan geologi :D . oh , iya :) apakah harus kuliah dulu untuk kerja didunia perminyakan ?
    apakah siswa smk tidak bisa langsung kerja ?
    terimakasih

    August 22, 2013 at 1:54 pm

    • Mas Agil

      So far ada, tapi ga banyak cewe yang berkutat di dunia perminyakan Put karena memang pekerjaannya berat. Tapi kalau kamu cewe kuat ya bisa2 aja masuk ke dunia perminyakan.

      Wah mantappp!!!! ayo2 masuk teknik geologi :)

      Apakah harus kuliah dulu? ga juga Put. Tergantung dari jabatannya apa. Kalau cuma sekedar operator, biasanya direkrut dari STM/SMA/SMK juga bisa. Tapi kalau bagian engineering ya yang diterima minimal D3 bahkan ada yang standarnya minimal S1.

      Siswi SMK tentu bisa langsung kerja, tapi tentu jabatan di perusahaannya ga setinggi dari S1. Jadi lebih baik kamu lanjut kuliah dulu biar bisa ngelamar ke posisi yang lebih tinggi :).

      Thanks

      August 23, 2013 at 7:11 am

      • aris

        Tambahan mas, setahu saya anak smk kalau mau masuk OnG BIASANYA direkrut dari SMK sekitar lokasi perusahaan, jadi ga open untuk seluruh lulusan SMK di indonesia.

        masalah cewe dunia perminyakan, khususnya geologi/geoscience. ga jadi masalah, kalo suka naik turun gunung keluar masuk hutan, ya bagian eksplorasi, kalo ga suka, kan ada bagian pemodelan reservoir :)

        August 26, 2013 at 1:19 am

      • Mas Agil

        Yoi bener banget, kaya di Balikpapan biasanya ngerekrut langsung dr STM/SMK lokal krn ud termasuk bagian tanggung jawab si perusahaan buat ngebuka lapangan kerja buat masyarakat sekitar

        August 26, 2013 at 5:30 am

      • putri

        kalau bagian geologi pekerjaan untuk cewek seperti apa ?
        hehe, saya sedang galau milih teknik geologi atau teknik perminyakan ? :(
        menurut kaka lebih mudah mana untuk cewe ?
        di geologi atau di bagian perminyakan ? :)
        terima kasih atas sarannya :)

        August 27, 2013 at 1:14 pm

      • Mas Agil

        Lebih mudah mana? Ga ada yg lbh mudah. Semua pny kerumitan masing2. Tergantung minat kamu kemana mbak putri. Coba cek jangansalahjurusan.wordpress.com buat ngebandingin antar jurusan deh :D.

        Tp klo minta saran dr aku. Baiknya kamu masuk teknik perminyakan aja :)

        August 28, 2013 at 6:14 am

  110. Mas Agil, klo lulusan teknik kimia bisa bekerja di bagian selain process facilites ?
    klo bisa, nanti akan bkerja dibagian mana, Mas ?
    Klo Mas Agil tau, gaji dari seorang process facilities itu minimal brp, Mas ?

    August 22, 2013 at 9:47 pm

    • Mas Agil

      Bisa2 aja bro, tergantung yang ada lowongan kerjanya di bagian apa dan syaratnya teknik kimia boleh daftar. Ane gatau deh kerja di bagian mana, tergantung lagi rekruitmen di bidang apa.

      Gaji process facilities klo di Oil and Gas udah dua dijit juta bro

      August 23, 2013 at 7:12 am

  111. rohman

    waw keren mas blognya. . . saya sangat menikmati membacanya. .jurusan elektro yang konsentrasi apa yang biasanya dibutuhkan di perminyakan ? trimakasih. :)

    August 24, 2013 at 10:04 am

    • Mas Agil

      Terima kasih mas rohman, semoga bermanfaat :). Ambil arus kuat aja trus lebih ke sistem ;)

      August 24, 2013 at 5:44 pm

  112. maaf kak mau tanya,kalau dari SMA jurusan IPS tu bisa tak masuk perminyakan

    August 24, 2013 at 10:35 am

    • Mas Agil

      Sebenernya bisa2 aja kalau kamu bisa mengejar ketertinggalan mata pelajaran IPA selama 3 tahun (soalny km 3 tahun di IPS kan). Tapi realitanya sih susah banget. Soalnya pelajaran IPA itu bukan pelajaran gampang. Kamu harus belajar keras mbak nurul :D

      August 24, 2013 at 5:45 pm

  113. Yohanes Setyadi

    Mas Agil, saya mau nanya. Saya tertarik masuk teknik kimia ITB, tapi akhir-akhir ini saya jadi tertarik juga untuk masuk teknik perminyakan ITB. Pertanyaan saya, jurusan apa yang sebaiknya saya ambil? Nilai matematika, fisika, dan kimia saya juga bagus bahkan beberapa guru saya mengatakan kalau nilai saya untuk MaFiKi sendiri diatas rata-rata (bukan bermaksud sombong), saya juga memang sangat menggemari ketiga pelajaran tersebut.

    Terima Kasih mas

    August 24, 2013 at 2:10 pm

    • Mas Agil

      Mantep Mas Yohanes, Kalau aku liat kamu orangnya percaya diri dengan kemampuan kamu. Aku doain semoga masuk ITB yaa :).

      Untuk masalah jurusan sebenarnya dua2nya jurusan favorit. Tergantung sekarang kamu minatnya kemana? Kalau jurusan perminyakan ya terbatas di dunia oil and gas aja. Kalau teknik kimia mbisa masuk kemana2. Oil and Gas bisa, industri kimia bisa, dll (lapangan kerjanya lebih luas :D ). Yang penting jangan ngikutin kata orang, pilih sesuai minat kamu yaaa :D.

      Selamat berjuang!

      August 24, 2013 at 5:49 pm

  114. rohman

    kalo arus lemah. .gmna mas . .? :D

    August 25, 2013 at 6:19 am

    • Mas Agil

      Arus lemah itu lebih main ke industrik telekomunikasi sama elektronika mas rohman :)

      August 25, 2013 at 1:13 pm

  115. Berri

    mas Agil mau nnya nih perbedaan teknik pertambangan ama teknik perminyakan dimana?
    ama masa depan mnrut mas bgus d mna?
    ortu nyarannya ke pertambangan aja
    tpi abis bca artikel mas Agil jdi ad ketertarikan ke perminyakan
    ak jurusan IPA mta pljran yang ak sukai mtk fisika tapi kimia ak krang suka
    ak orang kerinci/jambi mas, jadi kyaknya sulit kuliah di ITB soalnya jauh mas
    sebaiknya gmna y mas, soalnya skrang dah klas XII >.<?

    August 25, 2013 at 1:32 pm

    • Mas Agil

      Teknik pertambangan ya belajar mengeksplorasi barang2 tambang seperti logam (nikel, mas, perak, permata, dll), batu bara, kapur, garam, dll.

      Teknik perminyakan belajar mengekplorasi minyak dan gas. Jadi bener2 beda dunia.

      Kalau masa depan dua2nya prospeknya bagus dengan penghasilan yang besar. Tapi based on my experience. Pertambangan itu dunianya lebih keras, lingkungannya kotor, dan ga sehat buat badan. Pokonya lebih nyaman di dunia oil and gas mas Berri. Wah kimia kurang suka ya? ya sekedar dipelajari aja buat ngelewatin ujian sama SNMPTN mas Berri. Wah kalau kamu yakin sama kemampuan kamu, kuliah aja di ITB! nekat aja!!! banyak beasiswa kok disini kamu ga usah khawatir. Jauh bukan masalah, toh kamu kan sekarang udah 18 tahunan kan? ini saatnya kamu belajar mandiri hehe :)

      August 25, 2013 at 1:40 pm

    • aris

      ijin komen ya mas agil, mumpung lagi online, udah mulai kuliah nih :)
      ralat nih mas, Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan Scopenya bukan di EKSPLORASI(Urusan geologi dan geofisika. kecapean kali masnya hehehehe, kan udah dijelaskan diatas), Teknik Pertambangan dan Teknik Perminyakan lebih ke EKSPLOITASi(Bagaimana cara mengambil)

      August 26, 2013 at 1:24 am

      • Mas Agil

        Thanks mas aris ralatnya hahaha. Yang bener Eksploitasi, bukan eksplorasi. Maafkan hambamu ini hahaha

        August 26, 2013 at 5:32 am

      • Aris

        gapapa mas. nice blog, makin rame aja nih blognya. hehehehe

        August 27, 2013 at 12:01 am

  116. Berri

    aw nekat aj y mas,hahaha:D
    abis bca komen mas Agil jdi tmbah yakin nih mas
    kalau boleh nnya mas ITB nrima mahasiswanya brpaan y mas d teknik perminyakan?ama yg ngdaftar jlur SNMPTN brpaan thun lalu?
    ama apakah smua llusan ITB mmpunyai masa depan yang cerah?apakah ITB mmpunyai klbhan yg lbih?

    August 25, 2013 at 2:05 pm

  117. senja hira

    mas dimana saja tempat unyuk mencari kerja di bidang perminyakan ? dan jurusan ips selain ekonomi migas bisa mengambil apa.aja aerta kisaran gajinya berapaan hhe mksih

    August 25, 2013 at 9:25 pm

  118. andreas h

    maaf mas, saya mau nanya bagaimana kalo saya kurang tertarik dengan fisika, kalo kimia sedikit sedikit kalo matematika yaa lumayan lah dan saya ingin masuk teknik perminyakan. kira-kira bagaimana saran mas sendiri?

    August 27, 2013 at 6:05 am

    • Mas Agil

      Duh udh saya bilang klo teknik perminyakan itu berkutat sama yang namanya fisika, sama matematika…. klo km ga shanggup tapi ttp mau masuk teknik perminyakan ya hrs di shangguphin. Klo emg gbs ya jgn dipaksakan mas andreas ;)

      August 28, 2013 at 6:12 am

  119. nay

    mas agil, untuk lulusan teknik industri bisa masuk oil dan gas? bisa bagian apa teknik industri mas?
    oh ya untuk teknik industri lebih banyak manajemen industrinya ya mas daripada hitungannya?

    trim”s

    August 27, 2013 at 1:47 pm

    • nay

      mas agil, untuk lulusan teknik industri bisa masuk oil dan gas? bisa bagian apa teknik industri mas?
      oh ya untuk teknik industri lebih banyak manajemen industrinya ya mas daripada hitungannya?

      August 27, 2013 at 8:12 pm

      • nay

        mas agil, untuk lulusan teknik industri bisa masuk oil dan gas? bisa bagian apa teknik industri mas?
        oh ya untuk teknik industri lebih banyak manajemen industrinya ya mas daripada hitungannya?

        August 27, 2013 at 8:14 pm

      • Mas Agil

        Bisa masuk procurement. Yup untuk teknik industri tetep ad itung2annya tapi ga serumit teknik yg lain yg ada persamaan integral berlipat2, atau persamaan differensial orde sekian2. Itung2annya sederhana, lbh main ke logic gmn bikin suatu sistem itu lebih efisien dan produktif

        August 28, 2013 at 6:16 am

  120. nita

    Untuk posisi cementing apakah jdi favorit juga, gajinya kisaran berapa mas

    August 28, 2013 at 5:48 am

    • Mas Agil

      Cementing itu udh keahlian khusus. Gaji klo di oil n gas udh g ush ditanya mbak nita. Klo dikasi tau nanti kamu pingsan…. :))

      August 28, 2013 at 6:17 am

  121. oilboy

    mas, saya numpang nanya .. Kalo jurusan geologist sama directional driller pengalaman 10 tahun kira2 gajinya gede mana ya mas (rata2).. trims

    August 28, 2013 at 5:41 pm

    • Mas Agil

      DUh gatau ya, tapi denger2 sih geologi itu keahliannya langka dan bayarannya gede bangetttt klo ud jd ahli

      September 2, 2013 at 1:28 pm

  122. Fariz Gania

    Mas Agil, saya sudah kuliah di sipil unpar tetapi ingin mengulang di itb tahun depan alasannya karena saya sangat minat itb tapi sayang tahun ini saya gagal. Berencana mengambil FTTM atau FITB. Dan faktanya saya buta warna parsial. Setau saya pun FTTM dan FITB tidak akan meloloskan yg buta wana. Tapi apakah ketika sudah di dunia kerja buta warna parsial itu fatal pengaruhnya? Terimakasih

    August 31, 2013 at 10:18 am

    • Mas Agil

      Hmmm aku gtw deh klo di FTTM buta warna itu berpengaruh atau engga. Kalau di elektro sih yang jelas ga bisa mas Fariz. Coba cari informasi ke anak minyak yang kamu kenal deh hehe. SUkses yaaa :D

      September 2, 2013 at 1:29 pm

    • Aris

      bermasalah di pemodelan reservoir, karena pemodelan atau simulasinya kan pake software, dan untuk membedakan area pake warna gitu. FYI temen saya ada yang buta warna parsial masuk Teknik Perminyakan Trisakti. tanya mas agil deh, masuk perusahaan di tes buta warna ga, KHAWATIRNYA sih, hasil tes buta warna untuk amsuk univ bisa aja dikelabui, tapi kalo untuk kerja? kan sayang kalo udah kuliah 4-5tahun, eh ga dapet2 kerjaan gara2 hal ini doang

      September 5, 2013 at 8:57 pm

      • Mas Agil

        Waktu aku seleksi tes masuk sih ada tes buta warna waktu medical Check Up. Kayanya pengaruh deh gan… :(

        September 10, 2013 at 7:17 pm

  123. Fariz Gania

    Maaf terlewat, yg dimaksud dunia kerja oil and gas mas hehe

    August 31, 2013 at 10:35 am

  124. mrs chem-eng

    saya baru lulus dr teknik kimia (bukan almamater gajah duduk) ,sekarang jadi jobseeker. menurut mas,

    1.) skill utama apa yg harus di upgrade buat nyemplung di bidang OG? bahasa kah atau sertifikasi kah (yg bisa ditempuh +- 1 bulan) ??

    kalo ….english saya cukup mending, toefl>520, walo g fluent bgt (tapi kalo liat ank2 almamater lain interview in english kayaknya keder juga) , mau ikut sertifikasi kayak K3 dll lihat harga2nya kok mahal banget…

    galau mau ngapain padahal bentar lg bulan oktober pas rame2nya jobfair

    terlebih pertimbangan maraknya kasus di industri OG dan kontrak beberapa OG yang “katanya” sebentar lagi habis…

    agak ragu juga kalau cuma nungguin vacancy nya OG…

    2.) kalau misal saya jadi HSE pabrik pupuk (ada proses gas dan liquid nya ( raw material LNG), trus loncat jadi HSE di OG bisa g ya mas? kan sama2 HSE tuh..

    maaf curhat, mohon sarannya mas..

    September 1, 2013 at 2:06 pm

    • Mas Agil

      1. Cari aja yang program Fresh Graduate, banyak kok. Jd ga perlu sertifikasi, biasanya program Fresh Graduate itu kita bakalan dikasi training sama si perusahaan. Bahasa Inggris Toefl > 500 udah cukup kok mbak.

      2. Hmmm kayanya bisa2 aja sih mbak. Biasanya kalau kita daftar yang program experience, itu ada masa percobaannya dulu. Nah kalau kita di masa percobaannya melewati kualifikasi yang direquire sama perusahaan bisa diangkat jadi karyawan tetap. Kalau ga sesuai requirement ya ditendang hahaha

      Btw welcome to the real world. Wish you all the best ya :). Semoga mendapatkan pekerjaan yang terbaik, hehe

      September 2, 2013 at 1:32 pm

  125. mas agil, mau nanya jurusan yang paling dibutuhkan oleh perusahaan minyak itu jurusan apa aja? makasih

    September 1, 2013 at 6:20 pm

    • Mas Agil

      1. Teknik Perminyakan
      2. Teknik Kimia
      3. Teknik Mesin

      September 2, 2013 at 1:33 pm

  126. rey

    ikutan comment juga.. :3 FYI, tahun 2012 kuota yg bisa di terima di TM (teknik perminyakan) ITB berjumlah 103 (tahun sebelumnya sekitar 80an) karena kuota FTTM juga naik. lalu saya tanya temen2 saya, untuk masuk TM di itb itu berat banget, karena setahu saya, yg bisa masuk minimal IPK 3,47 (untuk Teknik Kimia ITB setahu saya 3,42). jadi kl bener2 mau masuk teknik perminyakan, kudu niat kuliah. lalu di pertanyaan2 diatas ada yg tanya, “jurusan apa saja yang bisa masuk di dunia kerja bidang perminyakan?”
    jawabannya: sangat luas. hampir semuanya bisa… khususnya jurusan2 yg ada di FITB dan FTTM (yang berhubungan dengan exploitasi minyak), lalu “apa jurusan tambang bisa masuk di dunia kerja bidang perminyakan?”, jawaban: setahu saya, dulu bisa. tapi sekarang sudah tidak lagi karena untuk kerja di perminyakan sendiri sudah harus ada keahlian khusus dari TM. lalu untuk TM sndiri, kuatin aja imannya :v (eh salah, bercanda), maksud saya itu kuatin mat fis kim nya. karena sangat kepake banget…

    lalu ada pula yg diatas tanya: “dengan nilai rapor bla bla bla apa bisa masuk TM?”
    jawaban: kl di swasta ntahlah, kalau di univ negeri (ITB), kalau ga bisa masuk lewat jalur undangan, masih bisa lewat jalur tulis :3

    sekian maaf kalo ngalor ngidul tapi saya hny ingin memberi info aja (saya bukan anak TM yg jelas :v)

    September 1, 2013 at 6:25 pm

    • Mas Agil

      Mantap, makasi komennya mas Rayy

      September 2, 2013 at 1:33 pm

    • Aris

      intruksi bang, TM 2012 berjumlah 102 orang :D

      September 5, 2013 at 9:00 pm

      • Mas Agil

        Thanks for the info mas Aris :D

        September 10, 2013 at 7:18 pm

    • aris

      Ralat mas bro, TM 2012 berjumlah 102

      November 24, 2013 at 7:20 am

  127. radi

    assalam..,
    mas mau ikutan nanya dong.., kalo kyk manusia seperti saya yang cuma lulusan STM & udah berumur 28 tahunan. kira kira skill apa yang baiknya /perlu untuk saya dapati agar bisa di terima di O&G. insya allah saya fast learner & waktu SD & SMP pernah ikut olimpiade matematika.
    mohon pencerahannya,

    wassalam.

    September 2, 2013 at 1:10 pm

    • Mas Agil

      Cari-cari aja lowongan kerja di situs pencari kerja http://www.jobstreet.co.id

      masukin requirement mas Radi. Tingkat pendidikan, skillnya apa, trus mau cari perusahaan apa, posisi apa, gaji berapa. Nanti dia ngirimin email tiap hari berisikan lowongan kerja yang tersedia sesuai dengan requirement yg kita masukan. insyaAllah kalau rejeki bisa dapet lowonga kerjanya hehe.

      September 2, 2013 at 1:35 pm

  128. Fariz Gania

    Oke mas. Satu pertanyaan saya belum terjawab nih. Kalo di perusahaan O&G mas agil sendiri, buta warna fatal pengaruhnya? (Apapun bidangnya)

    September 2, 2013 at 2:37 pm

  129. Mas saya mau bertanya, kalau geofisika sendiri bnyak gk yg d pke d pminyakan? ( bukn T. Geofisika)

    makasi. :)

    September 2, 2013 at 6:25 pm

    • Mas Agil

      Klo di perusahaan oil and gasnya sih jarang. Tp di perusahaan survey seismic buat field apapun pasti banyak

      September 2, 2013 at 6:28 pm

  130. Assalamu alaikum :)
    Mas Agil I wanna ask you about something
    Mas saya sekaran kelas X jurusan “Rekayasa Perangkat Lunak” Disalah satu SMK NEGERI DI BATAM
    Sebenarnya saya ingin melanjutkan ke teknik perminyakan karna saya yakin dengan kemampuan yang saya miliki terutama dibidang MTK,English,Fisika.Tetapi ada sebuah kendala mas yaitu ekonomi keluarga” teknik perminyakan terkenal dengan gaji yang besar sudah pasti modal sekolah nya juga besar. Mas kira2 berapa ya Uang masuk perminyakan perbulan atau persemester nya ?
    Dan kalau saya tidak sanggup ekonominya kalau saya melanjutkan ke teknik jaringan atau programmer atau yang lain berhubungan dengan IT apakah saya bisa bkerja di perminyakan juga? kalau bisa di bagian apa dan berapa gajinya untuk freshgraduate ?

    September 6, 2013 at 8:51 pm

    • Mas Agil

      Kalau kamu masuk ke universitas negeri ga perlu takut. Banyak banget program beasiswa di universitas2. Asal kamu berprestasi dan rajin mencari informasi. Buat membantu coba follow @beasiswaindo di twitter. It provides many scholarship information :)

      Kalau masuk IT bs2 aj masuk perusahaan minyak tapi lowongannya ga banyak karena bukan basis bisnisnya. Nasib2an aja klo pas buka, kamu lamar, eh keterima, begitulah kira2 gan..

      September 10, 2013 at 7:20 pm

    • Aris

      kalo masuk ITB ga usah takut ga bisa kuliah gara-gara duit, saya aja baru setahun di ITB merasakan banyak bgt beasiswany,
      pilihan masuk itb ada 3
      1. kurang mampu tapi pinter bgt
      2. biasa aja tapi pinter
      3. kaya raya dan pinter
      hehehe

      September 13, 2013 at 12:07 am

  131. Mas agil, blonya keren.
    Gini mas, saya siswa Kelas XII IPA, saya pengen banget masuk ke teknik perminyakan ini. Untuk materi kuliahya, apakah kita memperlajari tentang dari flowchart yang mas buat di atas tersebut?.
    Klu kita kerja di PERTAMINA, keluaran teknik perminyakan ini, dia sebagai apa biasanya??
    Mohon Pencerahan. :) Dari Kota Gunungsitoli

    September 7, 2013 at 9:29 pm

    • Mas Agil

      Thanks for reading it hehe :).

      Untuk materi kuliahnya itu lebih banyak dan detil gan. Flowchart yang aku gambar itu gambaran umumnya, jadi nanti dibreakdown lagi menjadi beberapa mata kuliah hehe.

      Kalau kerja di Pertamina tergantung kamu ngelamar di bagian apa gan. Masuk aja teknik perminyakan dulu, lalu pilih Kelompok Keahlian (KK) yang sesuai dengan keinginan kamu, entah itu di bagian reservoir, drilling, production, etc. Nanti pas lamar ya lamar di bidang itu. Tapi namanya nasib, kadang2 kita mendapatkan pekerjaan yang ga sesuai dengan keahlian yang kita ambil dan kita harus siap buat menghadapi itu :)

      September 10, 2013 at 7:23 pm

  132. vt

    hallo mas atau kak. saya mau nnya nih saya dari jurusan d3 teknik elektro menurut kakak bagaimana prospeek kerja buat cewek jurusan teknik elektro. apakah banyak peluang untuk saya bisa bekerja apabila saya telah tamat?

    September 9, 2013 at 7:00 am

  133. vt

    hallo mas atau kak. saya dari jurusan d3 teknik elektro. saya mau nanya tentang prospek kerja cewek dr jurusan elektro. apakah besar kemungkinan saya bisa bekerja apabila saya telah tamat kuliah ny?

    September 9, 2013 at 7:02 am

    • Mas Agil

      Besar kok, masuk PLN aja :)

      September 10, 2013 at 7:24 pm

  134. Muh. Fadhilla

    Wah, menarik juga kuliah n kerja di perminyakan

    September 10, 2013 at 3:28 pm

    • Mas Agil

      Semua jurusan itu menarik gan :). Yang penting sesuai dengan minat kita biar kita enjoy dan maksimal di bidang yang bersangkutan ;)

      September 10, 2013 at 7:24 pm

  135. Rendy Trijankam Julbragi

    Bagusan mana teknik pertambangan atau teknik perminyakan tlg jlaskan alasannya,,,
    Cz nya ragu nih…
    Yg detiel jlasnya ya…. :)

    September 11, 2013 at 4:14 pm

    • Mas Agil

      Ga ad bagusan mana gan. Dua2nya bagus, skrg tergantung masalah minat ente aja. Coba cek jangansalahjurusan.wordpress.com buat tau penjelasan masing2 jurusan scr ringkas biar ada gambaran :D

      September 11, 2013 at 4:16 pm

    • aris

      Teknik pertambangan bagus di bidang tambang batubara, emas, tembaga, dll
      TEknik Perminyakan Bagus di bidang Perminyakan
      tergantung minat ente mau kerja di bidang apa? bidang pertambangan atau perminyakan. kalau mau fleksibel bisa dua-duanya, ambil aja teknik geologi

      November 24, 2013 at 7:23 am

      • pq

        alumni pertambangan juga ada ah yg kerja di migas. Malahan saat semester atas kita bisa milih mendalami migas/batubara/mineral. Walaupun milih mendalami migas waktu kuliah, tetap bisa kerja di perusahaan batu bara/mineral, begitu juga sebaliknya. Banyak alumni gw kyak gitu, hehe. Dan geologi, menurut gw lebih ke eksplorasi kali ya.

        February 1, 2014 at 9:16 pm

      • Mas Agil

        Ya yang namanya rejeki mah dapet aja gan. Temen ane aja ada yang dari Teknik Penerbangan

        Tapi ane sih ga recommended, karena disini ane menghimbau supaya orang2 memilih jurusan sesuai minat, dan pekerjaan sesuai dengan profesi supaya lebih fokus dan lebih kompeten di bidangnya nanti.

        February 8, 2014 at 7:29 pm

  136. claresy septiani

    Maf mas agil mau tanya boleh ?

    September 15, 2013 at 6:38 am

    • Mas Agil

      Ga boleh… *trus hening…

      Becanda2, monggo sok pertanyaannya

      September 15, 2013 at 8:28 am

  137. redita

    Blognya aktif deh yg balas mas agil juga aktif,, saya mau tanya, sebelumnya saya kuliah di trisakti yang manajemen transportasi,tetapi llusan kami mnjadi sarjana ekonomi,, saya berkeinginan krja d oil,apakah masi ada kesempatan untuk saya ? Saya sempat psimis,karna jika saya mencoba pasti akan kalah saing dengan yang murni jurusan di bidang perminyakan,, jadi apa yg haris saya lakukan ? Apakah sy bs bkrja d dunia oil .dengan ,major saya yg sekarang ini.. kbetulan saya mahsiswa semester 7 dan sbntar lagi saya usai kuliah … terimakasi,, ttd,redita

    September 16, 2013 at 7:21 am

    • Mas Agil

      Alhamdulillah banyak waktu luang nih. Lagi training 1 bulan jd nyantai2 haha.

      Kalau kesempatan dan peluang tentu masih ada, tapi terbatas. Kalau kamu mau masuk dunia oil and gas ga harus di bagian operasinya dan teknikalnya (jelas kalah sama anak teknik), mending masuk ke bagian manajemen di officenya kaya HR, Finance, dll. Coba kamu pantau terus lowongan kerja yang di bagian tersebut. Daftar aja di jobstreet.co.id buat masukin parameter2 yang sesuai dengan keinginan kamu, oke2?? :)

      September 17, 2013 at 7:16 am

  138. rahmat

    Mas Agil mau nanya nih, teknik perminyakan trisakti gimana? recommended nggak. Takut gagal di ITB soal nya. Mohon pencerahan nya mas :)

    September 17, 2013 at 11:26 pm

    • Mas Agil

      Teknik Perminyakan Trisakti oke tapi bayarnya mahalll

      September 18, 2013 at 5:34 am

      • rahmat

        oke, makasih mas .Bisa jadi bahan pertimbangan :)

        September 18, 2013 at 12:28 pm

      • fitri

        mas kalo teknik kimia dan teknik permiyakan enakan mana? dan peluang kerja lebih banyak yang mana? tolong d jawab ya mas makasih. :)

        September 22, 2013 at 6:47 pm

      • Mas Agil

        Dua-duanya sama2 enak kok mbak fitri, sama2 susah wkwkwk. Kalau peluang kerja lebih luas teknik kimia. Karena bisa masuk industri obat2an, pupuk, bahan kimia,oil and gas, refinery, dll. Kalo teknik perminyakan terbatas di dunia oil and gas aja mbak fitri :)

        September 23, 2013 at 8:06 pm

  139. Halo Mas, Terima kasih buat postingannya yang oke banget. Saya mau nanya, kalau di perusahaan mas Agil memungkinkan ga menerima orang yang punya ‘kelebihan’. Maaf hanya punya satu tangan, misalkan. Tentunya, dia punya kualitas yang sama dengan orang normal dari segi keilmuan.

    September 19, 2013 at 8:57 pm

    • Mas Agil

      Terima kasih Yanti :).

      Untuk kasus seperti itu aku blm menemukan sih. FYI, good newsnya standar safety di perusahaan minyak itu selalu berkembang dan makin tinggi. Jd kasus2 kecelakaan bisa ditekan sekecil mungkin (meskipun ttp masi ad bbrp kasus). Tp klo misalkan kejadian dan mengakibatkan ‘kelebihan’ ke org tertentu. Biasanya dinilai dulu, perusahaan bisa memberdayakan dia dimana. Yang jelas tidak mungkin memberdayakan org tersebut di pekerjaan fisik yg memerlukan dua tangan. Jika dirasa masih cukup ekonomis utk org tersebut, mk ia bs dipindahkan ke bagian lain yg dia ttp bs berkontribusi disana. Tp klo misalkan memang tdk bisa, biasanya dipensiunkan dini saja dikasi pesangon. Kira2 begitu mbak

      September 20, 2013 at 8:35 am

  140. kila

    mas,saya boleh minta alamat emailnya ga?
    mau nanya banyak nih,saya skrg lagi belajar di FTTM ITB,bingung mau milih jurusan apa tahun depan.

    September 20, 2013 at 6:26 am

    • Mas Agil

      Boleh2, email aja ke dimas.agil90@outlook.com

      September 20, 2013 at 8:36 am

    • Aris

      Ikuti kuliahnya, pas pelajaran PTSB perhatikan, dan carilah dimana passion kamu sebenarnya

      September 22, 2013 at 6:41 pm

  141. yanto wijaya

    Mas agil,saya mau tanya,
    1)Kalau teknik geologi itu kerja nya masuk hutan atau pedalaman ya ?
    2)Jurusan teknik apa yang pas kuliah dan pas kerja nya paling tangan bersih ?

    September 21, 2013 at 9:32 am

  142. yanto wijaya

    Mas agil,nanya
    1)Teknik geologi itu nantinya kerjanya masuk pedalaman atau hutan ya ?
    2)Jurusan teknik apa yang pas kuliah dan kerja nya paling bersih tangan ?
    3)Teknik sipil itu kalau mau jadi perancang bangunan ,S1 bisa gak ?

    September 21, 2013 at 9:41 am

    • Mas Agil

      1. Teknik geologi harus siap di semua medan gan, selama itu masih di darat, ente harus siap survey dimana aja
      2. Semua teknik kerjanya akan bersih tangan asal kerjanya di office. Orang lapangan yang kerjanya aga2 berat dan kotor, serta main otot
      3. Teknik sipil merancang struktur bangunan, jembatan, gedung, supaya ga gampang roboh gan. Kalau mau desain bentuk bangunan yang lebih berperan itu teknik arsitektur. Kalau sipil ngukur kekuatan fondasi, nentuin jenis material, dll

      September 23, 2013 at 8:01 pm

  143. hakim

    kalo di upn gmn mas biayanya ? trus apa dari geologi kira2 jadi apa ya ?

    September 21, 2013 at 7:25 pm

    • Mas Agil

      UPN masih affordable lah. Banyak beasiswa juga kok mas hakimmm. Kalo orang geologi bisa masuk ke konsultan, kerjaannya survey2 lokasi ke lapangan gann

      September 23, 2013 at 8:02 pm

  144. ipul

    misi mas agil saya mau tanya kalo teknik lingkungan kira2 prospek kerjanya gmn yaa? apabisa kerja di PT oil dan gas ??

    September 23, 2013 at 4:59 pm

    • fitri

      oh begitu ya mas. saya juga kepingin banget masuk teknik kimia tapi saya merasa minder dan putus asa melihat kemampuan saya. hehe
      kalo boleh tau rata rata nilai untuk masuk teknik kimia hrus berapa ya mas tau ga?

      September 24, 2013 at 2:16 pm

      • Mas Agil

        Saya ga tau deh nilai rata2nya mbak fitri hahhaa. kayanya harus > 8

        October 6, 2013 at 2:06 pm

  145. romy destianto

    Mas agil, kl lulusan geofisika mipa seperti yg ada d ugm bisa krja d oil company ga ? Khususnya untuk lpngan

    September 24, 2013 at 7:23 pm

    • Mas Agil

      Bisa2 aja dongg

      October 6, 2013 at 2:10 pm

  146. ipul

    base dasar perminyakan apa ? fisika ?

    September 25, 2013 at 5:07 pm

    • Mas Agil

      Fisika, Matematika, Kimia

      October 6, 2013 at 2:11 pm

  147. yanto wijaya

    Mas agil,makasih bantuan jawabannya…

    September 25, 2013 at 10:05 pm

    • Mas Agil

      sama2 mas yantoo :D

      October 6, 2013 at 2:13 pm

  148. dimas

    Mas agil,khan kalau teknik geologi,teknik perminyakan khan kerja nya kalau sesuai jurusannya kerjanya di pedalaman/hutan.Kalau teknik sipil,teknik elektro,teknik mesin itu kalau sesuai jurusannya kerja nya di kota ya ?

    September 29, 2013 at 6:52 pm

    • Mas Agil

      Tergantung dapet pekerjaannya di bagian apa mas dimas. Klo kebetulan km dapet kerjanya di lapangan ya kerjanya turun ke lapangan. Klo kerjanya cuma sebatas desain2, itung2, ya di perkantoran ajah gan.

      October 6, 2013 at 2:21 pm

  149. anita kurniati abadiyah

    semakin semngat kuliah teknik perminyakan, apalgi kalo masalh drilling.

    September 30, 2013 at 8:39 pm

    • Mas Agil

      mantapppp, semangat mbak nitaaaa :)

      October 6, 2013 at 2:21 pm

  150. assalamualaikum. numpang tanya mas..
    mas, saya udah masuk teknik pertambangan di unsri… tp kan di unsri jga ada pembagian opsi lagi d semester ke 3, termasuk opsi migas… bagaimana persaingan opsi migas unsri d dunia kerja, mas? mohon jawabannya mas. thanks..

    October 2, 2013 at 12:54 pm

    • Mas Agil

      Asal kamu belajar dengan baik, dan rajin mencari lowongan kerja insyaAllah bisa dapet. Belajar juga tips dan trik buat melewati tahap seleksi kerja mbak rori :)

      October 6, 2013 at 2:32 pm

  151. bang gie

    Petrolium ya….? salam teknik

    October 2, 2013 at 9:04 pm

  152. Earlyn

    thx alot..
    hehe makin semangat pengen cepet selesaiin petroleum engineering trus balik indo.

    October 3, 2013 at 7:22 pm

    • Mas Agil

      Mantap!!! ditunggu kontribusinya :)

      October 6, 2013 at 2:47 pm

  153. ami

    mas, teknik geologi itu peranan nya di oil and gas bsar ga mas? Bisa kerja sbagai apa aja? Masih galau nih.. Soalnya gtau prospek kerjanya gmn kalo ngambil teknik geo

    October 3, 2013 at 7:40 pm

    • Mas Agil

      besar banget saat tahap eksplorasi. Teknik geologi yang bisa tau dimana lokasi gas dan minyak itu berada mbak ami

      October 6, 2013 at 2:48 pm

      • okta fernando

        mas, kalau D3 teknik pertambangan bisa gak bekerja di perminyakan ??

        November 2, 2013 at 1:53 am

      • Mas Agil

        saya sih menyarankan kamu kerja di pertambangan aja sesuai dengan bidang kamu :D

        November 8, 2013 at 3:57 pm

  154. kak kalau buat cewe prospek di oil dan gas bagusnya di prodi apa? bingung nih mau pilih prodi tk.perminyakan, tk.kimia atau tk.geologi ITB. bagusnya yg mana kk? saran dong

    October 6, 2013 at 9:49 am

    • Mas Agil

      Kalau bisa masuk teknik perminyakan, pilih teknik perminyakan aja mbak Devi

      October 6, 2013 at 2:51 pm

      • andi

        Mantab ni mas agil…salam kenal. Saya bekerja di oil company asing, alumni UPN Minyak dan mahasiswa S2 ITB..Hidup minyak..

        October 9, 2013 at 9:56 pm

      • Mas Agil

        Salam kenal mas andi, mohon bimbingannya hehe. Saya masih newbie nih :D

        October 20, 2013 at 10:05 pm

      • rully

        ass.mas agil
        mas saya mau tanya,saya dari jurusan teknik pertambangan,dan sekarang saya lg penjurusan di eksplorasi tambang,kalau saya nnti mau msuk oil n gas company,sbagai mad enggineer/ drilling engginer bisa ga ya?

        October 17, 2013 at 3:38 am

      • Mas Agil

        Hmmm menurutku sih ga ush dipaksain gan. Teknik pertambangan itu udh punya lahan kerjanya sendiri….Tapi klo dibilang ga bisa ya bisa2 aja. Cari aja lowongannya :D

        October 20, 2013 at 10:22 pm

  155. Piero Ashady

    Mas Agil.. Kalo kita mau menuju teknik perminyakan, kita ngambil jurusan apa yang cocok di SMK? Mohon pencerahannya mas :)

    October 7, 2013 at 9:46 pm

    • Mas Agil

      Ambil mesin aja Mas Piero

      October 20, 2013 at 9:59 pm

  156. Piero Ashady

    FreshGrad aja gajinya udah 14Jt-an. Kalo yang udah lanjutnya, gajinya bisa berapa mas??

    Penasaran :D

    October 7, 2013 at 9:50 pm

    • Mas Agil

      Ga usah dipikirin hahaha, usaha dulu aja biar bisa join. Kamu pasti kaget deh :D

      October 20, 2013 at 9:59 pm

  157. ummu azhizah

    saya perempuan masih kelas 11 SMA. saya tertarik sekali untuk terjun didunia perminyakan. Kalo untuk perempuan peluangnya untuk masuk dunia perminyakan bisa enggak kak agil ? Lalu persiapan untuk kedepannya agar saya dapat masuk perminyakan strateginya bagaimana kak ? soalnya saya ingin masuk ke Chevron

    October 8, 2013 at 8:48 am

    • Mas Agil

      Bisa kok mbak ummu azhizah. Yg jelas kamu harus belajar keras buat melewati SNMPTN dulu buat masuk ke teknik perminyakan atau lewat jalur lainnya. Setelah kuliah, kamu HARUS Kerja Praktek di Chevron biar dapet link orang sana, terutama orang HR. Nah pas udh lulus kuliah, kamu kontak lg orang HR itu buat masalah penerimaan lowongan kerja, terus masukin deh berkas lamaran kamu :D. Karena kamu pernah KP disana, jadi org ssana udh tau kamu orgnya kaya gimana, jd kemungkinan diterimanya besarr ;)

      October 20, 2013 at 10:01 pm

  158. Blognya bagus :)

    mau tanya, 1. kalau teknik geofisika di migas kerjanya ngapain aja? apa seismic aja atau ada lagi?
    2. nah, kalau kerjaannya udah beres (udah ditemukan cadangan minyaknya) gimana?
    3. kalau gajinya kira2 berapa untuk teknik geofisika?
    4. kalau dari sisi kerjaan sama gajinya, di perusahaan migas ini lebih kepake teknik geologi atau geofisika?
    makasih :)

    October 8, 2013 at 9:09 pm

    • Mas Agil

      Thx for reading :)

      1. Setahuku baru seismic aja mbak devi, mungkin bisa dicek ke blog http://jangansalahjurusan.wordpress.com mengenai info masing2 jurusan.
      2. Ya jadi kamu cuma menyediakan jasa seismic aja. Klo udh ketemu ya selanjutnya terserah yang punya lahan mau ngapain (oil company). Klo job kamu selesai di satu field, nanti kamu job seismic lagi di lapangan lainnya.
      3. Kalo di oil and gas gede deh pokonya
      4. Teknik geologi bisa masuk ke Oil Company di bagian GSR (Geological Survey and Reservoir). Klo Geofisika paling cuma bisa di seismic service company aja

      October 20, 2013 at 10:04 pm

  159. Elisabet Ch

    Banyak nggak yah perempuan yang masuk ke jurusan tk.perminyakan??

    October 11, 2013 at 10:21 am

    • Mas Agil

      Banyak kok!!! ayo masuk!!! (tapi ttp relatif dikit dibandingkan jurusan yg lain). Tp biasanya yang masuk teknik perminyakan cewenya cantik2, uhuuuuyyy

      October 20, 2013 at 10:05 pm

  160. danang

    mas, saya fresh grdt dari jurusan administrasi niaga, kalau saya khursus di migas cepu untuk dapetin sertifikat K3 , kira2 saya masih bisa kerja di perminyakan nggak ya mas? terimakasih,,,

    October 11, 2013 at 5:26 pm

    • Mas Agil

      Bisa masuk ke bagian HSE (Human, Safety, and Environment). Tapi lowongan kerjanya terbatas, harus gigih dalam mencari lowongan kerja dan perlu sedikit keberuntungan :D

      October 20, 2013 at 10:06 pm

  161. William

    Mas Agil saya sudah membaca semua isi beserta comment” artikelnya nih, tapi masih belum yakin untuk masuk teknik perminyakan. Saya masih kelas 3 SMA dan masih belum banyak mengerti hal tentang perkuliahan. jika Mas Agil bersedia, boleh tolong menjawab beberapa pertanyaan yg saya ajukan ya :D

    Untuk teknik perminyakan itu peluang kerjanya bisa jadi apa saja ? kemudian gajinya berapa berapa aja mas ? apakah S1 sudah besar peluang kerja atau lebih baik lanjut S2 mas ?

    Jika saya ingin masuk ITB berapa standar nilai SMNPTNnya mas ?

    Kemampuan MAFIKI saya baik dan sbenarnya sebelumnya saya berminat kuliah dokter gigi, tp beberapa org menyarankan saya masuk teknik perminyakan karena peluang kerjanya besar, tolong sarannya mas. Terima kasih sekali atas jawabannya mas karena akan sangat membantu saya :)

    October 12, 2013 at 12:38 am

    • Mas Agil

      Teknik Perminyakan terbatas dan sempit. Lapangan kerjanya cuma di bagian Energy aja kaya Oil and Gas, atau Geothermal.
      Kalo secara general, profesinya :
      1. Driliing Engineering
      2. Reservoir Engineering
      3. Production
      4. Well Intervention
      5. Well Completion
      6. dll

      Kalau masalah gaji pokonya standarnya lebih tinggi daripada perusahaan lainnya. S1 udh peluang kerja kok, jangan salah. S2 setahuku malah sedikit lowongan kerjanya karena bayarannya mahal dan ga semua company mau membayar S2 untuk pekerjaan yg bs dilakukan S1. Plus minus sih

      Standar nilai SNMPTN saya ga tau, tp klo dijaman saya sih sekitar 60%

      Kalau masalah pemilihan jurusan, sebaiknya kamu tentukan sesuai dengan minat kamu ga usah dengerin kata orang. Dokter gigi itu juga bagus bangettt peluangnya, meskipun klo jd dokter pas awalnya harus banyak pengorbanan, tapi nanti kamu bisa menuai hasilnya klo kamu tekun :).

      Oil and Gas standar gajinya termasuk yg paling tinggi, tapi tergantung orientasi kamu apa? apakah uang? atau rasa ingin menolong sesama (dokter)? pokonya kamu harus tentukan keputusanmu sendiri, jangan terpengaruh orang lain :)

      Semangat!!!

      October 20, 2013 at 10:12 pm

  162. Abi_mechanics

    Wahhh Kereen abis Mas agil postingan’a… Trimakasih banyak Lho share”nya… sya mnikmati komentar” & TANGGAPAN mas Agil dr Awal…
    Sya mohon Tanya mas, sya yg kmrin mnjadi korban php SNMPTN, & terlempar SBMPTN, srta UM pd msing” PTN Favorit.

    Sya berniat u/ pindah,sya SALAH masuk PTS dmn andelan jurusan PTS itu adalah HUKUM & EKONOMI,, Tp sngat tdk teknik mesinnya.,
    & slma ini Lulusan Teknik Mesinnya sangat Sedikit sekali (bisa di itung jari) yg tersebar di prusahaan OIL/GAS/Konstruksi/Power
    Akreditasi PTS’a: A __ Akreditasi Jurusan(mesin): B.,.,
    Prodi teknik mesinnya ternyata prodi termuda baru dbanding jurusan lain di PTS tsb (lahir thn 1998/1999).
    fasilitas Lab teknik mesin’a & peralata’a sprti kurang lengkap, stelah liat teknik mesin’a UGM. Konsentrasi Hnya da MANUFAKTUR.

    saya BENER” ingin Pindah ke PTS Lain Yg Lulusan Teknik Mesinnya Mantep udh Banyak tersebar Perusahaan Besar OIL Gas, Konstruksi, or power…. (Ket: Mahasiswa Pindahan bkn masuk dr smester awal lg & sya udh tw prosedur’a).

    dr awal sya ingin MESIN konsentrasi KONVERSI ENERGI, & dr kls 1 di SMA IPA, sya emang udh brjiwa fisika & matematika &
    berharap stelah sukses kuliah bisa diterima prusahaan minyak/gas.

    tolong banget mas saringnya yg ini

    1. sat ni menjalani mahasiswa TEKNIK MESIN smester muda.. Konsentrasi apakah yg Cocok u/ berkecimpung Diunia Oil n Gas Company??
    2. PTS mana yg Teknik Mesinnya Bagus, yg telah terbukti lulusan” nya berkualitas & lulusan Teknik Mesinnya telah banyak diserap Perusahaan Oil dan Gas
    3. biasanya yg diperhitungkan/dicantumkan itu AKREDITASI JURUSAN atau AKREDITASI INSTITUSI(universitas) pd persyaratan prusahaan” tertentu??
    4. Sarannya Teknik Mesin Trisakti atau Gunadarma atau opsi lain (tp jgn atma jaya/atmi, krna da perbedaan internal)??
    5. di prusahaan mas bkerja ini da gx dr lulusan Teknik Mesin Gunadarma. Katanya Gunadarma PTS terbaik jg? & prodi teknik’a akreditasi A semua

    Entah kenapa saya slalu terpengaruh Ranking Universitas, yg tersebar di Media, & bnyak mengatakan univ yg sdang sya jalani ini a/ univ tertua bhkan 4 thn lbih tua dr UGM & PTS terbaik jg, stlah sya mngetahui terbaik & tertuanya nya itu bkan dibidang TEKNIK(MESIN) ,tp terbaik nya itu HUKUM & EKONOMI

    saya sadar bagaimana pun tergantung kembali kualitas diri masing”, TETAPI Nama univ. jg akn jd sangat PENTING menurut saya, APALAGI INI KAMPUS SWASTA,.. Pliss, PTS lulusan’a bermutu dibidang teknik, sdh bnyk bekerja di prusahaan” Power, oil, & gas?
    Tolong nih info nya,, PTS yg sudah di percaya/memiliki nama baik, mmliki bnyak Link Alumninya di prusahaan Oil, Gas, Power/BUMN …
    yg tlah melahirkan Alumni yg bermutu di bidang TEKNIK, Terutama TEKNIK MESIN???

    Saya lg smngat bgt nih buat kuliah, saya slalu over aktif mngerjakan soal” didepan dosen & tmn” & aktif jg organisasi diluar kamus, tp saya malah kurang bangga & kurang yakin dgn teknik mesin di univ ini. krena faktor institusi & lulusan” Tekniknya kurang dikenal Perusahaan Besar Berbasis OIL & GAS / POWER / BUMN, NAMA univ ini mmbuat saya psimis jk brsaing dgn PTN favorit bhkn dgn PTS favorit lainnya yg memiliki nama teknologi di institusi’a.,,,.sperti ITI dan ITENAS
    sya lg bingung Mau pindah Kemana?? Trisakti / Gunadarma / lainnya yg pnya LINK kprusahaan OIL&GAS.,., & akreditasi Institusi & jurusan A.,…
    entah knp sya lbih condong ke GUNADARMA,.. krn pringkat gundar di media sllu diatas trisakti?
    akreditasi–> Trisakti : Ins:B Prodi(mesin):A———————- Gunadarma : Ins: A prodi(mesin):A

    jk tdk memprhitungkan askreditasi A,.,.,. ITI (institut Teknologi Indonesia) ins: B podi :B______ITENAS (bandung) ins:B prodi :B
    PTS mana yahh ?? Bingung.. yg pnting lulusannya yg udh bnyak link prusahaan oil & gas

    Dan saya telah mencari informasi” ke masing” PTN bisakah mahasiswa pindahan dr PTS ke PTN wlw IP awal harus 3,9 & tes lg.,. tetapi tidak bisa. bisanya dr PTS ke PTS.
    pindahan yg saya mksud S1 ke S1 dan tdk mengulang dr smester awal dgn jurusan yg sama

    MAAF NIH SAYA BUAT CERPEN DI BLOG ANDA, prtanyaan sya 5 poin diatas z, cerita saya boleh abaikan saja.
    saya bner” butuh saran anda tentang ini, krena anda yg telah/prnah brhasil berkarir di oil & gas psti mmiliki bnyak pngalaman Engineers khususnya petroleum & perekrutan, pnilaian, karakter dr engineer(mesin/petro) drbrbagai universitas khususnya tentang kualitas univ swasta Khususnya T.MesiN di oil n gas company…

    s’x lg Terimakasih Banyak, saya beri penghormatan stinggi”nya kpd anda

    October 13, 2013 at 11:52 am

    • Mas Agil

      Gile semangat banget bikin komennya, ane jawab semampunya ya.

      1. Pokonya yang berhubungan dengan mekanika fluida kamu ambil. Oil and Gas main di fluida terus soalnya ;)
      2. ITB, UI, UGM (temen2 saya rata2 dr univ tersebut), UPN, Trisakti (ada 1 orang yang seprogram training sm saya)
      3. Duh saya ga tau deh, bbrp perusahaan biasanya fair, dia menerima semua berkas, terus dibikin tes. Terus nanti ya tinggal proses seleksi aja yang menentukan siapa yang berhak masuk :)
      4. Trisakti aja (banyak org trisakti di lapangan yg saya temuin)
      5. belum pernah ketemu gan, mungkin ada cuma belum ketemu. Yg jelas trisakti udh ketemu banyak

      October 20, 2013 at 10:18 pm

  163. Mas saya mau minta sarannya untuk PTS mana yg berkualitas lulusan Teknik Mesinnya, alumni teknik mesin’a yg telah bnyak tersebar di prusahaan Oil&gas. karena saya ingin pindah kuliah, spertinya univ sya yg skrg ini kurang bagus teknik mesin’a? wlw univ ini akreditasi A dan prodi T.Mesin B, tp Alumninya belum banyak di Oil n Gas Company, & prodi mesinnya masih terbilang muda/baru lahir(1998)
    u/ opsi dr sya sendiri masih bingung antara :

    Gunadarma akreditasi ins: A Prodi mesin: A
    Trisakti akreditasi ins:B prodi mesin : A
    ITENAS(bandung) ins:B prodi mesin : B
    ITI(institut.Teknologi.Indonesia) : ins:B prodi mesin : B

    apa ada opsi yg lain??(asal tidak atma jaya)
    klo menurut sya yg pnting bkn hnya akreditasi prodi saja tp lulusannya ktika s’tlah mahasiswa itu baru lulus (fresh graduate) adakah mahasiswa dr PTS sperti yg diatas langsung kterima di prusahaan oil n gas??
    or PTS lain dr jrusan teknik mesin’a mungkin yg mnjd langganan d’ prusahaan oil/gas/konstruksi/power?
    jd PTS mana yg Pnya kerjasama dgn Oil n Gas Company?di jurusan teknik mesinnya PTS yg memiliki keluarga ikatan yg kuat u/ alumni teknik mesin’a disuatu perusahaan besar & udh tersebar dimana” khususnya prusahaan oil & gas??

    dan Konsentrasi apa yg cocok u/ pruasahaan Oil n Gas pd prodi tek.mesin : Konversi Energi, alat berat/konstruksi, Manufaktur, Material/bahan??
    Mohon sarannya?

    Kesalahan saya wktu gx kterima di PTN sya mengikuti kk kls u/ masuk di PTS yg ktanya & menurut media itu adalah Univ. tertua seindonesia & terbaik., iya c terbaik,, tp bukan TEKNIK MESINnya… & trnyata stelah lihat lulusan’a sperti kurang diperhitungkan oleh Prusahaan” berbasis konstruksi, power, tambang, bhkan oil n Gas…

    s’x lg mohon sarannya,..
    saya yg tengah semangat kuliah di smester baru, & haus akn ilmu ENGINEERS

    October 13, 2013 at 6:49 pm

  164. rifky

    kak agil mau tanya, prospek kerja teknik kimia itu gimana? teknik kimia sama perminyakan hampir sama apa engga ya?

    October 14, 2013 at 7:26 pm

    • Mas Agil

      Teknik Kimia lapangan kerjanya lebih luas gan. Bisa masuk Oil and Gas, Semen, Farmasi, dan lain2nya yg kerjaannya berhubungan dengan chemical.

      Teknik kimia beda sama teknik perminyakan. Mereka lebih belajar tentang chemical (ya iyalah) kaya mekanika fluida, sifat senyawa dan unsur2 (kepake di oil refinery), dll.

      October 20, 2013 at 10:21 pm

  165. putra halomoan

    mau nanya ni mas….
    sekarang saya lagi kuliah di jurusan piping engineering,rencna saya setelah lulus nnti mw lnjutin ke teknik perminyakan,apa bisa mas?

    October 15, 2013 at 8:22 pm

    • Mas Agil

      bisa2 aja gan. Lanjut S2?? yg penting bs lulus tesnya (klo ada tes)

      October 20, 2013 at 10:21 pm

  166. Fritz

    Mas,saya sudah kelas XII dan minat masuk teknik gelogi ,kalau mau masuk teknik geologi mata pelajaran apa yang harus kuat? Saat kuliahnya apa yang banyak dipelajari?Peluang nya besar atau tidak masuk O & G saat ngga explorasi , orang geologinya ngapain mas?

    October 18, 2013 at 6:50 pm

    • Mas Agil

      Ya standar Mafiki aja, terus kamu hrs bs ngelihat segala sesuatu dari perspektif yang luas. Teknik Geologi itu banyak seninya, jadi emg seiring berjalannya waktu, pengalaman kamu akan bertambah dan kamu bisa jadi geologist handal.

      Saat kuliah belajar formasi batuan, lempeng tektonik, bumi2 gitu deh pokonya. Coba cek di http://jangansalahjurusan.wordpress.com buat mengetahui info setiap jurusan yang ada :)

      Lowongan kerjanya terbatas, tapi klo kamu emg sakti, insyaAllah keterima (ayo belajar yang rajin!!). Btw perusahaan Oil and Gas pasti melakukan eksplorasi terussssssss. Udh gt pas drilling, geologist juga melakukan mud logging (ngeliat cutting batuan yg keluar dr sumur yg dibuat, lalu dianalisis bentuk formasi batuannya seperti apa).

      October 20, 2013 at 10:26 pm

  167. Afif

    Jadi didunia oil dan gas itu kerjasama dg ilmu2 yg lain? Seperti ekonomi, geologi, geofisika dll itu?

    October 19, 2013 at 8:27 am

    • Mas Agil

      Iya mas Afif

      October 20, 2013 at 10:26 pm

  168. Salam kenal Mas Agil, saya kelas XII IPA. Saya mau tanya, kalau cewek prospeknya di teknik perminyakan gimana? Apakah kerjanya selalu di office atau harus ke lapangan juga? Kerjanya di bagian apa? Apakah untuk cewek terlalu berat? Beratnya bagaimana? Tolong dijelaskan dg detail,

    Saya juga bingung antara teknik perminyakan dan teknik kimia. Berhubung saya cewek, lebih baik mengambil teknik perminyakan atau teknik kimia?

    Terus, tadi Mas Agil bilang kalau pertambangan dan perminyakan itu beda jauh, pertambangan lebih keras. Kenapa bisa begitu? Terima kasih.

    October 19, 2013 at 10:17 pm

    • Mas Agil

      Kerja Berat = Kerja Fisik. Kerja di lapangan, panas2an, ga tidur berjam2, itu klo di service company. Kalau masalah kerja di office atau di lapangan itu tergantung kamu ngelamar posisi apa. Klo ngelamar di bagian lapangan ya kerja di lapangan, klo kerja di office ya kerja di office. Kamu milihnya yang mana?

      Pemilihan jurusan mah bukan masalah gender klo menurutku. Tergantung kamu minatnya kemana. Industri kimia, atau Oil and Gas? Klo aku disuruh jawab mana yg lebih baik buat cewe aku juga gatau, tapi teknik kimia itu lebih banyak cewenya (biasanya).

      Kalau di dunia oil and gas, kerja udh banyak dibantu sama teknologi, udh gt lingkungan kerjanya lebih bersih. Sedangkan di tambang lingkungan kerjanya kurang baik buat kesehatan (banyak chemical, debu, etc). Udh gt di tambang jadwalnya bisa nyampe 6 bulan baru bisa pulang….

      October 20, 2013 at 10:31 pm

  169. Hai salam kenal ya. Mau bantu jawab yang banyak tanya ‘kalau perempuan apakah bisa di perminyakan’.
    Kebetulan saya alumni Teknik Perminyakan ITB, dan perempuan. Hehehe
    So far, kalau selama di kuliah, ga ada bedanya kok antara mahasiswa perminyakan laki-laki atau perempuan. Benar sekali, bahwa untuk bisa ‘bertahan hidup’ di jurusan teknik perminyakan memang harus kuat fisik maupun metal. Hehe.. Fisik disini adalah tahan dengan gempuran kuliah yang pada umumnya berbasis matematika dan fisika (kimia nya juga ada tapi ga sebanyak matematika dan fisikanya ), belajar kelompok sampai larut malam bahkan pagi, tugas-tugas, ujian, dsb (ya standarnya kuliah lah ya).
    Tapi jangan takut, di jurusan perminyakan (yang saya tau perminyakan ITB), perempuan itu cukup langka sehingga kita akan sangan ‘dijaga’ dan diistimewakan banget oleh teman2 jurusan terutama angkatan. hehehe asik kaan..
    Untuk di dunia kerja, saat ini saya bekerja di salah satu oil & gas services company, ya kalau harus ke lapangan ya ke lapangan, kalau harus di kantor ya di kantor.. dalam artian bukan berarti cewek itu gak akan ditugaskan ke lapangan.. Saat memutuskan untuk masuk dunia perminyakan berrti seharusnya juga harus siap dengan resiko yang ada. Di lapangan akan bertemu dengan orang2 berbagai suku, karakter, gaya bahasa, dan sebagainya. Mental kudu kuat dan harus pandai beradaptasi. Kalau lagi di rig tak jarang harus begadang sampai pagi. Ya enjoy aja pokoknya.. Makanya balik lagi sebenernya ke karakter… Mau laki-laki atau perempuan kalau karakternya seneng di kantor, ga suka kemana-mana, ga bisa jauh dari rumah, maka akan sulit kalau harus ke lapangan. Tapi kalau anaknya emang lebih seneng dg hal yang dinamis, gampang bosen kalau cuma di ruangan, biasanya akan enjoy kalau kerja di lapangan.
    Kalau engineer perminyakan yang di kantor ada juga sih, biasanya reservoir engineer. Biarpun di kantor beban kerja mereka juga tidak kecil. Orang2 di dunia perminyakan mungkin akan dibayar sedikit lebih daripada bidang industri lain tapi sesuai dengan beban kerja dan juga resiko yang ditanggung.
    However kerja apapun dan dimanapun yang penting pas dengan jiwa dan karakter kita, insyaAllah bakal enjoy kok menjalaninya. Jangan cuma tergiur uang, karena selain di oil n gas juga uang bisa di cari, tapi kenikmatan dan keenjoyan bekerja belum tentu bisa dicari (hazek bahasaku).
    Aniwei semangat ya buat yang ingin masuk perminyakan, usahakan perminyakan ITB ya, hehehe..
    Salam

    October 21, 2013 at 7:15 am

    • Mas Agil

      Asiiikkk akhirnya ada 1 cewe teknik perminyakan ngebantu jawab disini hehe. Terima kasih dan sukses terus ya mbak arthaaa!! :)

      October 21, 2013 at 6:11 pm

      • Hahaha sama sama.. ga sengaja nyasar di blog ini.. keep sharing yah

        October 22, 2013 at 7:22 am

    • Akira Nadhira

      Mbak Artha Ratu , aku pengen banget masuk FTTM ITB, peluang diterimanya gimana ya kak?? Faktor kuota di FTTM sedikit karena apaa ya kak?? apa karena jarang peminat ceweknya ato krn yang diutamakan cowoknya ato karena nilai ceweknya kalah saing ato gimana ya kak?? makasih…

      January 26, 2014 at 7:35 pm

  170. Fritz

    Mas , aku mau nanya lagi nih , teknik geologi yang bagus itu dimana ugm/itb/ atau ada yang lain? kalau fresh graduate nya biasanya dikasih tugas seperti apa?

    October 21, 2013 at 5:53 pm

    • Izin menjawab…..

      Selain geologi ugm dan itb setauku yang lumayan bagus dan alumninya cukup terkenal baik di tambang maupun migas itu teknik geologi upn veteran yogyakarta. :)

      October 22, 2013 at 7:26 am

    • Mas Agil

      Hmm aku kurang tau yang juga mas, tapi aku sih rekomendasiin ITB *soalnya dari ITB hahaha.

      Klo tugas fresh graduatenya tergantung kamu dapat kerjaan di bagian apa. Klo di bagian reservoir biasanya simulasi2 gitu, sama neliti sampel

      November 8, 2013 at 3:44 pm

  171. Bintang Yosua

    Mas Agil, saya mau tanya, kira2, lulusan oseanografi di bidang oil and gas gitu kerjanya di bidang apanya ya? Terima kasih sebelumnya

    October 22, 2013 at 1:19 am

    • Mas Agil

      Hmmm kayanya bisa masuk di bagian Marine and Logistic. Jadi ngurusin tranportasi air (klo fieldnya di offshore atau swamp), sama metain peta laut field yg bersangkutan plus provide data pasang surut air laut gitu biar kapal ga kandas.

      November 8, 2013 at 3:45 pm

  172. brighit

    makasih banget tercerahkan, selama ini bingung antara prospek geologi dengan perminyakan. mau tanya bang, kalau lulusan perminyakan apakah ada yang tidak mendapatkan tempat di oil company terus bekerja tidak sesuai bidang, as in memanfaatkan gelar sarjananya?
    btw abang darimana dan berkerja dimana? “one piece” :p radicalism

    October 25, 2013 at 7:16 pm

    • Mas Agil

      Saya alumni teknik elektro arus kuat ITB dan sekarang lagi program trainee company man di Total E&P Indonesie.

      Ya standar kerja anak teknik klo ga kerja sesuai bidangnya paling di industri lain, atau bank.. tergantung rejeki masing-masing :D *ga ada yang tau

      November 8, 2013 at 3:49 pm

  173. azam

    mas , saya mau nanya kalau teknik fisika bisa kerja di oil and gas ga ? kalau bisa , kerja di bagian apa ? soalnya saya mahasiswa teknik fisika pengen kerja di perusahaan minyak .

    October 26, 2013 at 7:05 am

    • Mas Agil

      Teknik Fisika bisa kerja di bagian instrumentasi dan control mas azam :)

      November 8, 2013 at 3:50 pm

  174. Izra

    assalamu’alaikum,
    slut mas, blogx bgus banget.
    mw nanya ni.
    Z kan udh jd mhsswa t.pertmbngn thn in, klw bca tlsanx mas jd pgnen msk jrsan t.prmnykan. Apkh bsa/ ad plpuang Z yg jrsan t.prtmbgn bsa bkrja d OG COMPANY ? Klw msalkn bsa, kiat” ap sj yg hrus Z lkkan ? mhn jwbanx mas.

    October 27, 2013 at 12:56 am

    • Mas Agil

      Klo saranku mending Mas Izra kerja sesuai dengan bidang mas Izra aja, soalnya bener2 jauh banget ilmu pertambangan dan ilmu perminyakan. Prospek kerja dan gaji perusahaan tambang juga ngeri2 lhooo

      November 8, 2013 at 3:51 pm

  175. Mas agil yg saya sangat hormati,, Bagus sekali postinganmu,, Kereeen!! saya menikmati dr awal Komentar” penanya & tanggapan mu

    saya ingin bertanya mas,, sya yg sdang sangat semangat”nya mnjlani kuliah S1 smester 1 TEKNIK MESIN disalah satu PTS,.,., untuk kdepannya Konsentrasi apakah yg tepat untuk berkecimpung di perusahaan MIGAS.,. Konversi Energi kah? konstruksi mesin/alatberat? manufaktur? material/bahan?atau opsi lain?

    kira” konsentrasi apa yg paling berpeluang sebagai lulusan teknik mesin untuk terjun di prusahaan oil n gas u/ berada diposisi yg hampir sama dengan lulusan teknik petroleum??
    ilmu apa/matakuliah spesial apa yg hrs diperdalam??

    October 27, 2013 at 11:18 am

    • Mas Agil

      Pokonya yang belajar mekanika fluida itu yang kamu ambil! penting banget mekanika fluida di bidang oil and gas! :)

      November 8, 2013 at 3:52 pm

  176. dhananjaya

    kak, kalo mau kerja di lapangan gitu, yaa semacam mandi lumpur sampe basah gitu, itu ngambil jurusan apa yah? geologi geodesi atau apa?

    October 27, 2013 at 8:32 pm

    • Mas Agil

      ambil aja drilling engineering mas dhana *teknik perminyaka

      November 8, 2013 at 3:53 pm

  177. prahma yudi

    mas agil kalau teknik perminyakan di universitas islam riau (uir) kira-kira susah atau tidak mendapatkan pekerjaannya mas?

    October 31, 2013 at 9:07 pm

    • Mas Agil

      sebenarnya pada akhirnya si perusahaan itu bukan memandang dari asal universitas tapi bener2 kapabilitas dari personal si pelamar. Selama kamu bisa memanfaatkan kuliah dengan baik di perkuliahan, belajar giat, dan rajin mencari informasi, in syaa Allah kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang kamu inginkan. Selamat berjuang!!! You choose your own path! :D

      November 8, 2013 at 3:56 pm

  178. imam

    nice post bang
    numpang tanya nih bang. dengar2 minyak di negara kita udah mau habis 10 tahun lagi, jika ternyata benar apa alihan pekerjaan untuk pekerja tambang atau perminyakan ini ? lalu apa solusinya. terima kasih.

    November 1, 2013 at 11:44 pm

    • Mas Agil

      Itu klo dilihat dari cadangan minyak yang sudah ditemukan dan sudah di produksi. Masih banyak cadangan minyak lain yang menunggu untuk kita temukan hehe. Mudah2an cepet ketemu!! :)

      November 8, 2013 at 3:57 pm

  179. Andreas

    Mas agil saya mau tanya, sebenar nya saya masih kelas 2 sma tpi rencana saya mau masuk ke teknik perminyakan setelah lulus nanti, tpi kendala nya saya kurang bisa fisiki kalau mtk dan kimia saya bisa, itu bisa gk ya masuk ke teknik perminyakan ?

    November 3, 2013 at 12:07 pm

    • Mas Agil

      Ga masalah, fisika bisa kamu pelajari lagi nanti di bangku perkuliahan. Yang penting dengan modal yang ada kamu harus bisa tembus ke universitas yang kamu inginkan entah bagaimana caranya. Setelah itu tinggal belajar dan ikutin aja petualangan kamu yang baru di teknik perminyakan hehe :)

      November 8, 2013 at 4:05 pm

      • Andreas

        terimakasih mas atas sarannya, sangat membantu:) sekalian juga saya mau nanya berhubung mas agil dari teknik elektro arus kuat. perbedaannya apa ya mas antara elektro kuat dan lemah? prospek kerjanya seperti apa? apa saja yang dipelajari? dan universitas yang bagus untuk jurusan tsb apa saja?
        maaf banyak pertanyaannya mas, maklum saya masih kelas 12 dan bingung menentukan pilihan hehe. terima kasih banyak mas.

        November 29, 2013 at 7:30 pm

      • Mas Agil

        Perbedaan elektro arus kuat dan arus lemah itu lebih ke tegangan/arus tempat kita bekerja mas andreas. Arus kuat itu kerjanya kaya di pembangkit listrik, jaringan listrik transmisi, distribusi, mesin listrik, dan lain2. Klo arus lemah lebih ke perangkat2 elektronik, telekomunikasi, komponen2 elektronika dsar (IC, filter, mikrokontroler, etc).

        Klo prospek kerjanya gede banget. Selama dunia masih menggunakan listrik, teknik elektro ga ada matinya. Kalau yang bagus ya standar sih, UI, UGM, ITB.

        Semoga membantu

        December 1, 2013 at 1:39 pm

  180. Fauzi Al Majid

    sangat menambah wwasan sekali mas agil. introduce bang. saya mahasiswa tknik prmnyakan slah satu pts d jawa barat. mas bgaimana cara mnembus perusahaan besar sprti total aplagi saya dr swasta. dn kita tntu nama kmpus juga ambil bgian pnting dlam pekerjaan kdepannya. ? bgaimana untuk thapan syarat proses masuknya? apa mngkin sesulit yg aki fikir. ?suwun

    November 7, 2013 at 12:09 am

    • Mas Agil

      Pada akhirnya perusahaan menilai objektif si pelamar, jadi bener2 kapabilitas si personal yang diliat. Kalau kamu orangnya memang oke, ga peduli almamater kamu dari mana, pasti perusahaan ga akan melepas kamu! ;).

      Masalahnya sekarang adalah, apakah kita sudah berusaha keras untuk menjadi orang yang oke? nah itu bisa dijawab masing2 :).

      Klo di Total tahapan seleksinya kaya gini *yang saya alamin
      1. Psikotest + Technical Test (soal2 fisika dasar mekanika fluida, hukum gas ideal, trigonometri)
      2. FGD (Focus Group Discussion) = Dikasih problem, trus dalam satu tim (bisa 5-6 orang) disuruh menyelesaikan. Yang dilihat adalah kontribusi ke dalam tim untuk menyelesaikan permasalahan
      3. Interview HR = Buat ngeeksplor karakter kita, apakah kita layak untuk direkrut atau engga
      4. Interview User = Langsung diinterview sama calon bos2 kita nanti. Pertanyaannya macem2, yang penting bisa menjawab dengan baik. Waktu di Total sih yang ditanya pertanyaan technical (ngebahas soal2 yang di tahap pertama)
      5. Medcheck

      selanjutnya nunggu pengumuman and you’re ready to go!!!

      November 8, 2013 at 4:10 pm

  181. hasan

    malem bang, saya sekarang udah semester 5 kuliah jur. teknik mesin di univ gunadarma
    yang mau saya tanyakan
    1.apa sebagian besar perusahaan perminyakan masih lebih condong ke lulusan PTN dari pada PTS?apa bener sekarang perusahaan ga mandang almamater?
    2.mas bilang teknik mesin kerja di lapangan,kepake ga sih ilmu kalkulus kita di lapangan? sebab matkul ini menguras konsentrasi saya gara” sering dapet C shingga matkul mekanika fluida jadi agak ga trlalu fokus meski nilai udah bagus saya tapi kurang mendalami,padahal mas bilang matkul ini yg penting
    3.apa sebelum ditempatkan kerja ada trainingnya lagi?karena saya benar-benar awam di perminyakan,megang mesinnya aja belom pernah,saya hanya tau sebatas teori.
    4.kalo kerja di lapangan lulusan S1 teknik mesin itu di tempatin dimana kebanyakan?apa lansung kontak dengan mesin?misal di bagian pengeboran atau megang alat apa
    5.untuk tahapan tes yang mas tulis di atas,apa rata” semua tes perusahaan kaya gitu? tes kaya gitu buat semua posisi kerja atau buat posisi tertentu aja .. kalo bener ada hukum gas ideal berarti sya harus mendalami lagi

    terima kasih mas agil

    November 11, 2013 at 7:06 pm

    • Mas Agil

      1. Kalau screening awal pas seleksi dokumen memang asal perguruan tinggi dilihat (sama IPK). Tapi klo ud masuk ke tahap seleksi, itu pure kompetensi dari pelamar sendiri gan
      2. Kalkulus itu ilmu dasar teknik gan, ente mungkin sekarang belum ketemu aplikasinya, tapi nanti bersyukur pernah belajar kalkulus (ane bersyukur dulu belajar kalkulus). Mekanika fluida btw ada itung2an diferensial sama integralnya klo ud kompleks, alias ente ketemu kalkulus lg…. Pelajarin aja semuanya, jangan bikin2 alasan…
      3. Yoi, perusahaan pasti gmw naro fresh graduate tanpa training. Nanti juga ente jg hrs lulus sertifikasi sebagai bukti ente layak kerja di dunia oil and gas
      4. Macem2 gan, klo S1 bisa jadi field engineer service company macem Schlumberger, Halliburton, Baker di bidang Coil Tubing, Slickline, Wireline (nanti ente jg tau sendiri apa itu service company). Bisa juga jadi driller di RIG
      5. Rata2 sih kaya gitu gan, setau ane Total itu termasuk lengkap seleksinya bisa jadi di perusahaan lain tahap seleksinya ga seketat Total.

      December 1, 2013 at 12:35 pm

  182. Assalamu’alaikum
    boleh kah saya brtanya mas….
    teknik mesin yang bagus alumni’a kuat telah tersebar di prusahaan oil&gas di PTS mana yah.,., krna saya gx diterima di PTN. saat ini sedang mnjalani kuliah S1 teknik mesin di PTS swasta jogja.,. spertinya saya sya pilih krena teknik mesin dsana kurang bagus. kemudian di smester selanjutnya saya mau pindah mas
    berikut opsi saya kira” gmn?

    Gunadarma akreditasi ins: A Prodi mesin: A
    Trisakti akreditasi ins:B prodi mesin : A
    ITENAS(bandung) ins:B prodi mesin : B
    ITI(institut.Teknologi.Indonesia) : ins:B prodi mesin : B

    sbenernya saya tau teknik mesin trisakti bagus bgt & alumni t.mesin’a udh bnyk di minyak tp karena Biaya Trisakti mahal sekali ortu pun gx izinin.
    tp saya gx brminat ke sini spertinya ( atma jaya, unpar, unpas, univ.pancasila)
    skarang ada 3 pilihan, Univ.Gundar, Itenas bndung, or ITI…

    mas nih pastinyakan mngkn sdah brpengalaman di prusahaan minyak… dr sgala rekrutmen yg diikuti, prnahkah melihat lulusan PTS yg bnyak berkarir di prusahaan minyak/gas/power,., itu berasal dr PTS mana mas.,..,,,,,

    u/ univ gunadarma, bagus tidak c teknik mesinnya berdasarkan lulusan yg berkecimpung di dunia minyak/gas/power.,. mngkin ada yg tw tolong sharingnya… saya sedang bingung skrg.

    November 14, 2013 at 11:05 am

    • Mas Agil

      Klo so far lulusan PTS terbanyak di dunia oil and gas yg saya temui itu orang Trisakti gan. Ane kurang tau deh kualitas PTS2 lain, coba ente cari info ke temen2 yang ada di universitas bersangkutan. Maaf banget ni ane kurang informasi hehe, semangat gan!

      December 1, 2013 at 12:38 pm

  183. Hallo mas salam kenal.
    saya mahasiswa S1 perminyakan di negeri jiran, sekarang semester 4 dan semester depan saya libur 4 bulan.
    Apakah di tempat kerja mas ada placement buat pre-internship?
    saya sangat tertarik sekali untuk terjun langsung ke industry dan ingi memanfaatkan liburan tsb dengan menambah2 pengalaman. kalau ada atau mas agil tau dimana tempatnya, kira2 dimana dan bagaimana cara apply nya. hehe
    Btw, Tulisan yang sangat bagus nih, brief explanation about oil and gas buat para awam :)
    thank you :)

    November 16, 2013 at 11:13 am

    • Mas Agil

      Di Total ada kok gan, ane harus access komputer di kantor dulu buat buka situsnya, nanti ane forward ke email ente ya hehe.

      Thanks bro, semoga bermanfaat tulisannya yaa hehe

      December 1, 2013 at 12:44 pm

  184. dendi faisal

    mas agil mau tanya, kalo jurusan minor di ITB maksudnya apa?apa kalo misalkan jurusan mayor geodesi minor geologi bisa berpeluang jadi geologist nantinya, sama apakah s2 nanti kita boleh ambil jurusan beda dengan s1 kita,misal s1 geodesi s2 nya ambil geologi boleh tidak?makasih

    November 18, 2013 at 12:02 am

    • Mas Agil

      Misal ente ngambil jurusan teknik elektro, tapi ente mau ngambil minor Teknik Industri. Nah ente nanti disuruh ngambil beberapa mata kuliah wajib Teknik Industri. Klo udah lulus, nanti Program Studi Teknik Industri ngasi pernyataan klo ente udh berhak dapet gelar minor Teknik Industri. Itu cuma kaya embel2 tambahan aja yang intinya nunjukkin ente juga berkompeten di bidang Teknik Industri itu (buat dijual ke perusahaan tempat ente melamar). Kira2 gitu gan.

      Klo S2 tentu aja boleh ngambil jurusan yang beda dengan S1. Tapi tentu ada syarat dan tesnya gan hehehe. Jawabannya bisa kok :)

      December 1, 2013 at 12:47 pm

  185. ringgit

    Mas agil numpang nanya
    1)Kata mas agil khan kalau kerja di perusahaan minyak gaji nya gede,tapi mengapa kalau kerja jadi petugas di pom bensin pertamina gaji nya kecil ?
    2)Kalau lulusan SMU kalau kerja di perusahaan minyak yang gaji nya gede kerja di mana dan sebagai apa ?

    November 20, 2013 at 6:00 am

    • Mas Agil

      Maaf gan tapi gaji itu sesuai dengan kompetensinya. klo ente mau dapet gaji yang lebih gede, ente hrs menempuh jenjang pendidikan yang berikutnya. Ambil aja D3 di STT Migas, insya Allah ente dapet rejeki yang lebih baik :)

      December 1, 2013 at 1:19 pm

  186. ibnu

    mas agil,numpang tanya
    1)Setau saya kalau pelajaran nya lebih sulit teknik sipil daripada teknik perminyakan,tetapi mengapa gaji lulusan teknik perminyaka lebih besar ? Apa karena lulusan teknik perminyakan kerja nya cari minyak di hutan sedangkan kalau lulusan teknik sipil kerja nya di kota ?
    2)Kalau sebagai contoh teknik sipil yang tugas nya perancang gedung perlu lulusan S2 atau S3 atau S1 juga bisa ?

    November 21, 2013 at 9:25 am

    • Mas Agil

      1. Teknik perminyakan gajinya tinggi soalnya memang bisnisnya keuntungannya gede gan. Harga minyak perbarel itu 100 dollar. However resikonya juga gede, jadi gaji gede setimpal dengan resiko kerjanya gan
      2. Klo yang merancang gedung kayanya arsitektur gan…. Sipil kerjanya lebih ke desain konstruksi gedung biar tahan beban, gempa, biar ga runtuh tuh gedung… S1 juga bisa kok tapi hrs ada sertifikasi dari badan yang bersangkutan

      December 1, 2013 at 1:24 pm

      • ajeng

        mas, aku skrang masih semester 5 di geografi (geoscience) UGM dan minat bgt buat kerja di OG. di kampus diajarin juga ttg geologi dan tambang walopun masih dasar bgt dan rencana mau ambil TA ttg minyak jg. stelah lulus juga rencana mau ambil S2 pminyakan ITB mas buat mendalami lg. Menurut mas gmna? Jalan yg akan aku ambil tepat nggk buat masuk dunia OG? kasih pendapat ya mas :)

        December 24, 2013 at 12:16 am

      • Mas Agil

        Wah mbak ajeng visinya udah jelas banget. Menurutku jalan yang mbak ajeng ambil itu the best banget, tinggal dieksekusi aja hehe. Selamat berjuang ya Mbak Ajeng!!! :)

        January 19, 2014 at 1:26 pm

  187. rain hendro

    Syalom,
    bagus sekali postingannya dan sangat membantu. mau tanya mas kalau berkuliah dengan basic D4 k3 itu apa banyak peluang kerjanya di oil & gas company ??

    thanks & regards,

    rain hendro

    November 21, 2013 at 4:36 pm

    • Mas Agil

      K3 sekarang jadi perhatian semua perusahaan gan. Ga cuma di perusahaan oil and gas aja, di industri2 lain juga banyak peluangnya gan :)

      December 1, 2013 at 1:27 pm

  188. muhammad

    salam mas agil, saya tamatan s1 pertambangan dan sekarang saya bekerja disalah satu perusahaan pertambangan, tapi saya ingin beralih keperusahaan minyak. saya kerja diperusahaan tambang hanya sebagai pelarian aja biar tidak ngganggur. kira2 untuk kursus/ pelatihan tentang mud/drilling engineer dimana yang bagus. dan saya pernah KP dan TA tentang lumpur pemboran.

    trims mas agil

    November 21, 2013 at 8:47 pm

    • Mas Agil

      wah ane kurang tau gan hahaha, coba aja lamar2 ke perusahaan oil and gas/service company. Siapa tau aja bisa…

      December 1, 2013 at 1:30 pm

  189. andreas

    good share mas, saya kelas 3 sma masih cari-cari jurusan yang pas dengan saya.
    mau nanya mas kalo fisika yang dipelajari apa saja kira-kira dalam teknik perminyakan? apakah ribet? karena saya agak kurang dalam matpel fisika. sama kalo bisa tipsnya mas agar belajar fisika bisa lebih mudah, terimakasih banyak mas. makasih

    November 23, 2013 at 2:51 pm

    • Mas Agil

      Fisika di perminyakan ga ribet2 amat kok, yang penting dari SMA kita udah paham konsep dasar dari fisika itu sendiri. Tips belajar fisika buat mudah ya, hmmm, fisika itu sebenernya bukan menghapal rumus, tapi memahami konsep fenomena yang terjadi yang kemudian diterjemahkan ke dalam rumus. Yang penting adalah pemahaman konsepnya mas andreas. Klo konsep dasarnya udah kuat/kamu bisa memahami fenomena yang terjadi, maka kamu bisa menurunkan rumus sendiri hehe

      December 1, 2013 at 1:32 pm

  190. prahma yudi

    mas agil kalau udah lulus S1 teknik perminyakan, jika ingin melamar di chevron bagaimana saja langkah-langkah nya?
    dan di chevron apa-apa saja tingkatan jabatannya mas?
    terimakasih .

    November 25, 2013 at 6:53 pm

    • Mas Agil

      Wah karena ane orang Total ane kurang tahu gan cara ngelamar ke Chevron. Pantau aja terus situs lowongan kerja sama ikutin job fair yang ada di univ2 hehe. Thanks

      December 1, 2013 at 1:34 pm

  191. dayat

    halo mas agil , saya ini smster 5 jurusan pendidikan guru SD ,stelah lulus sarjana saya ingin bkrja d prtambangan .. apakah saya bisa bkrja di pertambangan ? heheehe… kalau seumpama bsa saya d tempatkan d bagaian ap ya kira2?

    November 27, 2013 at 12:09 am

    • Mas Agil

      Gatau juga sih mas dayat. Coba2 aja lamar,rejeki ga ada yang tau. Tapi saranku sih mending fokus aja di dunia pendidikan. Kita butuh banyak guru cerdas untuk meningkatkan kualitas pendidikan bangsa Indonesia

      December 1, 2013 at 1:35 pm

  192. Reyzza

    Mas agil, menurut mas saya cocoknya di bagian apa ya kalo di O&G?? saya SMK Teknik Mesin tetapi saya udah pernah jadi IT komputer, saya suka keduanya ? gmn tanggapan menurut mas agil sendiri??

    November 28, 2013 at 8:16 pm

    • Mas Agil

      Walah saya juga kurang tau gan. Pilih aja profesi yang sesuai minta ente, ga usah dipaksain ke Oil and Gas….

      December 1, 2013 at 1:35 pm

  193. Rahmat

    Mas . Sy siswa kelas XII IPA. Alhamdulillah sy merasa kemampuan fisika sy bagus tp untuk hitung hitungan murni(integral .trigono dll) masih kurang. Itu gimana ya nasibnya di teknik???

    November 29, 2013 at 9:14 pm

    • Mas Agil

      Logicnya klo fisika ente bagus, matematika ente juga bagus gan. Klo fisika ente bisa, matematika juga pasti bisa! semangat!

      December 1, 2013 at 1:39 pm

  194. iqbal

    mas agil sy mau nanya? kalo teknik perminyakan yang kerja di lapangan kayak dilepas pantai apakah ada jaminan / alokasi waktu ibadah sholat dari perusahaan. terutama perusahaan asing? makasih infonya

    December 7, 2013 at 4:31 pm

    • Mas Agil

      Klo kerja di Rig, kapal, atau barge tenang aj. Pasti ada mushola dan sholat jumat bareng. Tp klo km kerja di remote platform *km ditinggal di platform offshore, km hrs bawa sajadah sendiri buat sholat disana

      December 10, 2013 at 8:08 am

  195. mamat

    assalamualikum
    mas saya mau nanya nih..
    sya kuliah d universitas kurang ternama, jurusan teknik mesin D3, peluang di dunia per minyakannya gmn?
    trus apa usia jg mempengaruhi?
    trimakasih sblumnya.
    wassalamualikum

    December 7, 2013 at 11:21 pm

    • Mas Agil

      Waalaikum salam. Klo D3 km bs ngelamar jd field specialist di service company ky schlumberger, halliburton, baker, etc. Ada batas umur sy krg tau batasny mas. Yg ptg bahasa inggris harus bagus mas klo mau jd field specialist. Ato g bs msk serco lokal ky nesitor, elnusa

      December 10, 2013 at 8:12 am

  196. reyhan

    Halo selamat siang
    Saya lulus teknik kimia, saya tertarik sekali untuk bekerja di pertambangan dari sejak saya kuliah, yang ingin saya tanyakan persyartan apa saja untuk bergabung di pertambangn minyak?
    Apakah pelamar harus senguasai bahasa inggris secara aktif?
    Basic salary untuk S1 itu berapa n pada tingkt berapa?
    Misalnya pelamar pernah mengikuti training atau seminar ttng perminyak itu itu itu masih di kategorikan fresh atau berpengelaman?

    Sekian terima kasih
    Mohon info nya

    December 8, 2013 at 11:08 am

    • Mas Agil

      Halo mas reyhan selamat pagi. Buat ngelurusin aj, pertambangan itu beda denga perminyakan jd ga ad istilah pertambangn minyak. Syarat utk msk ke perusahaan minyak it berbeda2 tergantung perusahannya. Tp biasanya itu S1, minimal IP 3, Toefl > 500, dll. Bahasa inggris itu bs dibilang mandatory.

      Yg namny pengalaman it adalah pengalaman kerja. Jd training/seminar itu blm bs dibilang berpengalaman

      December 10, 2013 at 9:15 am

  197. tia

    kak agil, kalo ambil ilmu tanah peluang untuk masuk di O G, ada?

    December 8, 2013 at 1:55 pm

    • Mas Agil

      Ilmu tanah itu ilmu geologi bukan? Klo ilmu geologi tentu berpeluang

      December 10, 2013 at 9:18 am

  198. Evi

    mas agil, blognya kereen
    mas, numpang tanya,
    kalau dari teknik pertambangan bisa ke teknik perminyakan juga gak?

    December 8, 2013 at 2:26 pm

    • Mas Agil

      Hmmm, kynya udh terlalu jauh mbak perbedaannya hehe. Kyny gbs tp gtw jg

      December 10, 2013 at 9:16 am

    • Mas Agil

      Ga recommended. Ilmunya beda jd lbh baik fokus ke ranah profesi masing2

      December 10, 2013 at 9:19 am

  199. Evi

    prospek kerjanya lebih luas mana, teknik pertambangan atau perminyakan?

    December 8, 2013 at 2:28 pm

    • Mas Agil

      Sama2 luas kok. Perusahaan tambang dan perusahaan minyak itu sama2 banyak

      December 10, 2013 at 9:21 am

  200. Mas Agil saya mau tanya sedikit nih hehe,
    gimana ya peluang kerja dari lulusan teknik industri untuk menjadi drilling engineer?
    saya sempat googling tentang kursus drilling dan kebetulan nemu kursus dengan topik DRILLING WELL COMPLETION AND WORK OVER biayanya 7.5 juta selama 3 hari (sebentar saja ya?), lah pertanyaanku seberapa fungsi kah sertifikat yang saya dapat untuk bisa bekerja sebagai drilling engineer? (jika dilihat dari lama pengambilan sertifikat yang HANYA 3 HARI)
    terima kasih

    December 10, 2013 at 7:15 am

    • Mas Agil

      Hmmm tergantung perusahaannya sih mas, klo requirementny yg ptg teknik g hrs dr teknik perminyakan berarti bisa2 aja hehe. Btw klo training2 3 hr itu sbnrnycm menambah wawasan aj. Klo dr kompetensi sertifikatny gbs jd parameter. Sertifikat it bs km pake pas interview, bilang km ud prnh ikt training dan udfamiliar jd bargain power km lbh besar hehe

      December 10, 2013 at 9:26 am

  201. Achmat

    joss gandos mas blognya… Cuma satu tambahan aja kalo di perkenankan… Masuk dunia kerja perminyakan, terutama drilling, tergantung dari amal dan perbuatan aja. Pendidikan nomor 2 mah….. Jika gajinya besar…, itu juga karena amal perbuatan… He…he…he… Salam perdamaian…..

    December 10, 2013 at 11:16 am

  202. ditaa

    kak saya udh kelas 12, tp masih bingung mau masuk fakultas apa. saya minat bgt ngambil fakultas yang berhubungan dengan perminyakan dan pertambangan. Kalo di ITB, jurusan yang bisa bagus dan bisa kerja di perusahaan perminyakan&pertambangan apa aja ya kak? geodesi kira-kira bisa ga kak? makasih

    December 12, 2013 at 8:26 pm

  203. ditaa

    kak saya udh kelas 12, tapi masih bingung mau masuk fakultas apa. saya minat bgt ngambil fakultas yang berhubungan dengan perminyakan dan pertambangan. Kalo di ITB, jurusan yang bisa bagus dan bisa kerja di perusahaan perminyakan&pertambangan apa aja ya kak? geodesi kira-kira bisa ga kak? makasih

    December 12, 2013 at 8:32 pm

    • Mas Agil

      FTTM aja mbak dita biar bener2 related. Klo Geodesi itu lebih ke pemetaan geografis… jadi bikin peta2 tanah gitu mbak

      January 19, 2014 at 4:44 pm

  204. Mas bisa ga ya freshgraduate t.mesin ITENAS dgn kmampuan softskill ok, IPK 3,7.. masuk di prusahaan oil…. peluang persaingan/kemungkinan diterimanya itu gmn yg hrus bersaing dgn Almamater besar smacam ITB UGM UI–UPN&TRISAKTI.
    mas prnah gx mlihat lulusan dr kmpus ITENAS di prusahaan oil/gas/energy.,. pstinyakan mas udh da pngalaman rekrutmen” di prusahaan… mlihat prsaingan almamater….. univ swasta yg sering terdapat lulusan nya di prusahaan perminyakan dr PTS mana (selain UPN TRISAKTI) khususnya yg background t.mesin..??

    December 13, 2013 at 11:15 am

    • jason hartanto

      Kak,, salam kenal,,,saya mau nanya beberapa hal :
      1) saya msih klas 11 smester 3 Sman terfavorit di sidoarjo,,,untuk smen tara nilai matematika,fisika,kimia,biologi sjak smester 1 diatas 85,,,sya kbetulan gak bsa dan gak mnat dngan yg berbau mesin,, tpi saya ingn msuk teknik geologi ugm,,,teknik minyak itb,,,,t geologi itb,,,mnurut kakak persaingan,dan prospek kerja masih lebih mudah t geologi atau perminyakan untuk msuk dunia migas???????????
      2) lowongan kerjanya di dunia energi besar t. Geologo tau t. Minyak??
      3)apakah t geologi atau t minyak bsa mempelajari dan memproduksu energi terbarukan kayak geothermal,biogas,dll….jurusan apa yg cocok untuk mneliti SDA terbarukan??
      4)nilai toefl saya cuma 400…apakah msih brpeluang tuk cri kerja padahal sya orangnya pede dan suka berargumen
      5)untuk ngambil S1 itb t. Geologi/ t.minyak butuh brapa taun????
      6) bgaimana kalo saya malah dijuruskan di jurusan yg gak diminati….cth : mau masuk minyak malah masuk tambang,,,,,mau masuk geologi malah msuk meteorologi…
      7) penjurusan di itb tu sistemnya gmna??? Apakah berdasar ipk atau mnat dan bakat dalam jurusan yg diinginkan??
      8)apakah smua lulusan t minyak / t geoligi 100% dapat kerja??????? Kalo gak apa yg haryus dilakukan?????

      Demikan pertanyaan saya mohon kakak bsa mmbalas krana saya sngat butuh,,,,kalo bsa lewat email dan post comment kak ya,,trima kasih

      January 4, 2014 at 12:55 pm

      • Mas Agil

        1. Teknik Perminyakan lebih banyak peluang kerjannya mas jason. Klo teknik Geologi langka, tapi mahall banget ahli2nya :)
        2. Teknik Perminyakan
        3. Teknik Geologi itu lebih belajar ke eksplorasi, cara menemukan dimana lokasi minyak itu berada. Selain lokasi minyak, lokasi panas bumi (geothermal) juga bisa mas jason)
        4. Tergantung kualifikasi dari perusahaannya mas, biasanya sih standar perusahaan asing yang gede 500 TOEFLnya
        5. normalnya 4 tahun mas klo sekarang
        6. Mas harus bersaing klo gitu hehe, trus konsisten saat pemilihan jurusan, pilih teknik perminyakan terus
        7. Berdasarkan IPK sama pilihan kuesionernya. Klo misalkan ternyata yg milih teknik perminyakan itu melebihi kuota, nanti diurut berdasarkan prestasi mas
        8. InsyaAllah klo kita mencari pekerjaan dan berdoa kita bisa mendapatkan pekerjaan yang diinginkan hehe. Tenang aja, ga usah mikirin susah nyari kerja dulu, fokus aja dulu di kuliahnya :)

        Semoga membantu ya mas Jason :)

        January 19, 2014 at 2:08 pm

    • salam teknik gan..
      ane masih kuliah jga d perminyakan, kalo masalah masuk dunia migas setau ane anak STM/SMA juga bisa kok masuk duinia migas, tapi tentu mulai jd pekerja bawah” nya :D
      kata alumni” yg sering sharing k ane si banyak saingan pas mau masuk dunia migas, dr brbagai jurusan, yg bisa masuk antara lain geologi, geofisika,t.mesin, t.elektro,pertambangan,etc.
      kalo masalah keterima atau gak karena saingan nya dari Univ yg udah Tua” kyk upn,itb,TRISAKTI si jgn di pikirin, kan tergantung masing” individu nya. blum tentudr universitas” tsb semuanya Bagus :)
      kaka tingkat ane juga cuma punya ipk 2,7 tapi bisa ko ngalahin saingan dr universitas tua” dgn ipk 3,3.
      tetep PD, berani unjuk gigi, tapi skill jga harus ngimbangin :D

      January 8, 2014 at 12:30 pm

    • Mas Agil

      Semua tergantung kemampuan kamu ketika menjalani tes seleksi masuk Mas Abi. Persiapkan dirimu dengan matang, cari tips dan trick melamar kerja di internet, dan jangan lupa yang paling penting berdoa :).

      Temenku ada yang dari UNTAR kok mas hehe, yang ITENAS juga ada tapi masuk ke bagian ITnya

      January 19, 2014 at 1:06 pm

  205. Muhammad Reyhan

    Mas agill saya masi kelas 9 smp,, mau masuk sma,, kira kira sma mana yg banyak masuk itb ya? Taruna Nusantara magelang gmn? Labschool? Daerahnya selain bandung,, saya insyallah pengen dapet di perminyakan itb.. kerjanya di chevron kalo gk total hehe terus kalo udh pangkat tinggi baru ke pertamina biar imut bangun bangsa hahah:p

    December 14, 2013 at 10:14 pm

    • Mas Agil

      Tarnus itu bagus banget buat ngebentuk mental kamu sama membentuk fisik kamu. Jebolan tarnus pasti orangnya super2 hehe. Atau engga, kamu bisa masuk Insan Cendekia di Tangerang, banyak temenku dari sana yang masuk ke ITB.

      Nah betul itu Mas Reyhan, Nasionalisme jangan dilihat dari sudut pandang yang sempit. Banyak yang jadi PNS, kerja di BUMN, tapi kinerjanya ga memuaskan. Kerja di perusahaan asing gapapa, menggali ilmu dulu, setelah dapat ilmunya baru kita bisa berkontribusi ke negara dengan lebih baik hehehe :).

      Menurut pengalaman saya, ga masalah kita kerja di Perusahaan Asing, asalkan niat kita memang untuk membangun bangsa, ga egois hanya memikirkan diri sendiri. Kerja di Perusahaan Asing pun kita bisa berkontribusi ke lingkungan sekitar kita :), kamu bisa bikin lapangan kerja sendiri kalau udah cukup modal sehingga mengurangi pengangguran :)

      January 19, 2014 at 1:10 pm

      • Muhammad Reyhan

        kalo SMA Labschool Jakarta gmnn..?? saya juga bingung nih antara perminyakan dan industri,, soalnya MTK saya diatas banget dan saya lebih suka mtk dibanding IPA fisika,, Perminyakan itu yg dibutuhin fisika bukan??

        January 26, 2014 at 3:42 pm

      • Mas Agil

        Bagus kok.

        Tenang aja, kalau kamu bisa MTK, Fisika itu ga ada apa2nya.

        Fisika itu adalah menerjemahkan fenomena alam menjadi persamaan matematis. Kalau kamu udah bisa matematika, buat jago fisika adalah melatih daya analisis kamu untuk menerjemahkan femonena alam tersebut menjadi persamaan matematis yang kamu jago banget menyelesaikannya

        February 8, 2014 at 7:08 pm

  206. jajang taryana

    Betul betul bagus prospek kerja di bidang perminyakan…..tapi kenapa banyak alumni jurusan perminyakan kerja di luar negri, di bandingkan di negriNya sendiri? Contohnya di negri tetangga(Petronas), 50% semuanya orang indonesia

    December 15, 2013 at 12:09 am

    • Mas Agil

      Sebenarnya masuk ke Pertamina sendiri itu juga sulit mas jajang, tiap tahun mungkin hanya sedikit yang diterima. Saya termasuk salah satu orang yang sebenarnya ingin banget berkontribusi ke negara lewat masuk ke BUMN Pertamina, tapi apa daya saya malah ga dapet hahaha. Alhasil saya malah diterima sama Total E&P Indonesie, jadi saya manfaatkan kesempatan ini untuk menggali ilmu untuk kemudian di masa depan bisa saya gunakan buat berkontribusi untuk negara :).

      Semoga menjawab

      January 19, 2014 at 1:13 pm

  207. Silvia

    Kalo biaya masuk kuliah o&g ini biasanya berapa yah ka ? Trus universitas yg bagus nya dimana? Ada gak beasiswa buat masuknya ?kalo ada caranya gimana ?
    Thank’s before ka,

    December 17, 2013 at 8:33 am

    • Mas Agil

      Kalau yang universitas swasta biasanya mahal. Kalau yang negeri misal ITB, waktu jaman saya kamu bisa bayar Rp0,- uang masuk kalau lewat jalur SPMN hehe. Tapi aku gatau sih kalau jaman sekarang, coba kamu cari tahu informasi ke kakak2 kelas yang kamu kenal.

      Universitas negeri yang bagus:
      ITB, UGM, UI, UPN, dll
      Universitas swasta yang bagus:
      Trisakti

      Beasiswa sekarang banyak, coba kamu cari informasi di twitter, follow @beasiswaindo

      January 19, 2014 at 1:16 pm

      • doni

        kalo jurusan teknik itu makanan sehari-hari itu eksak ya mas? APAKAHsemua perusahaan kayak oil & mining,civil,konstruksi,aspal dll itu selalu melihat lulusan dari almamater favorit seperti : ITB,ITS,UGM,UI bos? apakah anak lulusan teknij yang IP Nya jongkok maav 1,00 bsa dapet kerja di perusahaan ?

        February 6, 2014 at 9:53 am

      • Mas Agil

        wah klo IP 1 sih keterlaluan mas. Ane yakin orang yang IPnya 1 itu ga niat kuliah, kerjaannya main doang, bolos, dll.

        Separah2nya orang, klo dia tetep rajin kuliah, ngikutin pelajaran, ane yakin dia ga bakal dapet IP 1.

        February 8, 2014 at 7:35 pm

  208. Mas, btw kalo mau daftar kerja di perminyakan gimana caranya?

    December 21, 2013 at 7:52 pm

    • Mas Agil

      1. Cari informasi lowongan kerja via Job Fair di universitas2 besar kaya UI, UGM, ITB, dll…
      2. Cari informasi lowongan kerja via situs lowongan kerja (jobstreet.co.id, jobsdb.com, dll)
      3. Cari informasi lowongan kerja di situs perusahaan yang bersangkutan mas ;)

      January 19, 2014 at 1:18 pm

  209. Mas agil, saya mau masuk teknik kimia. Apa2 ya..pelajaran yang harus saya kuasai.?
    Dan kalau kerja d bagian apa ya mas?
    Makasih.

    December 21, 2013 at 11:14 pm

    • Mas Agil

      Coba buka blog yang sedang saya buat sama teman-teman saya

      jangansalahjurusan.wordpress.com

      cari bagian teknik kimia :)

      January 19, 2014 at 1:18 pm

  210. jaka

    Mas kalo lulusan aeronoutika & astronika itu bisa gak kerja di O&G Company? dibagian apa? gajinya gede gak?
    sory banyak nanya, makasih sebelumnya :)

    December 22, 2013 at 6:37 pm

    • Mas Agil

      Temen saya ada jebolan tarnus dan penerbangan ITB yang masuk ke Oil and Gas hahaha. Tapi dia kerja di bagian yang ga sesuai dengan jurusannya mas, masuk ke program trainee gitu, jadi ditraining ulang sama perusahaan.

      Gaji di Oil and Gas jelas gede mas. Tapi saranku mending mas tetep konsisten kerja di bidang aeronoutika hehe, Pak Habibie mau membangkitkan kejayaan dirgantara kita lagi looohh :)

      January 19, 2014 at 1:20 pm

  211. Assalamualaikum mas agil,, saya mau nanya nih saya mulai tertarik sama perminyakan,,, nah kata mas kan harus punya pengalaman eksax yg kuat,, nah problem saya ini di matematika mas,, kalo di fisika kimia bisa di bilang saya memang bisa,, Matematika saya kalo di nilai rapot hanya berkisar 82an… menurut mas sendiri saya bisa tidak masuk jurusan perminyakan ini??

    mau tanya lagi nih,, kalo dah di perguruan tinggi kita pelajari matematikanya itu sama persis kayak di SMA??? misal materi Integral Dkk,, pokoknya yg begitu sangat sulit deh,, ?? itu kepake juga mas??

    cuz,, saya bingung mau masuk Kedokteran atau FTTM,,, saya galau di MTK nya mas -____- \….

    satu lagi ya mas,, (udah kyk di warung makan aja hehe) bedanya Tekkim sama Fttm apa ya? kalo di Tekkim Mtk nya kepake juga apa tidak dan kalo udah lulus dari Tekkim bisa bekerja di dunia perminyakan juga misa di perusahaan total juga kan?

    Trimakasih

    December 23, 2013 at 5:24 pm

    • Mas Agil

      Matematika itu bisa dipelajari mas, asal kita bener2 niat hehehe. Kalau kamu tekun, matematika itu akan menjadi menyenangkan (meskipun susah) :)).

      Di kuliah kamu tentu ketemu matematika tingkat lanjut, kalkulus (diferensial, integral), matematika teknik, dll. Tapi sekali lagi, semua bisa dipelajari, dan kalau dosennya enak, kamu akan jadi mengerti konsep dasar matematika tersebut, jadi bisa mengerjakan matematika lebih mudah

      Tekkim juga belajar matematika juga mas wkwkwk, pokonya matematika itu makanan wajib semua anak teknik deh hehe. Lulusan Tekkim bisa kerja di perusahaan Oil and Gas terutama di bagian process engineering :).

      Selamat memilih jurusan ya mas taufiq, semoga mendapatkan jurusan yang diinginkan, semangat!!!!

      January 19, 2014 at 1:24 pm

  212. dedeerland

    aslkm mas agil..salam kenal..
    sya msh lulusan stm elektro arus kuat,msh lanjutin kuliah jg ud smstr 5 ambil elektro arus kuat jg..alhmdulillah skrg krja d prusahaan offshore singapura yg brlokasi d jakarta..wlaupn msh d kntr hnya skdar desain..hhe
    *padahl pngen bgd k lapangan tp msh nanggung mw nyelesain kuliah..
    mas,boleh minta alamt emailny gk? buat sharing nd brangkali ad materi”elektro bgus dr itb yg bs d wariskan k saya..hhe
    jjur sya bru msuk prusahaan offshore oil n gas cz sblmny cm brgelut d project highrise building,mining n industry aj..hhe
    jd mngkn btuh bnyk pncerahan dr mas agil..^_^
    thanks..

    December 24, 2013 at 1:33 pm

    • Mas Agil

      waalaikum salam, salam kenal mas dede hehe.

      Alamat emailku dimas.agil90@gmail.com

      maaf baru bales, soalnya sibuk banget 2 bulan terakhir ini hehe

      January 19, 2014 at 1:28 pm

  213. Diyanaka

    Mas Agil. Btw, mas Agil sekarang kerjanya di mana? Maksudnya di pulau atau di laut? Di daerah mana mas? ._.

    December 30, 2013 at 3:02 pm

    • Mas Agil

      Aku kerjanya di Delta Sungai Mahakam yang katanya tahun 2017 diakuisisi sama Pertamina itu loh mas Diyan

      January 19, 2014 at 1:30 pm

  214. doni

    mas mau tanya peran oseanografi di O n G itu dimana setau mas?

    January 3, 2014 at 5:41 pm

    • Mas Agil

      Oseanografi membuat pemetaan kondisi perairan di lapangan perusahaan oil and gas yang bersangkutan. Kaya kedalaman air laut saat pasang dan surut, angin, arus, dan lain2. Jadi lebih ke bagian marinenya mas doni

      January 19, 2014 at 1:40 pm

  215. Calvin

    Mas, lebih baik memilih perminyakan atau pertambangan?

    January 3, 2014 at 9:32 pm

    • Mas Agil

      Tergantung minat mas Calvin hehe, kalo aku sih minat ke Oil and Gas :D

      January 19, 2014 at 1:59 pm

  216. rafii

    mas saya mau masuk jurusan teknik geologi tapi masih kebingungan memilih universitas. mas punya referensi mana universitas yang bagus?, trims infonya sangat membantu :D

    January 5, 2014 at 4:25 pm

    • Mas Agil

      Karena saya jebolan ITB, saya sangat merekomendasikan Teknik Geologi ITB hahaha :D

      January 19, 2014 at 2:15 pm

  217. Maulida

    Blognya sangat menarik mas, hehe
    Saya sekarang kelas XII dan saya berencana ingin kuliah di Jurusan Teknik Kimia. Mas agil bisa kasih gambaran tidak, Pekerjaan chemical engineer di perusahaan o&g tempat mas bekerja seperti apa?

    January 5, 2014 at 4:58 pm

    • Mas Agil

      Chemical Engineer bisa bekerja di refinery / Penyulingan minyak, jadi mengolah minyak mentah menjadi produk2 yang lain seperti bensin, solar, avtur, aspal, LPG dan lain2. Selain itu bisa kerja jadi process engineer, jadi klo kamu kerja dibagian hulu energi, gas dan minyak itu akan dialirkan ke process facilities seperti yang aku jelasin di artikelku. Pokonya dia bertanggung jawab supaya process facilitesnya itu tetep berjalan dengan stabil

      January 19, 2014 at 2:21 pm

  218. karim

    kalo lulusan smk bisa masuk itb gak ka

    January 7, 2014 at 3:34 pm

    • Mas Agil

      wah aku kurang tau deh. Tapi kynya klo lulus SNMPTNnya kayanya bisa2 aja mas karim

      January 19, 2014 at 4:27 pm

  219. salam teknik agan agan,mas mas, dan om,
    salam kenal saya mhasiswa D III teknik perminyakan dari Akamigas Balongan..
    mungkin blum bnyak yg tau, karena ini kampus baru 10 taun umurnya :D
    ane mau tanya ni sama Suhu” skalian, smester depan ane mau KP, pengen nya si di lapangan yg lgi eksplorasi, enak nya ngambil materi apa ya, makasih agan…
    oya minta akun twitter nya skalian ntar saya follow :D

    January 8, 2014 at 12:20 pm

    • Mas Agil

      salam teknik juga mas hafidz :)

      wah lapangan yang lagi eksplorasi ya? ane kurang tau juga gan, biasanya klo eksplorasi itu sifatnya secret.. soalnya masi dalam tahap pencarian minyak dan berpengaruh sama nilai saham perusahaan hahaha. Ambil materi drilling sumur eksplorasi aja mas Hafidz hehe. AKun twitter saya @dimas_at

      January 19, 2014 at 4:29 pm

  220. alibaba

    mau nanya dong ka, biaya kuliah di itb mahal gak sih buat teknik pemninyakan?
    saya pengen banget masuk ke situ

    January 9, 2014 at 4:32 pm

    • Mas Agil

      Ga mahal2 banget kok mas ali, cari aja beasiswa, banyak kok hehe :)

      Yang penting masuk aja dulu, biaya kuliah mah gampang ;). Yang penting kita rajin cari informasi hehe

      January 19, 2014 at 4:30 pm

  221. thanks infonya Mas ! saya skrg kelas 12 ipa .. saya sangat berminat masuk jurusan tehnik perminyakan,apakah ada kiat-kiat khususnya mas ? :D minta sarannya ;;)

    January 9, 2014 at 6:23 pm

    • Mas Agil

      Pelajaran science sangat penting, jadi tekuni matematika, fisika, dan kimia.

      Ikut Bimbel juga supaya meningkatkan peluang lulus SNMPTN :)

      January 19, 2014 at 4:30 pm

  222. hayatmi

    Saya lulusan D3 perminyakan nih..saya pengen lanjut ke S1 kira2 dimana yah yg bisa buat lanjutan u/ kelas karyawan..kalo emang ga ada yg jurusan perminyakan lebih bagus nya saya beralih kejurusan apa ya mas? Terimakasih :)

    January 10, 2014 at 1:48 pm

    • Mas Agil

      AKu kurang tau sih mbak klo ekstensi dari D3 ke S1 perminyakan. Coba cari2 informasi di STT migas :), kayanya ada program ekstensi dari D3 ke S1

      January 19, 2014 at 4:31 pm

  223. Selamat malam Mas Agil
    Saya kelas XII IPA dan saya berminat untuk melanjutkan S1 Teknik kimia
    Menurut mas Agil lebih bagus teknik kimia ugm atau teknik kimia undip ?
    Rata2 lulusan teknik kimia yg bekerja di Total kebanyakan almamater dari universitas mana mas ?

    Terima kasih Mas… :D

    January 10, 2014 at 9:03 pm

    • Mas Agil

      Kalau secara overall, pamor UGM lebih tinggi daripada Undip, jadi klo bisa masuk ke UGM lebih bagus mas Bagas (bukan berarti Undip itu jelek yah). Rata2 lulusan teknik kimia yang kerja disini dari ITB, UGM mas Bagas

      January 19, 2014 at 4:33 pm

  224. Fritz

    Mas, Kalau mau masuk teknik geologi apakah harus berbadan besar?

    January 12, 2014 at 5:59 pm

    • Mas Agil

      ga juga, yang penting kesehatan dan fisik kamu bagus. Biasakan olahraga rutin yaaa :)

      January 19, 2014 at 4:33 pm

  225. yoga

    Om Agil, saya mau tnya
    kalo msuk di teknik perminyakan itu nilai mapel apa aja yg di butuhin?

    January 13, 2014 at 3:06 pm

    • Mas Agil

      Standar orang teknik, Matematika, Fisika dan Kimia mas Yoga :)

      January 19, 2014 at 4:35 pm

  226. fupu

    nama saya fupu, saya mau tanya.. klw kita ga begitu mendalami di matematika dan fisika dan hanya mendalami di kimia kira-kira pekerjaan yang bagus di perminyakan untuk lulusan jurusan teknik kimia itu apa aja mas ? saya harap mas agil bisa menjelaskan lebih detail.. thanks

    January 15, 2014 at 10:28 pm

    • Mas Agil

      Bisa kerja di penyulingan minyak (merubah produk minyak mentah menjadi produk2 seperti premium, pertamax, solar, avtur, LPG dan lain2)

      atau kerja di bagian process facilities seperti yang saya jelasin di artikel hehe. Process facilities itu kerjanya memisahkan Gas, Minyak, dan Air dari sumur2 produksi untuk kemudian ditampung dan dikirimkan ke kapal2 tanker/penjual.

      January 19, 2014 at 4:38 pm

  227. Said opdri devindra

    mas, kalo universitas di provinsi sumsel bagusnya yang mana kalo untuk pertambangan, soalnya saya mahasiswa baru 2014, pilihannya akk migas di politeknik khusus & UGM ? :)

    thks..

    January 16, 2014 at 7:55 pm

    • Mas Agil

      Wah kalau saya kurang tau mas Said untuk di Sumsel hehe.

      Saya pilih UGM :)

      January 19, 2014 at 4:39 pm

      • cawan

        kalau buat univ di sumatra ada teknik perminyakan universitas islam riau di pekan baru.anak anak dari sumsel juga banyak yang kuliah di uir tersebut :D

        February 1, 2014 at 11:46 pm

      • Mas Agil

        Oke thx for the info ya mas cawan ehehe

        February 8, 2014 at 7:29 pm

  228. nugroho

    mas, kalo diindonesia ada gak univ dengan jurusan mud engineering?

    January 18, 2014 at 11:36 pm

    • Mas Agil

      Ga ada mas, itu keahlian khusus dan spesifik banget. Masuk jurusan teknik perminyakan aja dulu mas khususnya di bagian drilling :)

      January 19, 2014 at 4:40 pm

  229. ridho gunawan

    mas, basic untuk masuk FTTM ini apasih ? :( aku suka kimia mas. tp aku lemah di fisika :( bingung mau ambil t.kimia sama t.perminyakan :(

    January 19, 2014 at 2:44 pm

    • Mas Agil

      Matematika, Fisika, dan Kimia mas ridho. Aku juga lemah di fisika dulu, tapi gapapa,, yang penting lulus dulu masuk universitas hehe. Nanti belajar lagi kok pas kuliah ;)

      January 19, 2014 at 4:41 pm

  230. Aditya Yusuf Kurniawan

    kalau biaya perkuliahan di ITB skrg brp y mas?
    soalnya adik saya bentar lg mau lulus, dia jg lmayan ahli di olimp mtk

    January 19, 2014 at 4:04 pm

    • Mas Agil

      Klo jama saya dulu angkatan 2007 biaya per semester kira2 Rp.2.5 -Rp. 3 juta mas. Tapi klo sekarang sekitar 5-6 Juta, tapi banyak beasiswa kok, ga usah takut kuliah di ITB!!. Semoga adik mas lulus ya hehe :)

      January 19, 2014 at 4:42 pm

      • nunum

        Mas agil..mau nanya ni
        Aky jurusan ipa tapi keahlian aku bukan di fisika atau mtrmatika..aku bagus di bahasa
        Tapi pengen kerja di perminyakan..kira” bisa gak??dab jadi apa..ayah aku juga pernah diperminyakan soalnnya.makasih

        January 19, 2014 at 8:07 pm

      • Mas Agil

        Wah kalo bagusnya di bahasa bijaknya kamu ngambil ke jurusan bahasa aja mbak nunum, soalnya Teknik Perminyakan itu bener2 mengandalkan ilmu eksak.

        February 8, 2014 at 6:49 pm

  231. fikri al hakim

    mas, aku mw nanya nih…
    kalau lulusan geofisika itu prospek kerjany utk 4-5 thn kdpan kira2 msi bgus gk ya?
    soalnya ak mw msk kuliah (insya allah) jurusan geofisika…
    trmksh sblmnya…

    January 21, 2014 at 2:44 pm

    • Mas Agil

      Masih, tenang aja mas fikri. Selama masih ada bumi dipijak, teknik geofisika masih akan dipakai hehe

      February 8, 2014 at 6:49 pm

  232. sandy wahyu pratama

    asalamualaikum,mas agil mau tanya kalau jurusan perminyakan atau oli dan gas bagusnya diunivesitas mana selain di ITB, kalau di universitas sriwijaya palembang (unsri) apa ada jurusan tersebut atau tidak dan yg mana sebaiknya yg harus saya pilih mohon tanggapan dan saran terimakasih :)

    January 21, 2014 at 4:38 pm

    • Mas Agil

      Wah kalo Unsri saya gatau mas, ga hapal. Coba cek di web buatan teman2 saya di jangansalahjurusan.wordpress.com untuk informasi yang lebih lengkap :)

      February 8, 2014 at 6:50 pm

  233. DODOL

    cukup menarik blognya. kebetulan saya saat ini bekerja di perusahaan minyak. kalau bisa saya berkomentar, sebenarnya basic teknik itu itu-itu aja. mekanika fluida, termodinamika, matematika rekayasa. secara umum bidang yang vital di perusahaan perminyakan dibagi 2:
    engineering :Geologi,Geofisik,Reservoir,Teknik produksi & komplesi, drilling, surface facility (struktural, proses, elektrik, mekanikal)
    Operasional : operation planer, field engineer, field operator, etc.
    jadi perusahaan minyak cukup multidisiplin jurusanya. lulus teknik perminyakan belum tentu langsung jago di bidang drilling atau teknik produksi. bahkan banyak engineer2 teknik drilling dan produksi dari teknik non minyak seperti teknik kimia, mesin, tambang (apalagi kalau perusahaan membekali engineer dengan training2 pendukung).
    Jurusan teknik perminyakan hanya membuka kesempatan “agak” lebih dalam perekrutan. jadi temen2 yang di non-teknik minyak jurusannya jangan berkecil hati.
    menurut saya, jurusan mesin dan teknik kimia adalah jurusan yang sangat “versatile” karena bisa masuk ke segala jenis industri. wajar kedua jurusan ini kuliahnya susah. tapi peluang kerja sangat terbuka luas bagi dua jurusan ini disegala industri, termasuk minyak.
    Jurusan teknik sipil, mesin dan teknik kimia cukup banyak diindonesia baik negri maupun swasta, bagi teman-teman yang tidak berkesempatan di jurusan perminyakan, masih ada bidang lain yang “inline” dan masih membuka harapan kerja diminyak.
    sebagai catatan, lowongan kerja migas dari timur tengah lebih banyak ke project surface (struktur, mechanical, proses) sehingga tiga jurusan itu sangat dicari disana dengan permintaan yang tinggi. :).
    semoga blognya lebih kritis lagi

    DL

    Reservoir Engineer yang bukan lulusan minyak

    January 22, 2014 at 12:02 pm

    • Mas Agil

      Terimakasih atas masukannya mas.

      Sebagai catatan, tulisan saya ini mempromosikan teknik perminyakan, makanya yang dibahas peluang jurusan yang bersangkutan.

      Selain itu tujuan pembaca adalah orang yang awam dengan teknik perminyakan, jadi ga perlu terlalu detail dan kritis.

      Anyway thx for the critics

      Regards

      February 8, 2014 at 6:53 pm

  234. assalamualaikum mas agil..
    saya mau nanya gimana cara belajar yang paling efektif ketika kita ingin masuk PTN yang di inginkan..???

    January 23, 2014 at 5:11 pm

    • Mas Agil

      Hmmm, realistisnya kamu ga akan bisa mempelajari semua pelajaran untuk menghadapi ujuan seleksi penerimaan mahasiswa baru.

      Selain itu parameter kelulusan adalah nilai dari suatu ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru. Jadi cara yang paling efektif adalah bagaimana caranya kita bisa mendapatkan nilai bagus di ujian seleksi tersebut dengan cara bimbel, dan banyak2 latihan soal yang keluar di tahun sebelumnya (karena sebagian besar soalnya itu berulang).

      Pokonya yang penting lulus seleksi dulu, setelah lulus dan diterima, baru belajar dengan sungguh2, bukan semata mendapatkan nilai bagus, tapi lebih ke pengembangan kompetensi kamu sendiri hehe :)

      February 8, 2014 at 6:56 pm

  235. Mia Audina

    kak, kalau dari jurusan ips bisa gak masuk ke migas? peluangnya gimana ya mas? thanks:)

    January 24, 2014 at 7:56 pm

    • Mas Agil

      Ga recommended Mbak Mia. Paling bisa masuk dari jurusan ekonomi/finance/HR/legal(hukum) pokonya yang general2 gitu.

      February 8, 2014 at 6:57 pm

  236. putra wahyu j

    Mas kalau kuliah di jurusan teknik perminyakan ada peluang dapat beasiswa gak?syaratnya apa mas?makasih:)

    January 25, 2014 at 4:42 pm

    • Mas Agil

      Banyak mas putra. Syaratnya paling ya itu2 aja, tergantung dari beasiswanya.

      Klo untuk mahasiswa kurang mampu perlu surat keterangan tidak mampu. Trus nanti ada seleksinya gitu, wawancara, dll.

      Kalau udah keterima nanti dikontrol, biasanya lewat IP. Kalau beasiswa yang bergengsi, IP tiap semester minimal 3 hehehe.

      Tenang aja, beasiswa udah banyak kok sekarang, jangan takut!

      February 8, 2014 at 7:01 pm

  237. Fritz

    Mas masih bigung nih, bagusan mana antara T.geologi dan T.geofisika, peluangnya bagusan mana?
    Thnks mas, dari pertanyaan sebelumnya yg slalu dijawab

    January 25, 2014 at 8:16 pm

    • Mas Agil

      duh klo bagusan mana saya ga bisa jawab. Itu tergantung minat kamu kemana heheheh.

      Tapi kalau saya milih sih lebih ke teknik geologi :D

      February 8, 2014 at 7:03 pm

  238. putra wahyu j

    trus ada syarat kesehatan mata gak mas makasih:) blognya bermanfaat banget:)

    January 25, 2014 at 8:22 pm

    • Mas Agil

      Mata saya minus bisa2 aja masuk kok.

      Tapi emang salah satu persyaratannya medchecknya harus bagus, tapi sejauh mana kualitas mata menjadi concern saya kurang tau hahaha. Mungkin disini ada dokter yang bisa memberikan informasi?

      February 8, 2014 at 7:04 pm

      • Putra Wahyu J

        Mas minus brp?

        February 14, 2014 at 8:01 pm

  239. Aris Sandi

    Selamat pagi Mas,
    Saya mahasiswa tahun pertama FTTM ITB, saya juga memiliki minat yang cukup tinggi untuk masuk prodi teknik perminyakan. Kira2 peluang kerja teknik perminyakan untuk 3-4 tahun (waktu kelulusan) kedepan masih besar g ya? Terutama yang perusahaan multinasional?

    January 26, 2014 at 7:44 am

    • Mas Agil

      Masih tenang aja gan

      February 8, 2014 at 7:04 pm

  240. malik

    mas mau minta fb bisa ? t.mesin itu resiko nya untuk krja di minyak besar gk ya ? trus klau dri t.mesin ntar krjaannya ngapain diOnG ? terimakasih :D

    January 26, 2014 at 3:55 pm

    • Mas Agil

      Boleh2 aja tapi jangan dihack ya. Cari aja username dimas.agil

      February 8, 2014 at 7:09 pm

  241. alief

    Bang agil sy siswa MAN kelas 12 jurusam ipa. Rencana mau lanjut di teknik perminyakan, mohon doanya ya. Dan sy punya pertanyaan sistem kerja di perusahaan minyak itu apa pake sistem on off

    January 27, 2014 at 5:18 pm

    • Mas Agil

      Semoga berhasil ya mas alief hehe :)

      Sistem on off itu, contohnya 2 minggu on 2 minggu off

      Biasanya jadwal ini kalau kamu kerja di lapangan. Jadi 2 minggu itu bener2 full kamu di lapangan ga pulang2 (on). Tapi setelah 2 minggu, kamu pulang ke rumah 2 minggu full tanpa diganggu gugat sama pekerjaan :)

      February 8, 2014 at 7:16 pm

  242. Faris Abdurrahman

    mas saya masih kelas 11 ipa nih, saya berminat masuk teknik perminyakan itb, saya ingin masuk lewat jalur undangan, tapi yg saya denger2 nilai rapot yg diliat adalah semester 3,4,5, sedangkan di semester 3 saya hany masuk 10 besar di kelas, menurut mas agil gimana peluang saya untuk masuk di itb jurusan perminyakan??? terimaka kasih ya mas sebelumnya :))

    January 28, 2014 at 9:14 am

    • Mas Agil

      Duh saya gatau kalau penilaian jalur undangan hahaha. Tapi coba2 aja mas Faris :D

      February 8, 2014 at 7:17 pm

  243. Dicka_Beck

    Mas agil, ni aq dika alumni dari Politeknik Negeri Semarang..Aku pingin bgt bisa bekerja di perusahaan minyak, ini aku ada rencana mau ikut pusdiklat di cepu..enknya ambil posisi di HSE atau Ahli Juru Pengeboran?? minta penjelasannya donk mas agil..makasihhh :)

    January 28, 2014 at 10:12 pm

    • Mas Agil

      Ahli Juru Pengeboran!!!

      Drilling itu banyak ilmunya, kalo HSE terlalu umum dan di lapangan prakteknya hanya formalitas aja sih LOL

      February 8, 2014 at 7:18 pm

  244. Septiani R

    mas Agil, mau tanya nih kesempatan karir anak psikologi ptn di O & G company seberapa besar (untuk jadi HR)? biasanya requirementnya apa aja ya? soalnya saya sendiri masih bingung kepingin kerja di O & G company tapi takutnya kalah saing sama anak teknik yg juga minat di HR.

    January 29, 2014 at 2:59 pm

    • Mas Agil

      Wah klo anak teknik yang mau jadi HR pasti kalah sama kamu yang lebih jago di bidang psikologi. Permasalahannya sekarang adalah lapangan kerja untuk HR di Oil and Gas itu terbatas. Informasinya juga terbatas, jadi kamu harus rajin2 cari informasi Mbak Septiani :)

      February 8, 2014 at 7:19 pm

  245. maudy saraswati

    mas mau tanya, kalo cewe masuk teknik geologi itu aman nggak mas? bakal ada tekanan fisik ngga?
    trus kalo boleh tau akreditasi UPN perminyakan apa ya?

    January 29, 2014 at 6:58 pm

    • Mas Agil

      Aman kok, tapi emang biasanya ospek jurusannya agak keras, dengan maksud untuk meningkatkan mental karena lulusan geologi itu mayoritas calon orang lapangan semua hehehe.

      Akreditasi UPN perminyakan saya kurang tau, coba cari informasi di mbah google hehe. Tapi kayanya A deh.

      February 8, 2014 at 7:21 pm

  246. july

    permisi pak saya mau tanya apakah sarjana teknik elektro/informatika bisa masuk dunia oil and gas…. klo bisa jurusannya kmn ya pak?? skian trima kasih

    February 1, 2014 at 10:16 am

    • Mas Agil

      Saya dari lulusan Teknik Elektro ITB kok bro

      Semoga menjawab

      February 8, 2014 at 7:22 pm

  247. rany

    hai mas agil. keren banget blognya. saya seneng banget ngeliat coment yg ada mas jawab semua satu persatu. kagum!!

    saya kelas XII, sekarang ini saya sudah harus menentukan kemana pilihan nantinya. saya menyukai pelajarn biologi, fisika, dan matematika terutama aljabar dan trigonometri, namun saya agak lemah pada statistik. saya mengetahui tentang jurusan teknik perminyakan. dan saya merasa bahwa sepertinya ini satu bidang yang cocok untuk saya. bolehkah mas agil lebih meyakinkan saya lagi bahwa ini memang benar-benar tepat untuk saya? dan juga bagaimana prospek kedepannya saya sebagai perempuan yg tamatan dari teknik perminyakan?
    terimakasih..

    February 1, 2014 at 6:57 pm

    • Mas Agil

      Terima kasih Mbak Rany :). Maaf kalau balesnya lama, soalnya lagi masa2 sibuk training hahaha

      Statistik ga terlalu kepake di perminyakan Mbak Rany. Hehehe, jadi kamu udah pas banget masuk ke jurusan perminyakan ini.

      Perempuan karirnya bagus kok, Dirut Pertamina aja sekarang cewe. Total E&P Indonesie juga bosnya cewe, jadi tenang ja mbak :)

      February 8, 2014 at 7:26 pm

  248. andika

    Mas kalau teknik pertambangan dan teknik perminyakan prospek kerjanya gimana, trus di mana aja tempat kuliah yang ada teknik pertambangan dan perminyakan yang bagus ?

    February 2, 2014 at 11:26 am

    • Mas Agil

      Coba cek detailnya di jangansalahjurusan.wordpress.com

      Yang ngurus blognya salah satunya saya hehe

      February 8, 2014 at 7:30 pm

  249. muezza

    mas agil doain saya ya bentar lagi penjurusan

    February 2, 2014 at 10:03 pm

    • Mas Agil

      Amiiin, semoga berhasil ya :)

      February 8, 2014 at 7:32 pm

  250. vindhyaris

    om om,
    aku pengen masuk pertambangan atau perminyakan dan lebih tertarik kalau kerja di lapangan apalagi setelah baca tulisannya om yang ini. makin tertarik. tapi sayangnya ortu gak ijinin. padahal kalau dilihat perbandingan peluang masuk kedokteran dengan pertambangan lebih banyak pertambangan

    February 3, 2014 at 10:21 pm

    • Mas Agil

      Well, saranku sih patuhi orang tuamu hehehe. Karena restu dari orang tua sangat penting :).

      Kalau kamu bener2 pengen, coba dirayu2 dan diberikan penjelasan untuk menenangkan hati orang tua supaya kita diberi restunya :)

      February 8, 2014 at 7:33 pm

  251. Ilham

    mas, kalo dari SMK bisa kerja di Total/perusahaan oil & gas gak ya ?? kalo bisa di posisi apa ??
    ini saya kelas 12 teknik pengolahan migas & petrokimia SMK Migas Cepu..
    pengennya saya kerja sambil kuliah gitu mas..

    makasih :)

    February 5, 2014 at 7:51 pm

    • Mas Agil

      Bisa kok mas, klo di Total program OTP khusus operator itu nerima dari SMK :)

      February 8, 2014 at 7:34 pm

      • Ilham

        OTP itu apa ya mas ?? Udah ada recruitmen apa belum ??
        Mohon info2 nya mas..
        makasih :)

        April 22, 2014 at 7:49 pm

  252. rochmah nugraheni

    teknik mesin untuk cewek berat gag sih kak?

    February 6, 2014 at 4:34 pm

    • Mas Agil

      Hmmm, ga sih, tapi mayoritas teknik mesin itu cowo hahahaha. Tapi kamu bisa menjadi orang yang paling cantik di teknik mesin :)

      February 8, 2014 at 7:36 pm

  253. Silvi

    Mas Agil, kalo kita masuk T.Perminyakan itu nyari kerja gampang ga? UIN jkt kan buka fakultas baru, slh satu jurusannya itu T.Perminyakan. menurut mas Agil, kalo masuk UIN gmn? saya takut susah nyari kerjanya mas

    February 6, 2014 at 10:52 pm

    • Mas Agil

      Ga usah takut mikirin susah nyari kerja mbak Silvi. Fokus dulu masuk kuliah, dan belajar dengan rajin sehingga lulus dengan memuaskan dan punya kompetensi. ABis itu baru pusing mikirin nyari kerja hahaha.

      Semua tergantung kamu, klo kamu sukses memanfaatkan kesempatan kuliah buat mengembangkan diri kamu menjadi pribadi yang berkualitas, nyari pekerjaan itu insyaAllah dimudahkan :).

      February 8, 2014 at 7:37 pm

  254. Go-Song

    kak, ada nggak sih perempuan yang masuk teknik perminyakan?
    soalnya aku pengen masuk.
    oh,ya … ada saran nggak soal universitas mana yang bagus teknik peminyakannya dan peluang masuknya itu sebesar apa?

    February 7, 2014 at 1:04 am

    • Mas Agil

      Ada banget, banyak malah.

      Saranku sih masuk ITB (Maklum lulusan sana). Peluang masuk tergantung usaha kamu. Dan jujur usaha saya dulu ga main2, hahahaha. Penuh perjuangan tapi worth it

      February 8, 2014 at 7:38 pm

      • Go-Song

        kak,masuk kesana nilainya minimal harus berapa?
        biar aku siapin dari sekarang…maklum baru kelas X soalnya.

        February 14, 2014 at 9:31 pm

      • Mas Agil

        Wah aku kurang tau juga mas Algi…. maaf ya :(. Yang penting kamu berusaha supaya dapet nilai setinggi mungkin dari sekarang :)

        March 2, 2014 at 2:44 pm

  255. Aflikh

    Kak cewe kalo masuk teknik geologi berat gak? Dan kalo di prusahaan oil & gas itu kerjanya apa aja? Kira2 gaji berapa? Jawab yaaa makasih :)

    February 7, 2014 at 11:32 am

    • Mas Agil

      Gak berat kok, pasti kamu bisa :).

      Di Oil and Gas anak Geologi lebih ke eksplorasi, pencarian lokasi potential dimana letak minyak dan gas berada hehe.

      Gaji minimal 2 digit mbak Aflikh

      February 8, 2014 at 9:53 pm

  256. Samin Rumpai

    kalau tempat kursus minyak untuk bidang:
    1. kursus seismik minyak dan gas bumi?
    2. kursus mud?
    3. kursus safety gas and oil?
    4. kursus NDT?
    5. kursus WI?
    6. kursus drilling?

    dan lain lainya tempat kursusnya dmana kalau di indonesia???kalau yang di CEPU apakah benar kursus di tempat tersebut harus ada rekomendasi dari perusahaan gas n oil??atau dengan kata lain kita adalah karyawan suatu perusahaan baru bisa kursus di CEPU??

    February 7, 2014 at 7:09 pm

    • Mas Agil

      Wah aku kurang tau ni mas. Tapi sertifikasi di Cepu biasanya emg request dari perusahaan. Ni aku baru sertifikasi SKKNI Wireline sama Snubbing di Cepu

      February 8, 2014 at 9:54 pm

  257. hasbi

    Mantap blognya mas. Oy mau nanya mas, klo org yg kerjanya di unit well test itu gmna ya kerjanya? Mungkin bisa dijelaskan mas, trima kasih :)

    February 8, 2014 at 10:30 am

    • Mas Agil

      Thx mas hasbi. Well Test itu kerjanya ngetest sumur, jadi dialirin ke fasilitas sementara buat diukur berapa produksi gas, minyak, dan airnya buat data orang produksi.

      Kalau abis drilling ada yang namanya Drill Stem Test buat mengetahui potensi reservoir sumur baru yang dibor hehe. Semoga menjelaskan

      February 8, 2014 at 9:57 pm

      • hasbi

        Makasih mas agil udh dijawab, saya baru2 ketrima soalnya di salah satu perusahaan service company oil n gas mas, dan wktu interview user kmrin sma org unit well test., bisa dibilang ini hal baru bagi saya di dunia perminyakan mas :)

        February 9, 2014 at 7:30 am

      • Mas Agil

        Oke good luck ya mas Hasbi :). Selamat berkarir hehehe. Regards

        March 2, 2014 at 2:29 pm

  258. rudi

    Pagi mas agil, kira kira gajinya anak teknik produksi, teknik reservoir, sama eksplorasinya geofisika gedean mana gajinya . ane minat fttm nih mas

    February 9, 2014 at 1:52 am

    • Mas Agil

      Hmm, ane kurang tau gan. Tapi kayanya eksplorasi itu gajinya dewa

      March 2, 2014 at 2:28 pm

  259. Stiven Julian

    mas agil blognya sangat bagus nih infonya, saya ingin bertanya, saat ini saya berada di kls 11 ipa dan saya berminat dengan jurusan oseanografi. yang saya dengar setelah browsing di internet adalah jurusan oseanografi bisa bekerja di perusahaan gas dan minyak. kira2 orang yg lulusan dari jurusan oseanografi apabila bekerja di perusahaan gas dan minyak akan bekerja di bidang/bagian apa ya?? Tolong dijawab ya, terima kasih

    February 9, 2014 at 12:22 pm

    • Mas Agil

      Biasanya kerja di bagian Marine mas Stiven :)

      March 2, 2014 at 2:29 pm

  260. makasih mas agil atas infonya..
    mau nanya lagi kalau teknik industri itu berat gak sih buat cewe, terus kira2 di ITB itu peluang masuk jurusan teknik industri itu besar gak?
    oh iya terus cara ngedapetin bidik misi itu kaya gmana?

    February 9, 2014 at 4:56 pm

    • Mas Agil

      Teknik Industri ga terlalu menguras fisik kok Mbak Dini, jadi ga berat buat cewe.

      Peluang masuk ITB saya kurang tau, tergantung kemampuan kamu karena saingan masuk ITB banyak. Kalau kamu yakin, hajar aja hehe.

      Cara dapetin beasiswa bidik misi coba cari aja di google, atau coba kamu cari di beasiswaindo.com

      March 2, 2014 at 2:31 pm

  261. Putra Wahyu J

    Mas minus brp?

    February 14, 2014 at 8:11 pm

    • Mas Agil

      Minus 1.5 aja kok mas putra

      March 2, 2014 at 2:31 pm

  262. Putra Wahyu J

    Mas diantara reservoir engineering, drilling engineering dll mana peluang kerjanya paling besar dan paling mudah untuk masuk?makasih:)

    February 14, 2014 at 8:17 pm

    • Mas Agil

      Hmm, susah juga ngejawab pertanyaan kaya gini mas putra. Tergantung kebutuhan perusahaan hehe.

      Tapi kayanya Reservoir itu lebih banyak peluangnya :)

      March 2, 2014 at 2:32 pm

      • Putra Wahyu J

        Makasih mas:)

        March 4, 2014 at 9:55 pm

      • Mas Agil

        Sama2 ^^

        March 9, 2014 at 2:24 pm

  263. Putra Wahyu J

    Mas tolong sebutkan dong materi apa saja yg diperlukan utk masuk ke FTTM yang ada pada Fisika,kimia,matematika supaya bisa saya dalami, makasih:)

    February 14, 2014 at 8:30 pm

    • Mas Agil

      Wah perdalami semua mas… Tapi kalau Kimia yang penting sekedar lulus. Kalau fisika yang penting mekanika fluida. Matematika yang penting itu kalkulus (integral, diferensial, etc)

      March 2, 2014 at 2:43 pm

  264. awang bayu

    Salam mas agil yg baik hati..
    Semoga tuhan senantiasa mberikan karunianya kpd mas krna kebaikan utk berbagi ilmu dan informasi kepada saya dan teman2 semua.
    Yang ingin saya tanyakan adlah saya memiliki minat yg sngt besar utk bergabung di O&G Company tetapi sy lulusan SMK jurusan tehnik elektro dan prnh bekerja di bengkel otomotif dn terakhir sy kuliah di bidang manajemen informatika lulusan d3..apakah ada batasan umur maksimal utk join di O&G?
    Apakah ada semacam pelatihan atau training di O&G? Kalau ada mohon bantuannya agar saya bisa menghubungi alamt tsb dan no.telepon jika ada..terima kasih atas sarannya.
    Awang bayu asmara.

    February 15, 2014 at 9:35 pm

    • Mas Agil

      Amin terima kasih mas bayu.

      Kalau batasan umur itu tergantung dari perusahaan mas. Kayanya sampean cocok buat ngelamar di service company :). Cari2 aja lowongan kerja buat jadi field specialist di service company kaya Halliburton, Baker, Schlumberger, Elnusa :)

      March 2, 2014 at 2:45 pm

  265. Rudy Tri

    Klo ambil geofisika MIPA di UGM gmana ya kerjanya? Apakah sama dengan yang teknik?

    February 16, 2014 at 8:23 am

    • Mas Agil

      Wah aku kurang tau mas. Untuk info jurusan coba mampir di jangansalahjurusan.wordpress.com

      March 2, 2014 at 2:46 pm

  266. aefan

    saya mw tanya,,
    msalkan minyak habis, bgaimna prospek tek.perminyakan k depannya?
    bgaimna prospek tek.perminyakan yg msih memiliki akreditas C ?

    February 16, 2014 at 5:47 pm

    • Mas Agil

      Tenang aja mas, cadangan migas masih banyak.

      Tapi kalau minyak abis ya teknik perminyakan udah ga dibutuhkan lagi, mungkin energi akan beralih ke sumber energi terbarukan (renewable energy)

      March 2, 2014 at 2:46 pm

  267. arfan

    bolehkah sya minta no HP / fb mas??
    klau boleh ada yg sya ingn tanyakn..

    February 16, 2014 at 5:49 pm

  268. Hafiz Darmawan

    assalamu’alaikum mas, mau nanya nih. setiap univ itu yang membedakan apanya ya? apa ada kualitas tertentu yg disediakan univ x atau y dan bisa lebih unggul dari univ yg lain?

    terus itu menurut mas univ buat perminyakan sendiri yang the big three lah istilahnya di Indonesia apa aja?

    gimana dengan stt. migas balikpapan? mas tau gak? familiar gak di telinga mas? dan gimana peluang persaingan stt. migas itu sendiri dengan univ lain.
    makasih mas, assalamu’alaikum.

    February 17, 2014 at 8:11 pm

    • Mas Agil

      Hmm yang membedakan itu kualitas tenaga pengajar, dan fasilitas pendidikannya mas Hafiz.

      Big three teknik perminyakan -> ITB, UPN, Trisakti (opini pribadi)

      Familiar kok mas Hafiz, kalau kuliah di STT Migas Balikpapan justru peluangnya lumayan besar karena di Balikpapan banyak perusahaan Oil and Gas. Jadi memang pusat operasinya disana :)

      March 2, 2014 at 2:49 pm

  269. kurnia bima

    kalau geofisika murni bisa ke perminyakan nggag ?

    February 19, 2014 at 5:37 pm

    • Mas Agil

      Bisa bisa aja

      March 2, 2014 at 2:50 pm

  270. Hanna

    blognya kece mas.
    mas, aku mau nanya, kalo utk cewek bagusnya ambil apa mas? geologi, perminyakan, pertambangan? apa cewek2 dijurusan itu pada sukses mas? trims

    February 20, 2014 at 12:45 am

    • Mas Agil

      Terima kasih mbak Hanna, yang punya blog juga kece abis :p.

      Kalau cewe aku saranin masuk teknik perminyakan di bagian reservoir :)

      March 2, 2014 at 2:50 pm

  271. suyono

    bang agil mnta srannya dong, aku kls XII sma pngen ke T.perminyakan . nah buat SNMPTN dftar plihan bgusnya kmna aja ya bang?

    February 22, 2014 at 8:20 pm

    • Mas Agil

      ITB!!!!! Ayo belajar yang giat dari sekarang! kamu pasti bisa! :)

      March 2, 2014 at 2:51 pm

  272. putra wahyu jonan

    Mas dalam masuk perkuliahan FTTM kan harus bisa fisika, kimia, dan paling utama matematika, saya mau nanya dalam ke 3 mata pelajaran itu materi yg penting apa apaaja? Tolong jelaskan apaapa aja yg harus dipelajari mas? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih:)

    February 22, 2014 at 10:01 pm

  273. Ada saran universitas dengan teknik geologi yang josss ???

    February 25, 2014 at 10:01 pm

    • Mas Agil

      ITB!!!!

      March 2, 2014 at 2:54 pm

  274. badrus soleh helmi

    kak saya pengen sekali masuk T.perminyakan tapi saya takut biayanya di perminyakan terlalu mahal…..minta solusinya kak

    February 26, 2014 at 10:57 am

    • Mas Agil

      Jangan takut mas badrus. Yang penting kamu keterima dulu. Beasiswa banyak banget kok, nanti kalau udah masuk langsung cari beasiswa di bagian kemahasiswaan universitas tersebut. Ane yakin mereka pasti ngebantu banget.

      Atau engga, cari info beasiswa dari awal sebelum daftar kuliah. Coba cek beasiswaindo.com buat informasi beasiswa2 di Indonesia :)

      March 2, 2014 at 2:55 pm

  275. badrus soleh helmi

    kak di tes masuk up45 di perminyakan biasanya apa saja materinya……….mohon pembrithuannya

    February 26, 2014 at 10:59 am

    • Mas Agil

      Wah aku kurang tau mas, aku alumni ITB soalnya. Mungkin ada yang bisa bantu jawab?

      March 2, 2014 at 2:56 pm

  276. jesika

    mas agil,saya dari jurusan ipa mau masuk di universitas sriwijaya palembang disitu ada jurusan pertambangan,tapi saya ga terlalu pintar-pintar amat di Mtk kimia fisika, ada rekomendasi buat jurusan diperminyakan ga mas?

    February 27, 2014 at 9:22 pm

    • Mas Agil

      Coba teknik perminyakan UPN mbak jesika :)

      March 2, 2014 at 2:56 pm

      • Asia

        Mas aku mau kerja di sektor oil and gas (di officenya sih) karena aku perempuan. Aku akan menghadapi sbmptn tulis taun ini, ga pake snmptn undangan. Kalo pilihan daftarnya ini menurut mas tepat ga? Pengen fttm itb cuma itu favorit banget aku takut. Sebagai alternatif aku milihnya :

        Untuk PTN :
        1. Fitb itb
        2. Teknik geologi unpad

        Untuk PTS : Perminyakan Trisakti

        March 9, 2014 at 10:05 am

      • Mas Agil

        Oke kok. Klo km yakin sm kemampuan kamu mending hajar FTTM sekalian ya ^^

        March 9, 2014 at 2:25 pm

  277. Agus Saputra

    Assalamualaikum mas agil
    saya mau tanya, saat ini saya punya plan untuk kuliah di perminyakan, kebetulan di kota saya (Balikpapan) ada sekolah untuk perminyakan
    yakni STT MIGAS Balikpapan. Cuma saya bingung mau masuk jurusan apa. Kira-kira mas agil bisa memberi sedikit penjelasan yang jelas ga untuk jurusan seperti Teknik Perminyakan, Teknik Geologi Pertambangan Migas, Teknik Pemboran Migas, Teknik Industri Migas, Teknik Instrumen Elektronika Migas, Teknik Pengolahan Migas.
    Kalau mas agil berkenan untuk menjelaskan tiap – tiap dari jurusan tersebut, mas agil bisa mengirimkan penjelasannya ke email saya agus_devha589@yahoo.com. Syukron. Wassalamualaikum…

    March 2, 2014 at 6:30 pm

  278. Irvan

    inspiratif sekali mas Agil…
    Saya mau nanya, klo di perusahaan Oil dan Gas bagian dokumnent kordiantor itu kerja nya kayak gimana sih mass??
    bisa gak buat aku yang lulusan Teknik Informatika? sudah punya pengalaman sebagai admin 5 tahun…
    trus klo masalah gaji nya itu brapa ya??? thaks

    March 6, 2014 at 3:50 pm

    • Mas Agil

      Kamu bisa masuk ke bagian IST (ITnya gitu lah). Gaji oil and gas ya standar dua dijit lah

      April 19, 2014 at 7:43 am

  279. iqbal

    salam kenal semua ? oh iya ada yg tau soal akamigas balongan hello ? hehehehe :D

    March 11, 2014 at 9:06 pm

  280. assalamu’alaikum mas agil saya mau tnya hmm gimna ya saya itu pengen bnget bisa masuk jurusan perminyakan dan gas tapi kelemahan saya dalam pelajaran fisika matematika , tapi dalam hati kecil saya ada keinginan disana nah gmna donk mas kasih solusi donk mas?

    March 12, 2014 at 3:02 pm

    • Mas Agil

      Hmmm kalau saran saya sih jangan dipaksain mbak, sesuaikan minat dan kemampuan kamu biar hasilnya maksimal hehe

      April 19, 2014 at 6:53 am

  281. andreas

    kak, sy siswa sma lulus tahun ini, anak kalimantan, rencananya mau ambil FTTM tapi yg jadi pikiran, kalau ntar disana kan penjurusannya semester 3 yah? ada trik atau tips gk biar bisa msk ke perminyakannya? soalnya kalo msk ke metalurgi misalnya.. gak mau wkwk-_- thx in advance

    March 12, 2014 at 10:23 pm

    • Mas Agil

      Sarannya simple mas andreas, kalau udah masuk FTTM kamu harus belajar lebih keras daripada yang lain. Soalnya pengurutan jurusannya berdasarkan nilai. Jadi kalau nilai kamu bagus dan lebih baik dari temen2 yang lain, in syaa Allah kamu bakalan keterima hehe

      April 19, 2014 at 6:54 am

  282. Pak, saya kan mahasiswa tingkat akhir jurusan matematika (bidang minat pemodelan dan simulasi). Klo mengenai prospek kerja lulusan s1 math terapan di industri OnG gmn yaa? Semisal s2 saya nanti mengambil teknik perminyakan ato teknik2 yg arahnya ke OnG gitu peluang krjanya bagaimana? Trmksih..

    March 15, 2014 at 1:18 pm

    • Mas Agil

      Hmmm kalau jurusan matematika aga susah sih masuk ke industri oil and gas. Tapi coba-coba aja ngelamar. Jujur aku gatau penempatan lulusan matematika di oil and gas. Biasanya orang matematika masuk ke konsultan gitu

      April 19, 2014 at 6:55 am

  283. mas agil saya pernah di kasih tau sama temen, katanya kalau teknik perminyakan itu harus “kuat fisik” maksudnya kuat fisik itu gimana?
    terus kalau kuliah belajarnya tentang apa aja?
    terima kasih

    March 16, 2014 at 9:21 am

    • Mas Agil

      Pekerjaan teknik perminyakan itu ada yang kerjanya di lapangan mas Kemal jadi perlu fisik yang bagus. Tapi kalau jadi engineer kerjanya di office kok hehehe

      April 19, 2014 at 6:58 am

  284. willy

    mas agil saya mau nanya… sekarg saya kuliah di jurusan fisika murni , tapi saya masih mau ikut sbmptn tahun ini ,
    apa peluang kerja untuk fisika murni menjanjikan 3 tahun kedepan mas ???
    saya memang suka pelajaran fisika, tapi saya lebih suka lagi dn ingin kuliah di jurusan tekhnik geologi….
    menurut mas ini langkah yg benar bukan saya ikut sbmptn lagi ,,, untuk geologi (saya perempuan )….

    March 16, 2014 at 10:50 am

    • Mas Agil

      Kamu enjoy ga di jurusan fisika? kalau kamu enjoy lanjutin aja, kalau ga enjoy ya pindah aja. Tapi pastiin kalau kamu pindah, kamu bakalan enjoy di jurusan tersebut.

      Pokonya keputusan kamu tepat kalau kamu emang suka teknik geologi dan mengejar tujuan kamu itu. Kalau misalkan semata2 pindah karena merasa jurusan fisika prospeknya kurang, keputusan kamu salah. Jurusan fisika banyak yang mau kok

      April 19, 2014 at 7:02 am

  285. adhitya whisnu bayu aji

    ass… mas mau tanya kalau seandainya saya kuliah di UPN Yogyakarta jurusan perminyakan / pertambangan peluang lulus dan langsung kerja kira2 gimana ??
    di tunggu mas balasannya :)
    makasih:)

    March 17, 2014 at 10:29 am

    • Mas Agil

      Yang namanya ngelamar kerja itu butuh proses mas adhitya. Jadi abis lulus kalau kamu belum ngelamar ya pasti nunggu panggilan dulu.

      Saranku biar efisien, menjelang kelulusan sekitar 3-4 bulan sebelum lulus kamu udah apply ke perusahaan yang kamu inginkan. Jadi ketika pas abis lulus, kamu udah tinggal ikutin proses seleksi perusahaannya (udah nyuri start di awal2)

      April 19, 2014 at 7:04 am

  286. lila

    mas agil…anak saya insyaallah tahun ini lulus ingin masuk kuliah tehnik perminyakan, dia jurusan ipa tp pelajaran fisika,mtk dan kimia biasa2 aja atau disebut rata2 air, biasa gak ya dia nanti mengikuti setiap mata kuliahnya

    March 17, 2014 at 3:27 pm

    • Mas Agil

      Wah semoga anaknya bisa lulus dan masuk ke teknik perminyakan ya bu lila.

      in syaa Allah kalau udah terlanjur basah kecemplung di jurusan teknik perminyakan, iklimnya sangat kompetitif. Itu semua tergantung dari minat dan tekad anak ibu, kalau misalkan dia pekerja keras in syaa Allah dia akan bisa ngikutin kegiatan perkuliahan dengan baik. Support dari orang tua sangat penting, jangan sampai anak ibu menyerah di tengah jalan hehehe. Semoga sukses

      April 19, 2014 at 7:09 am

  287. mas agil,kebetulan insyaallah sya ad rencana untuk kuliah d stt migas balikpapan( masih rencana ).
    nah kebetulan sya pekerja ( mw sambil kuliah ),nah d stt migas bpn sndiri ini untuk S1 hnya ad jurusan teknik perminyakan,
    pdhal yg sya incar adlah pengolahan.
    sedikit pngen tw,untuk jurusan pengolahan ini apa sja yg diutamakan dlm pelajrannya sndiri,& jika dipekerjakan apa yg biasa d lakukan…
    terimakasih

    March 17, 2014 at 10:03 pm

    • Mas Agil

      Pengolahan itu maksudnya penyulingan refinery ya? Kalau begitu kimianya harus kuat mas. Kalau pekerjaan yang dilakukan intinya mengatur semua proses yang ada di instalasi penyulingan.

      April 19, 2014 at 7:11 am

  288. mola

    mas agil saya mau nanyak
    saya pengen kuliah di fttm itb,tapi saya kurang bisa di pelajaran kimia dan matematika

    March 21, 2014 at 5:35 pm

    • Mas Agil

      Masih cukup waktu buat belajar kimia dan matematika mbak. Serius ini harga mati

      April 19, 2014 at 7:11 am

  289. sy udah kerima di teknik geofisika UPN, tp sy masih ragu dg prospek kerja sy nanti.. kira-kira prospek sy ke depannya gmna ya ? bagus sekali kah atau gimana yaa…

    March 22, 2014 at 4:33 pm

    • Mas Agil

      Sekarang fokus kamu adalah belajar dan mengembangkan diri kamu. Kalau kamu punya skill, ga perlu takut nanti kalau udah lulus, pasti banyak perusahaan yang mau merekrut kamu

      April 19, 2014 at 7:12 am

  290. Sera

    Permisi mas mau tanya, kira2 kalau lulusan teknik lingkungan terus ingin bekerja di perusahaan minyak dan tambang bisa tidak? dan masuk nya ke bagian apa ya? terimakasih

    March 23, 2014 at 7:41 pm

    • Mas Agil

      Bisa banget, sekarang lagi gencar2nya HSE, Health, Safety, and Environment. Kamu bisa masuk ke bagian HSE :)

      April 19, 2014 at 7:13 am

  291. Yusuf Septiawan

    mas Agil mau tanya, untuk daftar snmptn, 3 jurusan yang sebaiknya di pilih terkait O&G apa aja ya? dan di Universitas mana saja? Soalnya pilihan pertama saya sudah pilih FTTM di ITB yg 2 jurusan lg masih bingung nih hehe

    March 24, 2014 at 8:47 pm

    • Mas Agil

      pilihan 2 UPN aja mas yusuf, atau teknik mesin UGM

      April 19, 2014 at 7:15 am

  292. Albert

    Mas kalau EOR (Enhanced Oil Recovery) itu masuk di bagian teknik produksi atau teknik resevoir?

    March 25, 2014 at 3:23 pm

    • Mas Agil

      Kalau yang bertugas ngurusin meningkatkan produksi sumur itu programnya yang buat dari orang reservoir mas. Produksi cuma ngurusin proses setelah hidrokarbon keluar dari sumur. Kalau masih di dalam sumur yang ngurus masih orang reservoir

      April 19, 2014 at 7:16 am

  293. Mas Agil, wah bagus banget comment dan informasinya. Saya sangat senang sekali membacanya. Yang di bilang sama Mas itu betul sekali 100% betul….tapi ada tambahan mas….dari AKPER juga bisa mas…saya aja dari AKPER..dan sekarang jadi safety…kalau gaji DI luar untuk CO man yang saya tau…7 bulan yang lalu ada yg minta sama saya 2500 USD/day di Myanmar. dan untuk propesi saya rata2 4000-11000 usd/month. nah sekarang kalau boleh saya ingin minta pendapat dari Mas Agil, Anak saya Perempuan, sekarang mau masuk perguruan tinggi. dia dpt PMDK di ITNAS jurusan Kimia Industri dan dia dpt PMDK juga di AK3 Migas Balongan, gemana yah…yang bagusnya ? sya ingin anak sya masuk Oil Company juga dan dia juga tertarik seperti saya sekarang kerja di salah satu drilling Company di LN dan sya juga tau mas Total, karna saya dulu pernah kerja disana di Barge Schlumberger dan sering ketemu dgn seperti Mas (Co-Man)….anak saya untuk sekolah Negri sekarang tinggal tunggu testing. gemana ya mas…..saya masih bingung…saya liat AK3 migas cuma d3…gemana menurut pendapat Mas…? soalnya saya bukan orang teknik…makasih…yah…sebelumnya

    March 25, 2014 at 10:10 pm

    • Mas Agil

      Bagusnya sih langsung ngambil S1 mas soalnya buat karir S1 itu lebih menguntungkan daripada D3. (Dengan jangka waktu karir yang sama, posisi bisa berbeda jauh). Tapi sebaiknya ambil jurusan yang general misal teknik mesin. Kalau kimia industri paling terbatas hanya bisa masuk ke Production. Tapi kalau teknik mesin bisa masuk ke Service Company, Drilling (lebih banyak peluang kerjanya)

      April 19, 2014 at 7:19 am

  294. Asrilyanto

    mas kalo menurut mas agil pribadi . bagusan mana STT MIGAS Balikpapan . UPN Jogja atau Univ Trisakti . untuk masalah perminyakan swasta ?

    March 26, 2014 at 9:12 pm

    • Mas Agil

      Kalau budget ga masalah masuk ke Universitas Trisakti aja mas

      kalau keterbatasan budget, masuk ke UPN

      April 19, 2014 at 7:20 am

  295. Saya punya 3 pertanyaan PENTING MAS!! mohon pencerahannya ya Thx :)))

    1. Katanya tu di perminyakan/O&G, beban kerjanya berat banget ya?. Katanya jg mereka harus tinggal berbulan-bulan di tempat terpencil, jauh dari peradaban (jauh dari kota apalagi yang ditengah laut -__-). Kemudian pekerjaannya katanya sangat terfokus. Mereka susah belajar hal-hal lainnya selain job description dan mereka juga susah ikut komunitas-komunitas yang positif untuk meningkatkan nilai kualitas diri. Benarkah mas??

    2. Pergaulan mereka di luar perusahaan ada yang bilang terbatas sekali. Hanya dengan kawan-kawan lamanya yang itu-itu saja. Setiap mereka berlibur (off) dan main ke kota, yang diajak main hanyalah keluarga atau kawan-kawan lama mereka dulu selama di kampus. Apakah disana juga susah bergaul mas????

    3. Di kota, saat liburan, para pekerja O&G mungkin melakukan sepuasnya apa yang mereka inginkan yang ngga terpuaskan di tempat terpencil, karena mereka sadar sepenuhnya, setelah balik lagi, mereka harus kembali berkutat dengan kebosanan dan kejenuhan. Apakah kerja di perminyakan itu sering jenuhnya mas?? Terus kalo semisal jenuh biasanya apa yang dilakukan disana mas supaya ngga jenuh??

    Memang sih, gajinya tinggi (tentu saja, beban kerjanya berat ditanggung juga RESIKO yg besar pula -__- ) itu baru fair! dunia pun tahu itu
    Kalo semisal semua itu benar saya jadi ragu2 padahal awalnya sudah sangat tertarik untuk kedepannya nglanjutin di perminyakan :))
    Sekali lagi mohon pencerahannya ya mas..

    Matur nuwun udah baca mass :))
    Btw, Artikel yg bagus semoga bermanfaat bagi semua orang keep writing.. :D

    March 27, 2014 at 9:12 pm

    • Mas Agil

      1. Bener banget kalau kamu kerja di service company. Jadwalnya ga jelas (liburnya jarang), tapi duitnya banyak. Saranku kalau kamu masih single masuk dulu ke service company kaya Schlumberger, Halliburton, Baker Hughes. Kalau udah mulai jenuh dan lelah sama jadwalnya yang kurang berperikemanusiaan, baru lamar ke Oil Company kaya Pertamina, Petronas, BP, Total, dll. Jadwalnya lebih settle, hidup lebih balance, tapi gajinya lebih kecil

      2. Kalau di lapangan ya ketemu sama rekan kerja dari berbagai wilayah juga gan. Tapi tentu kebutuhan sosial kurang terpenuhi karena di lapangan itu fokus kita adalah bekerja. Jadi pas kamu off, kamu harus pinter2 dan nyari komunitas yang positif untuk memperluas pergaulan sehingga kebutuhan sosial kamu terpenuhi.

      3. Memang masalah manajemen stress itu penting. Makanya biasanya memang pekerja O & G ketika off mereka melakukan hal yang merka senangi. Kalau di lapangan supaya ga jenuh ya berinteraksi aja sama Pekerja yang lain. Pas jam istirahat sempet kok nonton film di laptop/main game yang penting jangan di jam kerja

      April 19, 2014 at 7:26 am

  296. mas saya mau tanya jurusan ilmu kelautan bisa gak bekerja di oil and gas?
    soalnya saya ikut SNMPTN ambil jurusan ilmu kelautan

    March 28, 2014 at 3:51 pm

    • Mas Agil

      Hmm saya kurang tau tapi mungkin bisa masuk ke marine gan

      April 19, 2014 at 7:27 am

  297. Aditya

    Mas agil,saya mau tanya,saya sekarang sekolah di smk dengan jurusan TKR(otomotif),kira-kira saya salah dasar ngga mas kalo mau masuk perminyakan?

    March 29, 2014 at 11:11 am

    • Mas Agil

      Hmmm asalkan pengetahuan kamu tentang mesin secara general itu bagus mungkin bisa masuk mas aditya. Tapi kalau kamu udah fokus di industri otomotif ga usah dipaksain. Masuk ke industri otomatif aja dan fokus disana lebih bijak dan bagus

      April 19, 2014 at 7:28 am

  298. anas

    mas saya mau tanya, apakah teknik geologi itu mengharuskan smua mahasiswa ya jago di fisika? soal ya saya ga bgitu suka sma fisika, dan saya lebih suka belajar mtk dripada fisika. owhh.. iya kalo teknik geologi itu kita blajar ya tntang apa aja mas? saya sngat tertarik kalau sedang baca buku/artikel yg berkaitan dngan alam apakah ini bisa mmbantu saya kalau saya sudah kuliah nnti. mohon pnjelasan ya mas makasih

    March 29, 2014 at 11:16 pm

    • Mas Agil

      Kalau kamu bisa matematika, fisika itu gampang. Fisika itu yang penting bisa memodelkan fenomena alam menjadi rumus matematika. Jadi kalau jago matematika kamu pasti bisa jago fisika.

      Teknik geologi itu ilmu bumi belajar menentukan/menganalisis kondisi batuan bumi termasuk lokasi-lokasi yang potensial menyimpan gas dan minyak. Tenang aja kalau kuliah nanti belajar semuanya lagi dari awal kok

      April 19, 2014 at 7:30 am

  299. Azzzam

    Permisi kak, saya anak SMA, saya baru liat pengumuman dan keterima di teknik geologi Trisakti kak, tapi pas SNMPTN milih undip Tek Geologi nah kak saya harus ngambil yg mana? kata temen ayah saya yg kerja di minyak ngambil trisaktinya kak soalnya udah ada link, saya bingung pilih yg mana kak terimakasih :)

    March 31, 2014 at 1:43 pm

    • Mas Agil

      Kalau dana bukan masalah masuk ke trisakti aja mas. Tapi kalau buat saya yang pas2an sih kuatnya masuk Undip doang haha

      April 19, 2014 at 7:31 am

  300. Jacky James

    Mas mau nanya nih,resikonya emang besar banget yah di perminyakan terus saya masih gk ngerti tuh apa itu service company dll
    Terus cara aman kerja di perminyakan gmana?
    Terima Kasih sebelumnya

    April 1, 2014 at 1:00 am

    • Mas Agil

      Service company itu perusahaan kontraktor yang menawarkan jasa servis perawatan sumur. Perusahaannya itu kaya Schlumberger, Halliburton, Weatherford, Baker, Elnusa, Nesitor, dll (Coba googling perusahaan tersebut supaya tau kerjaannya apa)

      Cara aman kerja di perminyakan? ikutin prosedur, fokus, dan jangan ngeyel. Orang celaka biasanya dia melanggar aturan, prosedur, dan kecerobohannya sendiri

      April 19, 2014 at 7:32 am

  301. Bang agil saya pusing nih milih jurusan awalnya mau di perminyakan cma karena jarak tmpt kuliah nya jauh jd gk bisa

    Jdi saya mutusin milih tehnik mesin, industri dan sipil…
    Dari ketiga jurusan itu peluang yang paling besar bisa masuk di migas yg mana ya bang ?

    April 3, 2014 at 3:56 pm

    • Mas Agil

      Mesin

      April 19, 2014 at 7:32 am

  302. Egik Santoso

    assalamualaikum mas agil.
    kalo buat lulusan stm jurusan geologi pertambangan ada peluang buat bsa masuk perusahaan minyak ga ya? soalnya untuk saat ini kondisi kebanyakan tambang di indonesia baru kolapse..
    tlong infonya ya mas, trims

    April 5, 2014 at 2:06 pm

    • Mas Agil

      Hmmm aku kurang tau mas Egik, coba2 aja ngelamar ke perusahaan oil and gas

      April 19, 2014 at 7:32 am

  303. abil

    mas bro, mana sih universitas peminyakan yang bagus?? menurut mas broo?

    April 7, 2014 at 1:18 pm

    • Mas Agil

      ITB

      April 19, 2014 at 7:44 am

  304. mas klo akamigas balongan gmna pendapatnya ?

    April 7, 2014 at 8:30 pm

    • Mas Agil

      Yang penting kalau udah masuk belajarnya yang bener gan

      April 19, 2014 at 7:44 am

  305. pongky

    mas agil, minta saranya nih
    sy lulusan smk jrusan TKJ, sy pngn masuk teknik elekktro,. emang gk sejalur ma basicnya,.
    kira2 kndala pa ja klo sy masuk jrusan ini??

    April 8, 2014 at 4:24 am

    • Mas Agil

      Wah kendalanya banyak gan, Teknik elektro itu susah banget kaga boong hahaha. Tapi kalau ente udah punya dasar elektro yang bagus gpp mas

      April 19, 2014 at 7:44 am

  306. Ass
    Kak mau nanya kalau jurusan pertambasngan eksplorasi bisa ngak kak kerja di Migas”atau minimal magang
    Dan syarat magang di migas itu ap aja siih”kak”?
    Makasih sebelumnya kak

    April 9, 2014 at 2:39 am

    • Mas Agil

      DUh saran saya mending ttp fokus di pertambangan gan. Tapi kalau mau coba ya coba2 aja. Syarat tergantung dari perusahaan masing2, nanti coba aja buka situs lowongan kerja perusahaan tersebut trus cek deh syarat2nya

      April 19, 2014 at 7:45 am

  307. elnino

    mw nanya mas,,kira2 perusahaan oil & gas ap aj y yg buka lowongan bwd fresh graduate??ane jurusn tknik kimia neyh..

    April 9, 2014 at 9:37 am

    • Mas Agil

      Pertamina lagi jor2an buka buat fresh graduate, cek terus aja

      April 19, 2014 at 7:46 am

  308. iful

    Mas Agil, saya D3 elektronika umur 30tahun dan sudah sekitar 6 tahun terjun didunia tambang tepatnya training department (trade trainer). Saya dari dulu tertarik dunia migas tapi blm kesampean. Posisi saya sudah mutasi di Balikpapan, nah mumpung di Blp sy ingin sekali masuk didunia migas tapi blm tau cara yang tepat untuk kesitu. Please advicenya Mas Agil…? thx U

    April 18, 2014 at 8:00 pm

    • Mas Agil

      Mas punya kenalan di dunia oil and gas ga? bisa minta bantuan sama temen kalau ud punya linknya

      April 19, 2014 at 7:47 am

  309. iful

    Nah untuk link kemaren awal tahun sudah sempet kuliah lagi di S** M**** Balikpapan jurusan perminyakan non reg (kelas malam), maksudnya mau cari link di tmn O&G but masih blm dpt cos sekarang lagi cuti kul nya, nah mungkin mas Agil da referensi lain yang lebih sesuai…?

    April 22, 2014 at 1:44 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.