Untuk Sementara, Saya Tidak Memiliki Massa, Jabatan, Uang, Kekuatan Untuk Melakukan Perubahan. Yang Saya Bisa Lakukan Sekarang Hanyalah Menyebarkan Ide dan Pemikiran

Hello, i’m back

Wow, udah lama ga nulis postingan baru, hehe. Habis selalu males buat ngeblog, padahal udah ada koneksi internet, dan banyak cerita untuk diceritakan.

Well, … Ini kenapa blog gw isinya mellow semua? hahaha. Yah, dulu sih lagi suka sama seseorang emang, tapi sekarang lagi suka sama orang yang beda dan yang gw suka orang adalah orang yang sama yang gw suka pertama kali <- bahasanya ribet, tapi sekarang lagi males ngedeketin, gw masih trauma… (abis putus 3 bulan lalu).

Yah, lupakanlah cinta-cintaan dulu sejenak, pengen nulis blog khusus buat sharing pengalaman gw tentang cinta, baik yang sweet, maupun yang bener-bener menyakitkan hati *sok iye, kaya berpengalaman aja tapi di blog lain. Blog ini sekarang pengen gw tulis dengan pengalaman gw sebagai Mahasiswa Teknik Tenaga Elektrik ITB yang mempunyai tanggung jawab berat di masa depan.

Mulai darimana yah? banyak banget nih yang perlu diceritain.. yang penting-penting aja kali yak… gw kasi poin-poin tapi mungkin ga berurutan

Jeng, jeng, jeng…

1. Saya dilantik menjadi anggota biasa Himpunan Mahasiswa Elektroteknik

Buset, ini pelantikan udah lama banget, gw lupa tanggalnya, pokonya akhirnya gw dilantik jadi anggota biasa HME ITB dan gw magang di bidang Kesejahteraan Anggota Departemen Pelayanan Akademis (yah seperti biasa, gw orangnya bersifat regulator, yang masuk Departemen yang satunya, Apresiasi Anggota sudah banyak yang masuk, jadi gw masuk Akademik deh, kasian ga ada anggota). Yah motivasi masuk Kesra adalah.. apa ya? karena gw emang orangnya suka kekeluargaan, dan begitulah.. tapi seneng juga sama olahraga, jadinya pengen masuk PMB aja waktu itu, (Penyaluran *apa Pengembangan gw lupa* Minat dan Bakat) tapi masuknya akhirnya ke Kesra…ada faktor yang lain juga sih sebenarnya… you know lah…

2. Saya adalah orang Jawa yang ikut unit Perkumpulan Seni Tari dan Karawitan Jawa ITB

Well, saya ikut unit ini sebenarnya karena udah berjanji sama seorang wanita berinisial S.R. Awalnya sih ikut karena… ya you know lah… dan secara gw orang Jawa, jadi fine-fine aja dan ga ada salahnya buat ikut.. tapi eh tapi, bermain Gamelan sangat menyenangkan! gw sangat enjoy di unit ini. Ketika gw lagi stress-stressnya akademik.. PSTK jadi tempat pelarian gw.. Profesi gw saat itu adalah… pemain gong Profesional, hahahaha. Paling suram deh pokonya, maennya di sekeliling gong dan terpencil.. tapi gw sayang banget sama gong-gong gw, dan kata kakak gw sih, pemain gong tuh bayarannya paling kecil T_T hahaha, tapi ternyata gong ini sangat vital guys.. Karawitan ga bakal main kalo ga ada yang maen gong..trus ga bakal berhenti juga kalo belum di-Gong-in. Then that's me.. the most important player in Karawitan, hahaha. Gw masih aktif di unit ini dan gw sangat menyayangi keluarga baru gw di sini😀.

3. Pagelaran Pinampenan Lare Enggal

Yah, ini bentuk kaderisasi PSTK, jadi disuruh bikin pagelaran gitu deh.. dan akhirnya pagelaran berhasil diadakan dengan gw sebagai pemain gong.. setelah itu, pada sore harinya pelantikan deh di Lembang.. Rangkaian acaranya lumayan seru.. tapi gw ga fokus ngikutinnya.. capek ngangkut-ngangkut alat gamelan ke tempat pagelaran… dan yah akhirnya dilantik sekitar jam 3an kalo ga salah… Buat yang pengen berotot cocok banget masuk ke unit ini sumpah.. Gamelannya berat-berat dan ngangkutnya aja udah bisa bikin berotot..

4. Wisudaan Juli dan Oktober 2008

Wah.. ini kelewat euy.. haahahaha, lanjutkan sajalah gan (gw kaskuser tapi masih nubitol) Yah, gitu deh, untuk memberikan apresiasi kepada para wisudawan elektro. HME mengadakan acara syukuran wisuda. Dan gw jadi panitia dan daftar di acara siang. Pokonya nampil gitu deh, bikin performance di depan Jam Gadangnya Gerbang depan ITB. Juli gw jadi zombie yang joget-joget zombie dance (tema waktu itu adalah… scream.. horor lah). Pas Oktober gw jadi tentara (temanya militer).. berantem-berantem ga jelas dan cukup memakan banyak korban.. Maafin gw fik.. tendangan gw tepat di muka lo, hahaha. Seru banget nih wisudaan. ada perang airnya juga dan segala macem.. tapi gw kena musibah pas wisuda Juli.. abis latihan acara gerbang depan sampe jam 12 malem… pas pulang kosan ternyata kamar gw disatronin ama maling biadab… LCD Monitor gw ilang beserta printernya.. CPU ga digondol.. kayanya sih gara-gara malingnya udah punya CPU.. dan untungnya harddisk eksternal gw kaga digondol. Padahal harganya 480rb. Fyuuhh. Pokonya semenjak kuliah di ITB gw kena banyak musibah, ntar ada postingannya tersendiri deh.. barang-barang gw yang ilang.

Wisuda April 2009 gw kaga ikutan, soalnya sibuk ngurusin pagelaran Tanggap Warsa 38 (Diesnya unit PSTK) wisuda Juli cuma ngurus acara malam soalnya pas arak-arakan.. gw lagi ngurusin OHU PSTK.. tar dijelasin

5. Diklat Aktivis Terpusat 2009

Jadi dari Kabinet Keluarga Mahasiswa ITB mengundang lembaga-lembaga yang ada di kampus tercinta untuk memberikan 4 orang perwakilan lembaga terbaik buat mengikuti acara ini, yup. Diklat Aktivis terpusat. Sebenernya jatah 4 orang udah ada yang nge-take. Semuanya anak bidang karakter, Oknum P, I, A, F. Namun Menko gw, (Menko Kesra.. namanya Totz <- bukan nama sebenarnya) meminta kepada kahim gw si I.A supaya dari bidangnya juga ada perwakilan dan dia menunjuk gw. Dan akhirnya gw ikut dengan membuat kuota dari himpunan gw berlebih, hehe. Tapi eh tapi, ternyata dari lembaga lain banyak yang ga menyumbangkan perwakilannya, jadi otomatis boleh-boleh aja ikutan soalnya kuotanya masih cukup. Bahkan AMISCA (Himpunan Kimia) nyumbang 8 orang!!. ahaha. Acaranya seru, banyak pelatihan, dan seminar tentang masalah bangsa, cara propaganda, kasus krisis keuangan di Amrik, dan lain-lain. Berkat acara ini, gw yang dulu apatis, yang egois cuma mau mikirin diri sendiri, cari aman, yang penting gw sama keluarga gw bahagia, disadarkan sama Acara ini. Gw disadarkan bahwa tanggung jawab gw sebagai mahasiswa bukanlah nyari keuntungan pribadi. Gw yang kuliah di ITB.. yang disubsidi sama duid rakyat pada hakikatnya bertanggung jawab kepada rakyat. Gw harus berkontribusi lah, at least sesuai dengan bidang gw, Ketenaga listrikkan. Gw harus menjamin listrik di negara ini saat masanya gw menjabat nanti, amin2. Ntar ada postingan detail deh tentang nasionalisme mahasiswa dan penyadaran tanggung jawab kita sebenarnya.

Pokonya bener-bener pengalaman berharga, thanks buat semua teman-teman DAT, panitia, Totz, Kahim, dan Himpunan yang telah membiayai gw. Thanks a lot, dan satu fakta menarik. Inisial gw D.A.T. Hahaha, ga penting. Baidewai sekarang lagi pengen nyelenggarain DAT baru, gw cuma bantu-bantu aja. Maaf ya teman ga bisa bantu banyak.

Oh iya, DAT nya sendiri diadakan di kamp militer di suatu tempat yang gw lupa namanya, hahaha. 3 hari dan 4 malam. Dengan tidur seperti di barack tentara dan luckily, makanannya sehat banget!.

FYI: Yang ikut acara ini orang-orang hebat. Cakahim-cakahim semua jurusan kebanyakan jebolan DAT. Bahkan cakahim gw pun iya, si I dan P. Semangatlah buat mereka berdua. Gw? gw mah biasa aja…..

6. Opera Ganesha

Yah, taulah Opera Ganesha, jadi untuk menyambut Dies Emas almamater tercinta, dibikinlah suatu acara bernama Opera Ganesha dengan komposer terkenal Purwatjaraka. Pokonya intinya acara ini merupakan kolaborasi seluruh unit-unit yang ada di ITB. Yang unit kesenian main musik, yang unit olahraga dan lainnya ikutan jadi penari. Okelah acara ini, secara acaranya besar dan yah, asik bisa foto dan berkenalan sama Purwatjaraka (paling dia udah lupa juga sih :p). Dan lagi-lagi, saya jadi pemain gong T.T. momen yang sangat menarik dan mungkin tidak terlupakan. Dapet kaos loh! *apa sih

7. Tanggap Warsa 38 PSTK-ITB

Well yeah, Unit gw ulang tahun di tanggal 7 Maret (tahunnya lupa :p) hanya selisih 1 hari dari ulang tahun gw, hahaha. jadi harusnya perayaan ulang tahun gw bisa dibarengin sama TW ini hehehe. Tapi berhubung dengan beberapa faktor, acaranya diadakan di bulan April (lupa tanggalnya). Konsep pagelarannya yaitu kita bikin Sendratari dengan judul Gatotkaca Rucat dan ada Workshop batik di hari yang berbeda.

Nah, seperti biasa gw yang orangnya suka neko-neko ini kali ini tidak berperan sebagai pemain Gong.. melainkan yak tepat sekali saudara-saudara.. saya menjadi Penari hehe dan guess what? gw jadi 'Topeng Waja'. Jadi ceritanya Si Gatot ini kesamber petir ketika sedang terbang, dan kehilangan kesaktiannya dimana kesaktiannya keluar dari tubuhnya berwujud 4 raksasa. Salah satunya si 'topeng waja' ini. Jadi intinya di pagelaran ini gw jadi 'Buto' (raksasa) lalu si gatotkaca kemudian blah blah blah, weleh weleh weleh… males ceritanya panjang. Pokonya ini juga bener-bener mantap lah, pertama kalinya gw tampil diatas panggung menjadi penari jawa dengan dandanan raksasa. I love it! Pagelarannya sendiri sangat menghibur meskipun masih banyak kekurangan (maklum pemula) tapi i think it's very fun. Gw semakin sayang sama keluarga baru gw di PSTK ini. I love you all!!

Terus ada Workshop batiknya juga, tentu saja gw ikut. Kita belajar ngebatik mulai dari memberi malam, ngasi sesuatu (apa namanya gw lupa) buat efek retak-retak, pewarnaan dan pencucian. Sangat menyenangkan.. hehe, tapi punya gw hasilnya ga begitu bagus, maklum bukannya ngebatik pake motif batik gw malah sok-sokan pake desain 'Tribal', hahaha, ada-ada aja dah.

8. Syukuran Hari Kartini HME ITB 2009

Setelah TW38 berlalu, tiba-tiba 3 hari sebelum hari kartini gw dipanggil sama bos gw, Totz.. dan ternyata beliau memberi berita buruk… Penanggung jawab acara kartinian… sebut saja 'bunga'… menyatakan kalo dia tidak sempat ngurus kartinian jadi Totz memberi amanah ke gw, jadi gw gantiing si bunga buat jadi ketua.. gw yang masih cape abis pagelaran sebenarnya pengen nolak, tapi karena Totz percaya sama gw jadi gw iyain aja.

Bayangin, persiapan cuma 3 Hari! dan panitianya ga boleh ada cewenya.. rapat pertama berjalan cukup garing dimana anggota Kesra yang cowo waktu itu cuma ada 4.. gw, B, P, sama A dan gw yang punya banyak teman ini nyabut orang aja dari bidang lain dan mereka antusias. Jadi begitulah, hari tepat gw diberi amanah gw langsung bagi-bagi Tugas, dan nyusun konsep. Tapi akhirnya kita lanjutin besok dan langsung ngurus persiapan. Pokonya gila-gilaan, kita bener-bener susah payah bikin acara dan bener-bener pengen acara kita itu berkesan buat para cewe-cewe. Trus hari-hari berikutnya kita persiapan.. susah juga secara panitianya cowo (lo tau sendiri cowo-cowo susah diatur) dan emang benturan sama kegiatan akademis dan akhirnya pas hari-H acara berjalan lancar dan yah.. mudah-mudahan para cewe seneng soalnya gw dan panitia bener-bener pengen memberikan apresiasi buat mereka. Kita semua tulus dan bersemangat (meskipun gw masih capek abis pagelaran TW). Disini kita dapet hal yang menarik, yaitu curhatan para cewe dimana cewe mengaku mereka selama ini merasa kurang dipelakukan secara gentle sama cowo-cowo… dan yah, serasa ditampar juga sih.. menurut gw emang bener (tapi gw sih engga guys, gw orangnya selalu gentle sama cewe).. dan yah hari itu seru lah.. cowo-cowo juga minta maaf dan memberi apresiasi buat cewe-cewenya lah. Ho ho. Jadi.. apakah perlakuan lo ke cewe udah gentle saudara-saudara? Karena wanita ingin dimengerti *apa sih.

FYI: Kepantiaan pertama dimana gw menjadi ketua.. :p not bad..

9. OHU 2009

Open House Unit 2009. Merupakan bagian dari rangkaian acara PROKM.. pokonya inisiasi calon-calon keluarga mahasiwa KM ITB gitu lah. OHU sendiri merupakan acara pamungkas buat unit-unit unjuk gigi dan OPREC besar-besaran… dan guess what?? gw disuruh Lurah PSTK (ketuanya disebut lurah) jadi koordinatornya… soalnya ini proker anak eksternal dan gw staff eksternalnya… Singkat cerita OHUnya cukup berhasil, ada 80an orang daftar dan sekarang lagi dikader (PLE) dan yang bertahan masih 35 orang. Capek banget lagi-lagi…

10. Masa Bina Cinta 2009

yah, ini kaderisasi pencerdasan himpunan gw. Disini gw jadi divisi materi.. berat bung kerjaannya. dan ya begitulah.. (males nulis.. hahaha)

11. Wisuda Oktober 2009

Gw masih jenuh gara-gara jadi koordinator OHU PSTK.. masih capek.. eh lagi-lagi.. disuruh jadi ketua wisuda oktober T.T… jadi ceritanya ketuanya itu si P cuman dengan dalih dia sibuk karena jabatan di acara lain dia ngakunya gabisa ngurus.. trus Kahim gw langsung nyuruh gw jadi ketua… Singkat cerita acaranya ga berhasil menurut parameter.. cuman dari respons para wisudawannya yeah, we've made it.. Cool. Pengalaman yang menarik.. (udah males nulis panjang-panjang).. Terima kasih buat semua panitia inti, semua panita 2008, dan semua massa HME yang membantu dan turut membuat acara ini kian meriah dan sukses.

Acara yang sangat seru!

Beuh, banyak banget kan tuh acara-acara yang gw alami setelah postingan terakhir.. tapi gw ga nulis secara detail, padahal di masing-masing kejadian banyak yang gokil! tapi dilain kesempatan aja kalo gw mood buat menceritakan lebih detail. Mohon maaf kalo terlalu singkat, dan biar menarik mungkin gw akan upload foto-foto kesini biar lebih terasa feelnya karena No pic = Hoax. hehe.

cukup sekian dulu postingan terbaru dari saya, masih banyak cerita seru lainnya. sampai jumpa di postingan berikutnya!!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s