Untuk Sementara, Saya Tidak Memiliki Massa, Jabatan, Uang, Kekuatan Untuk Melakukan Perubahan. Yang Saya Bisa Lakukan Sekarang Hanyalah Menyebarkan Ide dan Pemikiran

Masalah di Indonesia (menurut saya yang awam) – Versi Singkat

Saya sebenernya ingin menganalisis lebih panjang lebar lagi namun karena keterbatasan pemikiran jadi apa adanya aja. Di versi Panjang Lebarnya mungkin saya akan membuat diagram alir yang mungkin menunjukkan lingkaran setan yang menjawab mengapa “Orang kaya makin kaya, orang miskin makin miskin”. Sekarang saya hanya akan menuliskan list-list masalah vital (menurut saya) dan penjelasan singkatnya.

Apa aja sih??? sebenernya masalah itu datang dari diri kita sendiri, individunya

1. Masih memiliki mental bangsa terjajah

Kita cenderung konsumtif daripada produktif. Kita gampang dibodoh-bodohi (padahal orang Indonesia pintar-pintar!!!). Berpikir jangka pendek daripada jangka panjang (mau gampangnya aja ga mau susah). Berpikir bahwa bangsa asing lebih hebat, dan banyak lagi.

2. Kurangnya rasa kepekaan sosial, kurangnya rasa Cinta Tanah Air

Ga semua orang peduli sama orang lain, ga semua orang bangga sama tanah airnya sendiri

3. Kurangnya integritas dan moral

Ga usah dijelasin. ngertilah maksudnya. Contoh konkritnya seseorang yang mengambil hak orang lain.

4. Krisis Generasi

Contoh nyatanya, pernah liat anak umur 2 tahun yang ngerokok? pernah denger anak SMA tawuran? pernah denger free sex dimana-mana? pernah tau kalo masih ada anak yang ga bisa sekolah? pernah denger orang korupsi? prestasi di olahraga lemah? menurut gw masalahnya adalah, kita krisis generasi

5. dan banyak lainnya…….

kalo ada yang mau disanggah silahkan saja, itu hanya pendapat dan saya terbuka untuk berdiskusi untuk menemukan jawabannya. Ini ga lengkap, soalnya kalo ngejelasin masalah Indonesia secara lengkap bakalan jadi panjaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaannnnnngggggggggggg bangettttttttttttttt. Tapi saya akan mencoba nyicil nulisnya dikit-dikit. Siapa tau ada yang mau diskusi jadi bisa saya lengkapin sampai saya tua nanti dan bisa dicari solusinya, amin-amin.

Catatan:
– Untuk mencari solusi, kita harus terlebih dahulu masalahnya

2 responses

  1. bisa bantu ga untuk bikin penelitain masalah kenapa masyarakat indo lebih konsumtif dari pada yg produktif?
    coz yg c gw tw baru satu kalo mereka semua konsumtif demi status sosial, da lagi yg lain g?????
    help please

    July 26, 2011 at 10:27 pm

    • Crazyboy

      hmmm klo menurut saya sih kenapa kita cenderung konsumtif itu karena negara kita ini bener2 kaya sumber daya alamnya.

      Jadi kita ga perlu susah ngembangin teknologi kaya di Jepang, Korea biar bisa survive di dunia.
      Kasusnya sama kaya negara Timur Tengah yang minyaknya kaya, tapi mereka ga menginvestasikan kekayaan mereka yang melimpah itu dengan bijak. DUit dihambur2in aja, konsumtif, soalnya banyak.

      Selain itu katanya ada faktor iklim, jadi di Indonesia sebagai negara tropis iklimnya nyaman. Beda sama di negara sub tropis yang ada 4 musim jadi waktu produktifnya hanya tertentu aja.

      Selain itu faktor psikologis dari jaman penjajahan juga ada pengaruhnya, kita cenderung malas, dll.

      Mungkin demikian

      September 7, 2011 at 10:16 am

Leave a Reply

