Untuk Sementara, Saya Tidak Memiliki Massa, Jabatan, Uang, Kekuatan Untuk Melakukan Perubahan. Yang Saya Bisa Lakukan Sekarang Hanyalah Menyebarkan Ide dan Pemikiran

Peran Mahasiswa

Peran Mahasiswa adalah “Guardian of Value, Agent of Change, Iron Stock”

Ya, mungkin kita sering mendengarnya saat kaderisasi awal masuk Institut Teknologi Bandung kita yang tercinta. Entah namanya itu PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru), INKM (Inisiasi Keluarga Mahasiswa), atau OSKM (saya ga tau nih kepanjangannya, kasi tau saya dong?).

Jadi apa sih maknanya? Apakah kita bener-bener paham? Apakah kita meresapinya ke dalam hati kita? Apakah kita hanya pura-pura mengerti? Apakah kita sekarang lupa? atau mungkin kita memang tidak peduli?

Oke, sekarang saya akan mencoba menimbulkan ini kembali ke permukaan yang mungkin kini sudah tenggelam hampir terkubur di otak dan hati kita. Saya akan menyampaikan apa sih maknanya, tapi dalam versi saya (pendapat).

Jadi apa sih maksud dari “Guardian of Value, Agent of Change, Iron Stock”? yuk kita bahas satu-satu.

Guardian of Value

Jelaslah ya dari kata-katanya. “Penjaga nilai”. Ya, kita semua yang mahasiswa ini adalah penjaga nilai-nilai ideal. Pastinya di dunia tidak ada yang ideal, bahkan trafo yang efisiensinya tepat 100% tidak ada, paling hanya mendekati yaitu sekitar 99% (Kenapa jadi ngebahas trafo?). Tapi,di negara ini, kita, mahasiswalah yang “Seharusnya” yang paling memiliki nilai mendekati ideal. Kita seharusnya adalah role model. Kita seharusnya memiliki Integritas, Kepemimpinan, Moral, Kecerdasan, Akhlak yang baik, dan lain sebagainya yang merupakan nilai Ideal. Kita seharusnya memiliki “keidealan” itu di kondisi Negara yang saat ini sudah tidak ideal lagi (menurut saya). Negara yang penduduknya sedang krisis moral, krisis integritas, krisis akhlak, dll.

Agent of Change

Dari artinya sih maknanya “Agen Perubahan”. Ya, mahasiswa, yang posisinya netral, dan berada di tengah-tengah masyarakat memiliki potensi untuk melakukan perubahan di Negaranya , minimal adalah daerah sekitar kampusnya (kalo perubahan yang dilakukan mahasiswa itu cuma di dalam internal kampusnya ataupun hanya dirinya sendiri, itu sangat disayangkan *menurut saya) . Perubahan yang seperti apa? Jelas kemajuan!! bukan kemunduran!!.

Iron Stock

Kalo yang saya pahami adalah, Mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa. Coba tengok orang-orang besar yang berpengaruh di negara. Ya, dulunya mereka adalah akademisi (mahasiswa), baik di perguruan tinggi maupun militer. Kitalah yang akan menggantikan mereka kelak.

Sekarang coba kita, yang “katanya” adalah putra putri terbaik bangsa, mahasiswa terbaik yang ada di Institut terbaik, berkaca.

Nyatanya adalah, banyak ketidakidealan yang terjadi di mahasiswa seluruh Indonesia. Mulai dari isu nitip absen, nyontek pas ujian, status facebook berbau SARA, tawuran antar Fakultas (padahal satu universitas, WTF!), demonstrasi anarkis, dan lain sebagainya.

Nyatanya adalah, perubahan yang kita lakukan mungkin adalah kemunduran. Demonstrasi mengatasnamakan rakyat namun anarkis? Apakah kita bangga? (menurut saya justru primitif dan merugikan masyarakat), Minimnya interaksi dengan masyarakat (karena kesombongan mahasiswa yang merasa dirinya berderajat tinggi, dirinya pintar, namun sayang, dirinya lupa kalo dia merupakan bagian dari masyarakat) sehingga tidak mampu membawa perubahan di masyarakat sekitarnya.

Nyatanya adalah, kita belum siap untuk menjadi orang besar yang mampu membawa perubahan. Kita masih tidak ideal, kita masih belum mampu untuk membawa perubahan “bahkan” diri kita sendiri.

Nyatanya adalah, masih banyak mahasiswa yang egois, berpikir untuk dirinya sendiri, tidak peduli dengan nasib orang lain, dan lupa bahwa subsidi pendidikan yang dia jalani datang dari uang rakyat?

Nyatanya adalah, kita cenderung lebih suka bersenang-senang dibandingkan diskusi memikirkan nasib bangsa ini?

Apakah kita menjalankan peran kita dengan baik? Apakah kita memiliki nilai-nilai ideal tersebut? Apakah kita sudah melakukan perubahan pada lingkungan sekitar kita? Siapkah kita? menjadi orang-orang besar yang mampu merubah nasib bangsa ini? Masih pantaskah kita disebut mahasiswa? Mari kita introspeksi masing-masing dan berubah.

Mungkin banyak orang yang menganggap saya ini munafik, saya ini bacot, saya ini sok suci.

Saya akui, saya bukan manusia (mahasiswa sempurna) saya masih banyak kekurangan, saya masih perlu introspeksi diri.

Lalu mungkin ada yang bilang, “diri lo sendiri aja belum bener, ngapain ngurusin orang lain, munafik lo”

Yuk mari berubah bersama-sama, kita kerjasama, saling mengingatkan, saling memperbaiki diri. Bersama kita bisa kalo kata Pak SBY mah.

Jadikan Hari Raya Idul Fitri 1431H ini sebagai momentum untuk kita semua, untuk menjadi manusia yang lebih baik, untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik, sehingga Insya Allah, kita mampu merubah nasih ratusan juta penduduk Indonesia menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

Karena kita masih muda, masih bersemangat! dan kita punya potensi!

Saya salut dengan kakak-kakak saya, teman-teman saya, dan adik-adik saya yang bersemangat baik telah, sedang, dan akan melakukan perubahan. Semangat!!!!

“Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit.”

“Seribu orang tua hanya dapat bermimpi, satu orang pemuda dapat

mengubah dunia.” – Bung Karno

“Kita, generasi kita, ditugaskan untuk memberantas generasi tua yang mengacau. Generasi kita yang menjadi hakim atas mereka yang dituduh koruptor-koruptor tua. Kita lah yang dijadikan generasi yang akan memakmurkan Indonesia.” – Gie

Diam itu ga akan membawa perubahan, saatnya bertindak, mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, dan mulai saat ini!

Untuk Tuhan, Bangsa dan Almamater!

Dimas Agil Triatmojo

14 September 2010

Leave a Reply

