Untuk Sementara, Saya Tidak Memiliki Massa, Jabatan, Uang, Kekuatan Untuk Melakukan Perubahan. Yang Saya Bisa Lakukan Sekarang Hanyalah Menyebarkan Ide dan Pemikiran

Jangan Salah Masuk Jurusan!!!!!

Halo salam kenal, Nama saya Dimas salah satu relawan dari gerakan non-profit “Jangan Salah Jurusan” . Cita-cita kami adalah, memberikan sebanyak-banyaknya informasi, mengenai lingkungan kerja/keprofesian, kepada siswa-siswi SMA tingkat akhir, yang terjebak dalam sistem pendidikan kita yang menurut kami memiliki banyak kekurangan dan kurang memberikan wawasan tentang keprofesian.

Coba kamu bertanya pada dirimu sekarang, apa jurusanmu? IPA/IPS? Apa yang membuatmu memilih jurusan itu? Apakah memang murni keinginanmu ? Atau karena keinginan orang tuamu? Atau karena “gengsi”?

Coba kamu bertanya pada dirimu sekarang, apa jurusan yang ingin kamu pilih di universitas? Apakah kamu tau apa yang kira-kira kamu pelajari di jurusanmu itu? Apakah kamu memiliki gambaran, apa karir yang bisa kamu capai dengan bekal ilmu jurusan tersebut? Atau kamu memilih karena “kata” orang lain jurusan itu bagus? Atau karena passing gradenya tertinggi?

Apakah kamu sudah memiliki jawaban yang mantap? Atau kamu masih ragu? Belum yakin? Dan takut salah pilih jurusan?
Disinilah kami, tim “jangan salah jurusan” mencoba untuk membantu semampu kami, untuk memberikan informasi, solusi dan bersedia untuk berdiskusi dengan temen-teman semua sehingga bisa memilih jurusan yang tepat dengan minat dan bakat teman-teman semua.

Kami yakin jika jurusan yang teman-teman pilih sesuai dengan “passion” teman-teman, kalian bisa mengerahkan seluruh kemampuan kalian dan menjadi ahli di bidangnya. Siapa sih yang gamau jadi orang sukses yang terkenal?
Semua berawal dari memilih jurusan yang tepat untuk teman-teman,

“Awas!!! Jangan Salah Jurusan!!!!!”

38 responses

  1. confused person

    Assalamualaikum
    Kang, saya mau konsultasi sedikit masalah jurusan. Saya alumni salah satu sma jurusan ipa. Rencana saya tahun ini insyaAllah kuliah dan kemungkinan ikut tes SBMPTN. Nah, saya sebenarnya sudah punya dua pilihan, Arsitektur dan Desain Produk. Sebenarnya saya lebih ‘ngarah’ ke Arsitektur. Tapi, sejauh pengetahuan saya, Arsitektur tidak terlalu berprospek ke depannya. Di samping itu, setelah menamatkan s1 kita ga langsung jadi arsitek tapi harus ikut sertifikasi dari IAI. Jadi, makan waktu lagi, saya takutnya rugi waktu.
    Oh, iya, tolong juga info tentang sinematografi, Kang. Soalnya ada beberapa relasi yang ngasih saran saya ke sana, soalnya saya pernah buat film pendek.
    Mohon pencerahannya kang.. Terima kasih
    Wassalamualaikum

    January 16, 2013 at 11:53 am

    • Mas Agil

      Maaf baru bales, kebetulan saya lagi disibukkan dengan pekerjaan jadi belum sempet ngurus blog lagi hehe. in syaa Allah kedepannya bakal aktif ngeblog.

      Saya sudah tanya-tanya tentang jurusan arsitektur kepada kakak saya (dia jurusan arsitektur S1). Kalau dibilang tidak berprospek itu salah besar, karena gedung-gedung baru itu selalu dibangun dan semua membutuhkan desain. Jadi selama masih ada pembangunan, jasa arsitektur itu masih akan dipakai.

      Tapi memang perjuangan arsitek itu berat. Kamu pas kuliah akan sering bergadang sampai malam untuk mengerjakan tugas desain di kuliah. Seperti yang kamu bilang, setelah lulus, kamu tidak bisa langsung mendirikan biro sendiri. Kamu harus mendapatkan sertifikasi IAI terlebih dahulu. Syaratnya kamu harus memiliki pengalaman bekerja di biro-biro arsitek selama 2-3 tahun sesuai dengan ketentuan dari IAI. Selama kamu mencari pengalaman bekerja tersebut, kamu sudah bisa mencari uang!! jadi bukan berarti kamu harus nunggu 2 tahun dulu buat dapet sertifikasi baru bisa bekerja. Justru kamu sudah bisa bekerja setelah kamu lulus dan bisa mendapat sertifikasi kalau sudah memenuhi syarat

      Sertifikasi diperlukan supaya kamu bisa mendirikan biro sendiri, atau menjadi kepala desain. Wajar, karena ga mungkin desain bangunan baru diberikan kepada Fresh Graduate yang belum punya pengalaman.

      Jurusan Desain Produk itu sangat menarik. Yang dibutuhkan adalah kreativitas dan harus bisa memahami psikologi konsumen. Inti dari jurusan ini adalah bagaimana mengemas suatu produk/barang sehingga membuat konsumen itu tertarik untuk membelinya. Contoh nyatanya mungkin kaya flashdisk berbentuk angry bird, desain casing iPhone yg terkesan mewah, dll. Jadi orang yang baru melihat penampilan luarnya saja sudah tertarik untuk membeli produk tersebut.

      Untuk sinematografi, saya kurang paham jadi ga bisa bantu banyak hehe.

      Semoga membantu yaaa, klo ada yg mau ditanyakan lagi mangga ditanyakan

      Wassalamualaikum

      May 17, 2013 at 9:19 am

  2. Yuliana

    selamat malam… sy mau curhat sedikit… sy adalah anak jur ipa. sebenarnya sy masuk kesitu karena gengsi ortu dan mama sy mengganggap jur ips masa depannya suram… ditambah ancaman mama sy:( sy baru menyadari semua ini sejak 6 bulan ini. semuanya sudah terlambat. sekarang saya stress memikirkan banyaknya tugas terutama biologi dan fisika… apalagi adanya tugas KTI di sma (semacam skripsi di kuliah untuk syarat mengambil ijazah) akhirnya sy menjadi orang yg paling rendah nilainya di kelas ipa. sy kehilangan semangat hidup. sampai sy lupa cita cita sendiri .. dan berpikir ” mau jadi apa ini?”

    February 4, 2013 at 10:10 pm

    • Mas Agil

      Buat Yuliana, maaf kalau saya baru balas ya🙂. Maklum kesibukkan pekerjaan membuat saya tidak sempat untuk mengurus blog ini hehe.

      Untuk saat ini, saya hanya bisa menyarankan agar Yuliana bertahan di jurusan IPA. Atau coba ditanya ke guru bisakah pindah ke jurusan IPS? kalau tidak bisa Yuliana harus semangat dan bisa survive di jurusan IPA selama di SMA ini.

      Tapi Yuliana tidak usah khawatir, saat SNMPTN nanti, kamu masih memiliki pilihan. Mau jurusan IPA (Teknik, Dokter, Science, dll), atau IPS (akutansi, hukum, ekonomi, sosial, bahasa, Hubungan internasional, dll).

      Jadi untuk saat ini, Yuliana harus bisa survive di jurusan IPA. Belajar bareng saja sama yang lain, ga usah malu untuk bertanya dan minta diajari hehe. Yang penting kamu lulus SMA dulu😉. Dan siapa tahu nanti kamu bisa-bisa malah jatuh cinta sama jurusan IPA😀.

      Dan kondisi ini mungkin bisa menjadi input buat kamu juga, nanti kalau kamu sudah menjadi orang tua, jangan memaksakan kehendak kamu kepada si anak. Jangan juga nurutin maunya anak 100%. Lihat potensi anak kamu nanti, dimana dia bisa berkembang, dan fasilitasi dia untuk mengembangkan potensinya😀.

      Semangat!!!!!

      May 17, 2013 at 9:32 am

  3. Dede iskandar

    Sya bleh curht kgx

    August 24, 2013 at 11:47 am

  4. Dede iskandar

    Mas sya mau curhat tentang jurusan,, saya sekarang di jur IPA,, waktu awal msuk sklah tgl 9 juli 2013, sya msih jurusan IPS, beberapa hri sya mengkuti pelajaran di kls ips sya sdikt memahami pelajaran hanya saja kurang nyman dan tdk sukaa dgn tmen2 nya,, sdang kan tman baik sya di jur ipa,, dan dirumah sya brpikir apakah sya hrus pndah ke jur ipa,, stelah brpkir berjam2 saya memutuskan pndah ke jur ipa, dan keesokan hari nya sya blang guru sya pindah jur ipa,, trs sya lngsng mngkti plajaran sdkit nyman karena ada tmen baik sya, pda saat sya msuk pas pelajran biologi, dan sya sdkt bngung dgn pljran tsb, dan sya brpikr lgi apa sya mampu memahami pljrn tsb, dan apakah ku bsa mnghdapi UN dgn baik pda saat kls XII, dan saat itu jga sya ingat kata tmen baik sya “pelajaran bisa di pelajari walaupun sulit” nah dri itu sya ada smngat utk mmplajari nya, smpai hri lbur pnjang tiba,, pda tgl 21agustus 2013, sya dpat tgs dri gru biologi menggambr sel, sya pda saat itu sdah tdk ska, karena sya tdk menggambr,, tpi di pljran fisika sya sdikit memahami nya walaupun rumit,, dan mndadak tmbul persa.an takut, khawatir, stlah sya membka bku LKS pelajaran2 yang ada jur ipa,, dan mncullah pikiran utk pndah ke jur ips, dan jika sya pndah lgi sya mrasa tdk enak kepda pihak sekolah nanti nya,, oh ia tpi di tes psikotes sya menunjukan jur IPS,
    sya mhon solusi trhadap mslah sya ini, dan maf jika bacaan sya singkt,

    August 24, 2013 at 12:57 pm

    • Mas Agil

      Duh susah juga. Kalau berdasarkan ceritamu, kamu pindah ke IPA cuma karena temen baik kamu ada disana. Dan ternyata setelah dijalanin, kamu merasa takut ga bisa ngikutin pelajaran dan mau pindah lagi.

      Ya kalau menurut saya, kamu udah mengambil keputusan untuk pindah ke jurusan IPA, maka kamu harus bertanggung jawab sama keputusan kamu. Jangan galau, fokus terus sama pelajaran IPA. Tetep semangat belajarnya, kalau misalkan kesulitan, tanya, minta tolong sama temen kamu buat diajarin. Yang penting jangan menyerah, pelajara biologi saya juga gbs gambar tapi ya gambar aja sebisanya. Yang penting kita ga menyerah dan lari dari masalah,oke coy?

      Semangaaaaattt!!!

      August 24, 2013 at 5:53 pm

  5. Dede iskandar

    Okey, mkasih ya mas agil ats saran nya, sngt membntu dan menumbuhkan kepercyaan diri sya lagi,,

    August 24, 2013 at 8:42 pm

  6. dian97

    assalamualaikum. kak mau tanya boleh? saya sekarang sudah kelas 3 sma dan jurusan yg saya ambil bahasa. jarang kan yang masuk program bahasa? tapi saya ambil jurusan ini memang karena dari keinginan sendiri. nah tahun depan saya ada rencana mendaftar di ugm jurusan HI ugm atau uns. saya sih sebenarnya cukup pd bisa masuk, soalnya rata2 nilai rapor saya lebih dari 8,5 dan alhamdulillah nilainya selalu naik. masalahnya sekarang orang tua inginnya saya jadi guru, mohon nasihatnya. saya harus ikuti orang tua atau ikuti kata hati. masalahnya biasanya kalau saya tidak ikuti kata hati nanti jadi tdk semangat, tapi kalau tidak menuruti orang tua juga saya salah. trims.

    October 4, 2013 at 6:12 pm

    • Mas Agil

      Coba kamu jelaskan ke orang tua kamu prospek dari jurusan yang kamu inginkan hehe. Saran saya sih kamu harus ikuti kata hati kami, tapi tentu kamu harus dapat restu dari orang tua🙂. Komunikasikan dengan baik supaya mereka mengerti dan mensupport kamu juga, hehe😀

      October 6, 2013 at 2:51 pm

  7. 02driling@yahoo.com

    benar bangat mas bro,
    tapi sangat di sayangkan pekerjaan yang memiliki resiko dan keuntungan yang tinggi bahkan sampai bisa menghilangkan nyawa gaji nya di bayar kecil bagat. khusus nya di Rig…😦

    October 24, 2013 at 11:38 am

    • Mas Agil

      Kalau kita memulai dari bawah (roustabout, roughneck) emg pasti sakit dulu. Tapi klo bertahan, trus sekolah lagi biar dapet gelar insyaAllah cepet naik trus bisa menuai hasilnya😀

      November 8, 2013 at 3:47 pm

  8. JEFRI ANDIKA PAKPAHAN

    Kak,saya Jefri andika dari sman 8 pekanbaru.saya ingin bertanya,saya saat ini di kelas X ips.apakah saya bisa mengambil jurusan arsitektur saat kulisah nanti?

    November 3, 2013 at 11:21 am

    • Mas Agil

      Hai Jefri Andika. Jawabannya bisa!. TAPI, CMIIW arsitektur itu masuk ke bagian IPA, jadi kalau kamu daftar arsitektur lewat jalur SPMB/SNMPTN/whatever, kamu harus bisa mengerjakan soal2 IPA tersebut. Klo kamu bisa mengerjakannya tentu aj kamu bisa masuk!!! tapi itu berarti kamu harus mengejar materi IPA yang kamu lewatkan selama 2 tahun di SMA, tapi kemungkinan masih ada! oke coy? semangat!

      November 8, 2013 at 4:02 pm

  9. Mas, saya mau nanya nih, sebenernya Teknik Industri itu pendalaman pelajarannya seperti apa ya ? Nah terus nanti kalau Teknik Industri bidang pekerjaan apa saja yg bisa dimasuki dan di ditempatkan di posisi apa ?
    Soalnya saya bingung antara mau ambil jurusan Teknik Industri atau Teknik Kimia.
    Benar-benar bingung mas, kalau teknik kimia saya menurut teman saya yg sudah kuliah di jurusan TK masih berhubungan dengan jurusan di SMK saya, Kimia Industri. Mohon infonya mas,
    Terimakasih

    January 5, 2014 at 2:40 pm

    • Mas Agil

      Teknik Industri itu lebih belajar ke manajemen industri mas Husen. Jadi gimana caranya membuat sistem industri yang efisien, meningkatkan produksi, bikin SOP yang stabil, pokonya semacam itu mas. Intinya bikin sistem yang produktif dan efisien.

      Kalo masuk ke industri bisa ngerancang desain proses industri, procurement, desain pabrik, pokonya berkaitan dengan industri banget entah itu industri otomotif, makanan (kaya popmie, cookies), furniture, dll.

      Klo mau cari tahu info2 tentang semua jurusan coba buka jangansalahjurusan.wordpress.com hehe

      January 19, 2014 at 2:15 pm

  10. deki

    mas, aku gk begitu pinter eksakta. kira2 aku bsa gak ngimbangi masuk teknik?
    memang apa setiap hari makanan di teknik itu plajaran eksakta kayak fisika, kimia, mtk dll ?

    February 17, 2014 at 8:49 pm

    • Mas Agil

      Iya mas deki, kalau misalkan ga terlalu bisa, ga usah dipaksakan. Masih banyak jalan kok untuk jadi orang sukses🙂

      March 2, 2014 at 2:49 pm

  11. Zombie Zone

    asslamualaikum ka.. Ga sengaja buka blog ini dan dengan semangat aku mau konsul, curhat dan nanya nanya nih ka. nama ku syifa udah masuk sma tapi belum penjurusan sekolah aku agak sedikit berbeda hehe..

    aku pengeeeeennn banget masuk univ ITB jurusan seni rupa. aku cari2 info ternyata bisa ipa bisa ips. yang penting ada skill.. alhamdulillah aku punya dasar skill gambar sama berkreasi. tapi aku bingung sekarang harua ngambil ipa atau ips.

    kebetulan dua duanya aku bisa dan nilai cukup bagus. banyak yg bilang kalo aku ga ngambil ipa tuh sayang. nah sekarang patokan aku tuh sesuain sama yang lebih nyangkut ke jurusan seninya..

    aku baca banyak blog tapi beda2 pendapat semua. ada yg bilang seni rupa itu lebih keteknik jadi harus ipa. ada yg bilang ketika di test soal yang keluar soal2 mapel ips. jadi aku pusing banget. padahal aku suka fisika suka sosiologi. cuma aku agak sedikit lemah di biologi sama ekonomi. jadinya seimbang. aku belum siap milih jurusan. tapi oemilihan diadakan sebentar lagi.. oiya rata2 nilai aku lebih tinggi di ipa tapi hasil test psikolog di ips ..

    maaf kepanjangan.. tolong dibantu. terimakasih ^_^
    hehehe

    April 27, 2014 at 11:14 am

    • Mas Agil

      Klo masuk seni rupa yang dibutuhkan adalah kreativitas🙂. Klo kamu memang ingin memperdalaman kemampuan seni kamu, masuk jurusan seni udh paling pas🙂

      klo saranku sih km masuk IPA aja, karena klo masuk IPA, km nanti bs masuk ke jurusan IPS. Klo kamu masuk IPS, km gabisa masuk jurusan IPA (Intinya jurusan IPA lebih safe)🙂

      June 26, 2014 at 9:42 pm

  12. ikeh

    Saya naik kelas 12 sekaran jurusan ipa, saya bingung mau masuk jurusan sama ptn apa. Inginya. Merantau kaya ke ugm atau ui tapi bingung sawa jurusan saya rada minta sama jurusawm akutansi,perminyakan,teknik elektro,huku, sama dirgantara . Ada saran?

    June 17, 2014 at 11:48 am

    • Mas Agil

      Minat kamu kemana? Teknik atau ilmu sosial?

      June 26, 2014 at 10:02 pm

  13. ikeh

    Saya naik kelas 12 sekaran jurusan ipa, saya bingung mau masuk jurusan sama ptn apa. Inginya. Merantau kaya ke ugm atau ui tapi bingung sawa jurusan saya rada minta sama jurusawm akutansi,perminyakan,teknik elektro,hukum, sama dirgantara . Ada saran?(saya di bandung)

    June 17, 2014 at 11:49 am

  14. kaka

    Assalamualaikum

    .saya naik kelas 12 sekarang jurusan ipa tapi saya belum tau mau ke ptn mana atau ngambil jurusan apa

    Inginnya saya merantau ke ptn ugm atau ui(sya di bandung) kalau jurusan saya ada minta dikit ke akutansi,hukum,
    elektro, dirgantara,perminyakan
    sama pertambangan.

    Ada saran?

    June 17, 2014 at 11:59 am

    • Mas Agil

      Minat kamu apa? Coba cari2 info ttg jurusan biar kamu ada bayangan di blog ini jangansalahjurusan.wordpress.com

      June 26, 2014 at 10:02 pm

  15. halo kakak, namaku asto. aku baru aja masuk sma, kebetulan aja aku bisa ngedesain sama ngeggambar bangunan gitu.. nah dari situ aku jadi tertarik sama dunia arsitektur..

    nah.., di sma ini aku ngambil jurusan MIA, tapi nilai rapor ya.. gak begitu meyakinkan kayanya.., padahal MIA (Matematika Ilmu Alam) kan ada hubunganya sama arsitek…

    aku takut kalau, aku gak mampu atau nilainya kecil di IPA..
    terus… aku harus fokus sama pelajaran apa aja kak di IPA..

    July 16, 2014 at 10:35 pm

    • Mas Agil

      Sebenernya nanti kalau kamu udah masuk ke dunia arsitektur, yang berhubungan dengan fisika, matematika sedikit sekali. Tapi memang gambar teknik, kreativitas, visualisasi teknik kamu yang perlu diasah. Itung2an paling sedikit untuk menghitung struktur bangunan dengan tingkat dua lantai.

      Pokonya kamu harus perjuangkan bakat kamu, kamu harus masuk Arsitektur, good luck!

      August 24, 2014 at 3:02 pm

  16. assalamu alaekum

    ka… saya sekarang sudah kelas 12 sma jurusan ipa, nanti kalo udah tamat pusing ambil jurusan apa di universitas
    mohon solusinnya ka

    July 22, 2014 at 4:23 pm

    • Mas Agil

      Minat kamu apa? bakat kamu apa? coba dipetakan dulu kemampuan dan kemauan kamu🙂

      August 24, 2014 at 3:08 pm

  17. Nurhalysamunawarah

    ass kak
    saya mau konsul nih. saya sekarang kelas X baru masuk SMA tahun ini. saya bimbang,mau pilih IPA atau IPS,
    sebenarnya pengen masuk IPA kan katanya ipa bisa ke ips ,tapi tahun ini angkatan saya u/ seluruh indonesia
    berlaku kurikulum 2013 dimana milih jurusan itu di kelas X dan jurusan ipa sulit menjurus ke ips nnti di Ptn.
    saat dengar kabar itu,sya berubah pikiran.bagaimana bisa saya masuk ipa sedangkan cita cita saya menjurus
    ke ips.saat tes wawancara kemarin sya akhirnya dengan terpaksa milih ips. entah kenapa saya takut. saya takut
    nanti di ips saya ngga nyaman,takut di sampingkan karna menurut yg sya dengar anak ips itu sering dibully,
    dibilan bodoh lah,pembuangan lah,males lah. masa temen saya yg agak “rada rada pilih IPA_-masa saya kalah”
    nah,kata itu terus yg buat saya takut terus.mau diapa lagi,demi masa depan saya ngelakuin ini. Kak saran dong,
    biar saya Pede gitu jadi anak IPS. makasih sebelumnya:)assalamualaikum.bales ya kak.

    July 24, 2014 at 2:29 pm

    • Mas Agil

      Ga usah dengerin temen kamu. Justru kamu harus nunjukkin, kalau IPA IPS itu harus dipilih berdasarkan minat, bukan karena gengsi. Ukir prestasi dan jadi profesional di bidang kamu. Entah apapun yang akan kamu ambil nanti, Sosial kek, politik kek, ekonomi kek, hukum kek. TUnjukkin kalau kamu bisa!

      August 24, 2014 at 3:12 pm

  18. Nurhalysamunawarah

    *maksudnya milih jurusannya pas baru masuk kelas X

    July 24, 2014 at 2:58 pm

  19. rafi

    assalamualaikum wr. wb.

    mumpung baru naik kelas 12
    saya mau tanya nih, apa sih perbedaan teknik sipil dan arsitektur? dan knp teknik arsitektur harus dari lulusan sma ipa juga?

    August 11, 2014 at 9:13 pm

    • Mas Agil

      Soale teknik arsitektur berhubungan dengan gambar teknik bro, ada hubungannya sama ilmu2 ilmiah.

      Sipil lebih ngurus ke kekuatan struktur bangunan. Arsitektur lebih ke estetika

      August 24, 2014 at 3:18 pm

  20. Sultan Alam A

    Mas, saya kan disuruh masuk ipa.. Nah pada mos pertama dan kedua itu ada tes untuk bisa masuk ipa dan saya tidak masuk pada hari itu. Sekarang saya sudah di kelas 10 jurusan ips, apakah bisa pindah ke jurusan ipa?

    August 13, 2014 at 9:58 pm

    • Mas Agil

      Tanya sama guru kamu mas sultan. siapa tau ada jalan keluar

      August 24, 2014 at 3:19 pm

  21. rafi

    padahal tek. arsitektur yg diandal kan keahlian menggambar dan ilmu matematika. saya pernah baca artikel yg berisi “tek. arsitektur saling bekerjasama dgn tek. sipil, begitu juga sebaliknya dlm urusan misalnya membuat suatu gedung”. mohon di balas🙂

    August 16, 2014 at 1:28 pm

    • Mas Agil

      Roger betul sekali. Teknik Arsitektur lebih ke desain bangunan biar ruangan bisa dipakai maksimum, estetika, ventilasi, dan lain2. Kalau sipil lebih ke bagaimana suatu bangunan tersebut fondasinya kuat dan kokoh, jadi bisa nahan beban bangunan itu sendiri.

      August 24, 2014 at 3:22 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s