Untuk Sementara, Saya Tidak Memiliki Massa, Jabatan, Uang, Kekuatan Untuk Melakukan Perubahan. Yang Saya Bisa Lakukan Sekarang Hanyalah Menyebarkan Ide dan Pemikiran

Seerah Pt.3 – Kenapa harus belajar Seerah dan Jaman Pra-Islam Arabia

Assalamualaikum

Bismillahirrahmanirrahim

Langsung aja to the point, jadi di dalam video ini dijelaskan 2 pokok bahasan yaitu alasan kenapa kita harus belajar Seerah, dan kondisi pada Jaman Pra-Islam di Jazirah Arab.

Pengertian seerah : melakukan perjalanan/pengalaman.

Intinya sih, kita belajar seolah-olah kita yang mengalami perjalanan atau pengalaman orang tersebut

Kenapa sih kita harus belajar Seerah Rasulullah SAW? Ada banyak alasannya masbro dan mbaksis:

  1. Karena di Al-Qur’an ditulis kalau kita diperintahkan untuk menjadikan Rasulullah sebagai role model kita: Contoh untuk ditiru dari semua sifat-sifat beliau. Jadi ya logis banget kalau kita harus tau sejarah tentang Rasulullah buat tau semua sifat-sifatnya J
  2. Untuk meningkatkan rasa cinta kita kepada Rasulullah : Teorinya kalau kita cinta sama seseorang, kita pasti akan mencari tahu semua hal tentang orang tersebut. Contohnya, Bapak yang selalu pengen tau anaknya lagi ngapain, sibuk apa aja di sekolahnya, dll. Hal itu karena si Bapak cinta sama si anaknya, makanya dia mencari informasi tentang anaknya meskipun sebenarnya informasi itu ga terlalu useful buat si Bapak. Same idea here, kalau kita mengaku cinta sama Rasulullah, tapi kita ga mencari tahu informasi tentang beliau maka cinta kita harus dipertanyakan. Jadi kalau kita cinta -> mencari tahu -> semakin tahu -> semakin cinta -> semakin mencari tahu -> makin tahu lebih -> makin makin cinta -> dst ngeloop rekursif tanpa batas hehe
  3. Membantu untuk memahami surat-surat Al-Qur’an : Jadi kita bisa tahu ayat tertentu turun pada saat kejadian apa, jadi kita bisa paham makna sebenarnya dari ayat itu. Sebagai contoh Ayat 3 surat Ad-Dhuha  – “Tuhanmu tiada meninggalkan kamu dan tiada (pula)  benci kepadamu” – yang turun ketika Rasulullah sedang digoda keimannya oleh Syaitan. Jadi waktu itu wahyu udah lama ga turun, dan Rasulullah takut dan berpikir kalau Allah udah meninggalkan dia. Padahal ga sama sekali, itu Cuma syaitan aja yang lagi menggoda keimanan beliau. Dan ini juga berlaku pada kita, disaat kita merasa down dan merasa Allah meninggalkan kita, sebenarnya itu Cuma syaitan aja yang menggoda keimanan kita. Allah selalu ada buat kita hehe J. Back to topic
  4. Buat meningkatkan optimism, harapan, dan semangat : Jadi dengan mengetahui perjalanan Rasulullah yang dulu sulit, namun akhirnya beliau bisa menegakkan Islam karena Allah. Maka kalau dibandingin jaman sekarang, kita juga harus menambah kepercayaan diri dan semangat kita. Rasulullah aja dulu bisa, kenapa kita engga? Selain itu Rasulullah juga dulu diceritakan kisah-kisah Nabi sebelumnya untuk meningkatkan harapan, semangat, dan optimism Rasulullah.
  5. Buat tau metodologi Rasululah yang dipakai untuk menegakkan Islam: Sampai jaman ini , Islam udah terpecah jadi banyak aliran. Semua punya cara masing-masing untuk menegakkan Islam. Nah, kenapa kita ga pakai Metodologi yang dipakai Rasulullah aja?
  6. Buat belajar tentang para sahabat juga
  7. Melindungi kehormatan Rasulullah : Dengan mengetahui banyak hal tentang Rasulullah, kalau ada yang menjelek2an beliau, kita bisa menjelaskan yang sebenarnya. Bayangin kalau kita gatau sama sekali tentang Rasulullah, ketika beliau dijelek2an, kita ga bisa ngejelasin apa-apa untuk menjaga kehormatan beliau.
  8. Masih banyak lagi..

Lalu masuk ke sumber dari penulisan seerah, secara umum ada 3 sumber:

  1. Yang paling utama jelas adalah Al-Qur’an (yang paling kuat, pasti benar, absolut) : Spesialnya Al-Qur’an adalah menjelaskan fenomena-fenomena yang ga bisa kita pahami. Lalu mendeskripsikan hal bukan dari luar tapi juga dari dalam. Maksudnya?  Ada ayat yang menjelaskan perasaan yang ada di hati-hati orang kafir dan muslimin yang sebenarnya isi hati orang itu ada di dalam dan ga keliatan dari luar, kira2 begitulah. Cuma sayangnya Al-Qur’an disusun berdasarkan urutan waktu turunnya.
  2. Hadis : Apa yang Rasulullah ucapkan. Membantu kita untuk memahami perjalanan Rasulullah
  3. Buku yang ditulis spesifik mengenai Seerah Rasulullah. Ini panjang penjelasannya, Cuma intinya ada buku referensi yang bisa kita gunakan dan bisa dipercaya yaitu Seerah yang dibuat oleh Ibn Isham. Kebetulan saya udah nyari linknya dan bisa didownload disini
  4. Samail (ini gatau penulisannya gimana soalnya Cuma denger) : Isinya mengenai tampilan, karakteristik, rumah, dan hal-hal special tentang Rasulullah
  5. Dalail (ini gatau penulisannya gimana soalnya Cuma denger) : Isinya mukjizat-mukjizat Rasulullah

Nah itu tentang Seerah, berikutnya tentang sejarah jazirah Arab:

Orang Arab dibagi 2:

  1. Extinct Arab : Udah ga ada lagi. Bener-bener peradaban pertama di arab. Orang yang pertama kali tinggal di Arab, Cuma karena bencana, banjir, perang, akhirnya menghilang
  2. Remaining Arab : Orang arab yang ada sampai sekarang

Dibagi jadi dua lagi :

2.a Qohtoni

Cikal bakal bapaknya Negara arab. Mayoritas pendapat kalau Qohton ini keturunan dari Samud anaknya Nabi Nuh. Keturunan Qohton ini ada yang namanya Ya’rab, dan nama Arab datangnya dari Ya’rab ini dan somehow yang menciptakan bahasa arab yang dipakai sampai sekarang juga beliau. Qohton tinggal di bagian Arab selatan

2.b Adnan

Keturunan dari Nabi Ismail. Rasulullah keturunan dari Adnan ini tapi bukan keturunan langsung tapi bergenerasi-bergenerasi berikutnya.  Ceritanya Nabi Ismail itu asalnya dari Pakistan, lalu pergi ke jazirah arab dan menikah sama keturunan Qohtoni. Dan keturunannya Nabi Ismail selama 5-10 generasi ini baru jadi Adnan. Sedangkan Rasulullah itu 20 generasi dari Adnan. Singkat cerita, Adnan ini yang menguasai Arab karena mereka tinggal di tengah-tengah Arab. Karena lokasinya ditengah-tengah dan strategis, Budaya Arab dari segala penjuru masuk ke wilayah ini, jadi Adnan yang sebenarnya bukan orang asli Arab justru jadi pusat peradaban dan kebudayaan arab berkembang pesat di daerahnya. Ini juga salah satu alasan kenapa Allah mengutus Rasulullah dari keturunan Adnan bukan Qohton karena perkembangan budaya Arabnya lebih pesat dibandingkan orang Arab aslinya.

Trus videonya selesai…..

Nah gimana menarik kan? Banyak banget informasi yang bisa didapat dari video ini, insyaAllah saya akan tulis lagi rangkuman video-video berikutnya, dan kalau mau nonton videonya langsung mangga disimak di link berikut J

Akhir kata mohon maaf kalau ada khilaf dan salah-salah informasi dan data. Dikoreksi aja biar bisa dibenerin.

Wassalamualaikum Wr.Wb.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s